TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

13 Drama Korea dari Kisah Nyata, Ada Kasus Perselingkuhan Asli!

Nyadar gak kalau deretan drakor ini dari kisah nyata?

Cuplikan drakor Narco-Saints (dok. Netflix/Narco-Saint)

Drama Korea semakin hari semakin mendunia. Kisah demi kisah unik yang disajikan bikin fans KDrama setia mengikutinya. Selain cerita-cerita fiksi, ada juga beberapa drama Korea yang diangkat atau terinspirasi kisah nyata, lho!

Gak kalah seru dan unik dari cerita fiksi, berikut ini deretan rekomendasi drama Korea dari kisah nyata. Mulai dari kasus kriminal, peristiwa sejarah, atau bahkan perselingkuhan!

 

1. Narco-Saints

Ha Jung Woo dalam serial Narco-Saints. (dok. Netflix/Narco-Saints)

Tak hanya di Amerika Latin, kehidupan para gembong narkoba asal Korea Selatan pun tak luput diadaptasi ke dalam serial. Narco-Saints menceritakan perjalanan seorang raja narkoba asal Korea dan seorang pebisnis yang membantu operasi rahasia Badan Intelejen Nasional Korea Selatan.

2. Taxi Driver

Cuplikan drama Taxi Driver (dok. Viu/Taxi Driver)

Drakor populer yang sudah punya dua season ini disebut terinspirasi dari sejumlah kasus di dunia nyata. Meskipun pada akhirnya menggunakan unsur fiksi, namun Taxi Driver bagaikan kritik dan representasi harapan masyarakat tentang penanganan terhadap beberapa kasus kriminal yang benar-benar pernah terjadi. 

3. Move to Heaven

Cuplikan drama Move to Heaven (dok. Netflix/Move to Heaven)

Meskipun para karakter utamanya fiksi, namun profesi sebagai pembersih barang-barang orang yang telah meninggal dunia ini benar adanya. Beberapa episode Move to Heaven juga terinspirasi dari kejadian nyata tentang kematian mengenaskan. 

4. Gap Dong

Poster drakor Gap Dong (dok. tvN/Gap Dong)

Drama Gap Dong  menceritakan kasus kriminal nyata yaitu pembunuhan berantai Hwaseong (1986-1991). Kasus yang melibatkan pembunuhan dan pemerkosaan 10 wanita ini diceritakan dengan menunjukkan bagaimana para detektif bekerja memecahkannya.

5. My Wife's is Having an Affair This Week

Poster drakor My Wife’s Having an Affair This Week (dok. JTBC/My Wife’s Having an Affair This Week)

Drama My Wife's is Having an Affair This Week diangkat dari drama Jepang yang berdasarkan cerita nyata seseorang yang bertanya di forum online dengan pertanyaan "Minggu ini istriku akan selingkuh, apa yang harus aku lakukan?"

6. Queen for Seven Days

Park Min Young di drama Queen for Seven Days (Dok. Netflix/Queen for Seven Days)

Drama Queen for Seven Days bercerita tentang kisah nyata Queen Dangyeong yang merupakan istri dan permaisuri dari raja Jungjoong Joseon. Dalam sejarah, ratu tersebut menikahi sang raja namun diturunkan dari posisinya dan dikeluarkan dari kerajaan setelah 7 hari.

7. Signal

poster drama Signal (dok.tvn/Signal)

Drama Signal juga berdasarkan dua kasus kriminal terkenal di Korea Selatan yaitu kasus penculikan Park Chorung Bitnari dan kasus pembunuhan berantai Hwaseong yang belum terpecahkan sampai sekarang.

8. The Hymnn of Death

Shin Hye Sun di The Hymn of Death (instagram.com/shinhs831)

Drama The Hymnn of Death diangkat dari cerita nyata penyanyi soprano pertama di Korea Selatan yaitu Yun Sim Deok dan Kim Woo Jin pada tahun 1920 silam. Lagu yang direkam oleh Sim Deok pada 1926 menjadi lagu pop pertama di Korea.

Baca Juga: Doyan Ngambek, 10 Karakter Cowok Drama Korea Mudah Cemburu

9. Awl

Cuplikan drakor Awl (dok. JTBC/Awl)

Drama Awl diangkat dari webtoon Songgot yang menceritakan insiden nyata pada 2007 oleh sebuah supermarket yang memecat banyak karyawan kontrak dan menggantinya dengan pekerja bayaran untuk menghindari hukum.

10. Miss Ripley

Poster drakor Miss Ripley (dok. JTBC/Awl)

Drama Miss Ripley menceritakan kisah nyata tentang profesor Universitas Dongguk dan kurator Museum Seni Sungkok bernama Shin Jeong Ah. Ia juga menjalin cerita cinta dengan pembantu presiden Korea Selatan pada waktu itu yang bernama Byeon Yang Kyoon.

11. Bachelor Vegetable Store

poster drama Bachelor's Vegetable Store (dok. A Channel/Bachelor's Vegetable Store)

Drama Bachelor Vegetable Store diangkat dari kisah nyata Lee Yong Suk yang memulai usahanya dari sebuah toko sayuran kecil berukuran 350 kaki pada tahun 1988 yang sekarang menjadi franchise terkenal dengan 33 cabang di seluruh Korea Selatan.

12. The Nokdu Flower

Park Ji Hwan di drama Nokdu Flower (dok. SBS/Nokdu Flower)

Drama The Nokdu Flower memiliki latar belakang kasus yang berdasarkan kisah nyata pada 1894 di zaman revolusi petani Donghak yang mana para petani memberontak kepada pemerintah Korea.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya