TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Rekomendasi Donghua Misteri Terbaik, Penuh Teka-teki Menegangkan!

Ada bumbu thriller, psikologi, sampai horor

Aiyou's Secret Room (dok. Lingsanwu Animation/Aiyou's Secret Room) | Link Click (dok. LAN Studio/Link Click)

Donghua misteri menawarkan tontonan yang merangsang penonton untuk berpikir kritis dan analisis. Genre donghua satu ini sangat cocok bagi orang-orang yang suka memecahkan teka-teki. Tak hanya soal mencari kebenaran, kebanyakan donghua misteri juga dibumbui dengan situasi mengancam nyawa, bermain-main dengan psikologis, atau bahkan diselipi unsur supernatural.

Berikut ini tersaji 9 rekomendasi donghua misteri terbaik yang penuh teka-teki menegangkan. Silakan pilih cerita yang paling cocok dengan preferensimu. Selamat membangkitkan rasa ingin tahu dengan beragam twist sepanjang cerita!

1. Aiyou de Mishi (Aiyou's Secret Room atau X&Y), 2023

Aiyou's Secret Room (dok. Lingsanwu Animation/Aiyou's Secret Room)

Yan Yuechu ketagihan bermain ruang pelarian. Suatu hari ia mengajak rekan kerjanya pergi ke XY Escape Room, salah satu bisnis ruang pelarian yang terkenal akan rumor mistisnya. Seperti rumor yang beredar, Yan Yuechu segera mendapati kejadian-kejadian aneh mengusik hidupnya seakan permainan meloloskan diri tak pernah berakhir.

Benarkah kejadian aneh yang dihadapi Yan Yuechu disebabkan Ai You sang pemilik XY Escape Room? Atau ada dalang lain yang sengaja menjadikan Ai You kambing hitam? Yan Yuechu akan berusaha mencari kebenaran demi melepaskan diri dari teror yang menghantuinya itu. Selamat menikmati unsur psikologis yang siap mengecoh penonton lewat donghua satu ini!

2. Shiguang Dailiren (Link Click), 2021—2023

Link Click (dok. LAN Studio/Link Click)

Berbeda dengan studio foto pada umumnya, Time Photo Studio yang dijalankan duo sahabat Cheng Xiaoshi dan Lu Guang menawarkan sebuah keajaiban. Dengan kekuatan supernatural unik masing-masing, mereka bekerja sama memasuki foto yang dibawa klien untuk mengubah kejadian di masa lampau saat foto diambil. Namun keduanya harus hati-hati atau mungkin mereka akan mengubah sesuatu yang memperparah masa depan.

3. Tomb Raider’s Chronicles: Qinling Sacred Tree (The Buried Tree Devil), 2021

The Buried Tree Devil (dok. Qi Yuan Ying Hua Studio/The Buried Tree Devil)

Wu Xie merupakan seorang pecinta arkeologi yang sudah beberapa kali menjelajahi makam kuno. Saat kembali ke Hangzhou, temannya yang telah lama hilang, Lao Yang, menceritakan petualangannya di Pegunungan Qinling. Ia juga mengajak Wu Xie untuk ikut kembali ke sana. Berharap menemukan petunjuk terkait pamannya yang menghilang, Wu Xie pun setuju.

Mereka akan menghadapi berbagai jebakan makam kuno demi sampai di lokasi pohon suci. Zhang Qiling, sang teman misterius pun seperti biasa akan muncul tiba-tiba dan diam-diam membantu Wu Xie. Salah satu adaptasi dari cerita series novel Dao Mu Bi Ji karya Xu Lei (Nan Pai San Shu) yang tetap bisa dinikmati mandiri, tanpa mengikuti keseluruhan seriesnya.

4. Lie Huo Jiao Chou (Drowning Sorrows in Raging Fire), 2021

Drowning Sorrows in Raging Fire (dok. Shenying Animation/Drowning Sorrows in Raging Fire)

Donghua misteri satu ini punya bumbu aksi dan supernatural yang cukup kental. Dalam latar cerita, sebagian kecil orang memiliki kemampuan khusus yang bisa digunakan untuk kebaikan maupun kejahatan. Kontrol Deviant merupakan organisasi otonom yang menjaga para pemilik kemampuan khusus tersebut tetap dalam kendali.

Xuan Ji yang baru-baru ini menjabat sebagai ketua salah satu departemen organisasi tersebut langsung dihadapkan kasus berat. Salah satu lawannya adalah Sheng Lingyuan, seorang kaisar dengan kemampuan luar biasa yang dihidupkan kembali. Xuan Ji harus membuat Sheng Lingyuan menjadi sekutu untuk mencegah bencana dan menambah kekuatan organisasi. Namun apakah terlibat lebih jauh dengan Sheng Lingyuan, benar-benar bisa mendatangkan keuntungan atau justru sebaliknya?

Baca Juga: 9 Rekomendasi Donghua Transmigrasi ke Dunia Lain, Terbaru How Dare You

5. Bai Yao Pu (Fairies Album atau Manual of Hundred Demons), 2020—2024

Fairies Album (dok. Haoliners Animation League/Fairies Album)

Fairies Album mengikuti kisah seorang dokter terkenal di kalangan pasien non manusia, bernama Yao Tao. Tiap kali terlibat dengan pasien, biasanya ia juga sekaligus memecahkan misteri yang menyelimuti diri sang pasien maupun masalah yang dihadapi sang pasien. Ia akan meminta bayaran berupa kontrak untuk menjadikan pasiennya sebagai bahan obatnya di masa depan.

Donghua satu ini punya vibe yang mirip dengan anime Natsume Yuujinchou (Natsume's Book of Friends), 2008–2021. Tiap pasien non manusia yang ditemui Yao Tao akan memiliki fokus kisah tersendiri dan mampu memikat penonton. Penonton juga akan dimanja dengan interaksi cekcok menghibur antara Yao Tao dan sang biksu kecil yang jadi tanggungannya.

6. Tian Guan Ci Fu (Heaven Official's Blessing), 2020—2024

Heaven Official's Blessing (dok. Haoliners Animation League/Heaven Official's Blessing)

Delapan ratus tahun yang lalu, Xie Lian merupakan seorang putra mahkota di Kerajaan Xianle. Ia merupakan contoh pemuda teladan yang sangat dicintai oleh rakyatnya. Ia naik ke surga di usia muda, tetapi karena keadaan yang tidak menguntungkan, ia segera dibuang kembali ke alam fana. Bertahun-tahun kemudian, ia naik lagi hanya untuk dibuang kedua kalinya beberapa menit setelah kenaikannya.

Kini, delapan ratus tahun kemudian, Xie Lian naik ke surga untuk ketiga kalinya sebagai bahan tertawaan oleh ketiga alam. Dalam tugas perdananya pada kenaikan ketiga, ia bertemu dengan raja hantu misterius yang menguasai dunia hantu dan menakut-nakuti surga. Namun tanpa sepengetahuan Xie Lian, raja hantu ini sebenarnya telah memperhatikannya untuk waktu yang sangat lama.

Keduanya kemudian sering terlibat untuk memecahkan misteri dan mengatasi berbagai masalah. Seiring waktu, rahasia masa lalu yang disimpan keduanya pun mulai terkuak. Kebenaran mengenai insiden pada kenaikan pertama Xie Lian juga akan terungkap, dan pastinya bisa memuaskan penonton pecinta teka-teki. Silakan bersenang-senang dengan menebak siapa antagonis sesungguhnya di donghua ini!

7. Mo Dao Zu Shi (The Founder of Diabolism atau Grandmaster of Demonic Cultivation), 2018—2021

Mo Dao Zu Shi (dok. B.C May Pictures/Mo Dao Zu Shi)

Wei Ying awalnya merupakan seorang kultivator muda berbakat. Akibat serangkaian tragedi, ia terpaksa bereksperimen dengan kekuatan gelap. Kabarnya, ia kemudian dibunuh mantan sekutu terdekat setelah mengakibatkan kekacauan yang membuat orang-orang takut akan kekuatannya.

Tiga belas tahun kemudian, jiwanya dipanggil dalam suatu mantra pengorbanan dan kini ia menempati tubuh seorang pemuda gila. Tak hanya bernasib buruk dengan bertemu para kenalan lamanya, teror tangan aneh yang tengah menyerang ternyata terkait erat dengan beberapa misteri sebelum kematiannya. Wei Ying terpaksa bekerja sama dengan Lan Zhan, musuh sekaligus mantan teman sekelasnya.

Mo Dao Zu Shi merupakan salah satu donghua misteri terbaik dengan sentuhan unsur horor dan supernatural. Cerita ini diterima baik di pasar internasional dan mengangkat popularitas donghua. Salah satu tontonan wajib yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Verified Writer

Desita Writer

Mantan anak sastra yang masih mencintai kata-kata. IG: @ngerusuhkarya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya