TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Rekomendasi Anime Edukatif yang Bikin Cinta Saintek, Ilmunya Daging!

Cara seru belajar saintek lewat anime

Cells at Work! (dok. David Production/Cells at Work!) | Dr. Stone (dok. TMS Entertainment/Dr. Stone)

Anime lebih identik dengan suatu hiburan. Namun, sebenarnya ada juga anime-anime yang menawarkan konten edukatif berbagai bidang sebagai sajian utamanya. Anime edukatif semacam itu bisa menjadi sumber pembelajaran sekunder yang menyenangkan.

Artikel ini telah merangkum anime dengan konten saintek terbaik yang ilmunya super daging. Selain penyajiannya yang unik, penjelasannya pun lebih mudah dipahami. Silakan simak, uraian lengkap mengenai rekomendasi anime edukatif yang bikin cinta saintek ini, ya!

1. Detective Conan, 1996—sekarang

Detective Conan (dok. TMS Entertainment/Detective Conan)

Anime Detective Conan merupakan salah satu anime mingguan yang sudah berlangsung lebih dari 27 tahun. Bersamaan usianya yang terus bertambah dari waktu ke waktu, banyak perkembangan teknologi dunia nyata yang sesekali diperkenalkan sebagai bagian dari cerita. Namun tentu tidak semua, contohnya beberapa penemuan Profesor Agasa yang masih tergolong sains fiction layaknya konten anime Doraemon.

Meski begitu, sisi edukatif anime Detective Conan masih lebih dominan. Selain soal teknologi, banyak prinsip dan eksperimen sains sungguhan yang dipakai sebagai materi kontennya. Pemecahan kasus misteri berdasarkan penjelasan saintek inilah yang menjadikan anime Detective Conan mampu membangkitkan semangat penonton untuk belajar sains dan teknologi.

2. Moyashimon: Tales of Agriculture, 2007—2012

Moyashimon (dok. Shirogumi dan Telecom Animation Film/Moyashimon)

Anime Moyashimon menceritakan seorang mahasiswa pertanian bernama Tadayasu Souemon Sawaki yang mampu melihat mikroorganisme tanpa bantuan mikroskop. Sebuah kemampuan tak biasa bahkan terbilang mustahil terjadi di dunia nyata. Namun kemampuan unik sang protagonis inilah yang membuat ceritanya menarik.

Lewat anime ini, penonton akan belajar banyak mengenai peran berbagai mikroorganisme dalam kehidupan sehari-hari. Terutama terkait pembusukan dan fermentasi. Selamat bertemu para karakter mikroorganisme versi fiksi yang imut-imut!

3. Gin no Saji (Silver Spoon), 2013—2014

Silver Spoon (dok. A-1 Pictures/Silver Spoon)

Anime Gin no Saji mengikuti kisah Yuugo Hachiken dari SMP swasta terkemuka yang melanjutkan studi ke SMK pertanian dan peternakan hanya karena ingin tinggal di sekolah asrama. Hachiken pun mengalami banyak culture shock yang menguras mental dan tenaganya. Meski begitu, dengan bantuan teman-teman sekolahnya ia mulai bisa beradaptasi.

Selain pelajaran di kelas, praktik perawatan tanaman dan hewan ternak milik sekolah kini menjadi rutinitas hariannya. Bahkan saat liburan sekolah pun, Hachiken memilih kerja sambilan di peternakan sapi milik keluarga temannya. Lewat aktivitas Hachiken inilah, penonton akan belajar banyak mengenai biologi terutama yang berkaitan langsung dengan profesi petani dan peternak.

4. Hataraku Saibou (Cells at Work!), 2018—2021

Cells at Work! (dok. David Production/Cells at Work!)

Anime kali ini menceritakan versi fiksi dari sistem kerja sel dalam tubuh. Sel darah merah, sel darah putih, trombosit, dan lain sejenisnya divisualisasikan layaknya manusia yang tengah bekerja. Mempelajari sel darah bekerja dalam tugas harian maupun saat komponen asing seperti virus dan bakteri menyerang tubuh, menjadi super menyenangkan.

Anime Hataraku Saibou (Cells at Work!) sudah seperti persembahan khusus untuk membuat penontonnya belajar biologi tubuh secara sederhana. Meski penyajiannya ala cerita fiksi ketika para karakter utamanya menghadapi bencana alam atau monster, tetapi prinsip yang digunakan tetaplah mengacu sistem biologi dalam tubuh. Recommended!

Baca Juga: 12 Rekomendasi Anime Sepak Bola Selain Captain Tsubasa

5. Honzuki no Gekokujou (Ascendance of a Bookworm), 2019—2022

Ascendance of a Bookworm (dok. Ajia-do Animation Works/Ascendance of a Bookworm)

Honzuki no Gekokujou (Ascendance of a Bookworm) mengikuti kisah seorang pecinta buku yang bereinkarnasi sebagai gadis berpenyakitan di dunia isekai bernama Main. Demi bisa mewujudkan keinginannya membaca buku, Main harus banyak melakukan trial and error. Sebab akses membaca buku bukanlah sesuatu yang mudah didapatkan rakyat jelata pada latar cerita.

Lewat pengetahuan dunia modern yang dimiliki Main, penonton akan mendapatkan berbagai info perkembangan teknologi terkait percetakan buku. Tak hanya itu, banyak juga modernitas yang diperkenalkan Main seperti sampo, resep masakan, permainan kartu, dst. Tambahan unsur sihir yang dihadirkan pun cukup selaras tanpa merusak nilai edukasi dalam anime ini. Pecinta literasi wajib tonton anime satu ini!

6. Dr. Stone, 2019—2023

Dr. Stone (dok. TMS Entertainment/Dr. Stone)

Jika membahas anime dengan konten saintek, Dr. Stone pasti jadi anime pertama yang terlintas. Ceritanya mengenai peradaban manusia yang hancur karena munculnya fenomena pembatuan misterius. Ribuan tahun setelah tragedi tersebut, Senku sang anak SMA jenius penggila sains pun menjadi manusia pertama yang terbebas dari pembatuan.

Setelah ratusan uji coba, akhirnya Senku berhasil menemukan cairan pembangkit dan bermaksud mengumpulkan bala bantuan. Ia bertekad untuk segera mengembalikan peradaban modern dengan memanfaatkan segala sumber daya di zaman batu. Dalam proses itulah anime ini akan menyajikan banyak materi sains dan teknologi dengan pembahasan berdaging tetapi sangat mudah dicerna. Super duper recommended!

7. Isekai Yakkyoku (Parallel World Pharmacy), 2022

Parallel World Pharmacy (dok. Diomedea/Parallel World Pharmacy)

Mirip Ascendance of a Bookworm, anime ini juga menceritakan mengenai kehidupan kedua sang protagonis. Hal unik dari anime ini yaitu mengenai kehadiran elemen sihir yang memanfaatkan prinsip ikatan kimia. Contoh sederhananya, jika bisa membayangkan bentuk ikatan kimia H2O maka bisa menghadirkan air.

Selain membuat pelajaran ikatan kimia menjadi menarik, anime ini juga sedikit banyak memperkenalkan peralihan dari pengobatan tradisional ke pengobatan yang lebih modern. Adanya standar sterilisasi dan pengaturan dosis terperinci berdasarkan kondisi pasien adalah salah satunya. Cocok untuk kamu yang suka ilmu sains terutama terkait bidang pengobatan.

Verified Writer

Desita Writer

Mantan anak sastra yang masih mencintai kata-kata. IG: @ngerusuhkarya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya