TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Film Animasi 2D Terbaik Satu Dekade Terakhir

Sudah nonton semuanya?

Suzume Iwato dan Tamaki Iwato (dok. CoMix Wave Films/Suzume)

Intinya Sih...

  • Film animasi 2D tetap bertahan meski mayoritas menggunakan teknik 3D dan CGI
  • Film-film animasi 2D menarik perhatian dengan cerita yang hangat, unik, dan menyentuh
  • Beberapa film animasi 2D seperti The Breadwinner dan Blue Giant berhasil memukau penonton dengan kualitasnya

Teknologi yang semakin berkembang membuat mayoritas film animasi kini dibuat dengan teknik 3D dan CGI. Teknik ini dinilai lebih efisien dari segi waktu dan tenaga dibanding dengan cara 2D yang lebih konvensional.

Meski begitu, tidak semua studio film tergiur untuk menggunakan teknologi 3D. Studio Ghibli, salah satunya, tetap bertahan menggunakan cara lama dalam membuat film-filmnya. Tak hanya Ghibli, di luar sana masih banyak film 2D walau jumlahnya jauh lebih sedikit daripada film 3D.

Selama satu dekade terakhir, film-film animasi 2D yang bermunculan punya daya tarik yang tak kalah hebat dibanding film lainnya. Film-film ini punya kesan yang lebih hangat dan unik, lho!

1. The Breadwinner (2017)

Film animasi tentang kehidupan di bawah Taliban (dok. StudioCanal/The Breadwinner)

Film animasi 2D juga bisa dijadikan wadah penyebaran informasi mengenai betapa mengerikannya perang. Film lama seperti Grave of the Fireflies (1988) dan Osama (2003) menunjukkan kisah yang akurat dalam bentuk yang berbeda.

Dalam sepuluh tahun terakhir, ada satu film animasi 2D yang tak kalah bagus dengan pendahulunya. The Breadwinner menceritakan kehidupan masyarakat khususnya anak-anak yang terjebak di dunia di bawah kendali Taliban. Walau tak begitu populer, film ini punya cerita yang ditulis dengan sangat baik dan relate dengan apa yang sebenarnya terjadi di Afghanistan.

2. The Death Of Superman (2018)

Film animasi Superman (dok. Warner Bros/The Death of Superman)

Acapkali dinilai gagal membuat animasi yang menarik, DCEU akhirnya berhasil membuat satu film animasi 2D yang dipuji. The Death of Superman menceritakan apa yang terjadi pada manusia-manusia di Bumi pasca kematian sang pahlawan super, Superman. 

Film ini meraih banyak pujian karena pertarungan aksi yang intense dan alur cerita yang kuat. Dijamin film animasi ini tidak kalah seru dengan film pahlawan super lainnya.

3. Phineas And Ferb The Movie: Candace Against The Universe (2020)

Film 2D Phineas and Ferb (dok. Disney+/Phineas and Ferb the Movie)

Tahun demi tahun, jumlah film animasi yang menggunakan teknik 2D semakin berkurang. Meski begitu, serial televisi Phineas and Ferb masih bertahan dengan metode ini sampai sekarang, termasuk film terbarunya Phineas and Ferb the Movie: Candace Against the Universe.

Film ini menyajikan humor jenaka dan cerita yang tidak biasa. Phineas and Ferb masih menjadi salah satu serial animasi favorit karena konsisten dengan keunikannya. Kalian masih ngikutin animasi satu ini?

Baca Juga: 5 Fakta The Iron Giant, Salah Satu Film Animasi Legendaris!

4. Wolfwalkers (2020)

Film animasi orisinal Apple Tv+ (dok. Apple Tv+/Wolfwalkers)

Wolfwalkers adalah film animasi dari studio Cartoon Saloon yang dibuat berdasarkan mitologi Irlandia. Film ini punya unsur fresh dibandingkan animasi lain karena visual 2D dengan latar bak lukisan cat air. 

Wolfwalkers mengisahkan petualangan seorang anak perempuan yang terjebak di hutan. Di sana, ia berjumpa dengan makhluk Wolfwalker, manusia setengah serigala yang alih-alih menyakitinya justru membantunya agar bisa keluar dari hutan.

5. Suzume (2022)

Film animasi 2D dari Makoto Shinkai (dok. Toho/Suzume)

Dari Makoto Shinkai yang terkenal akan anime populer seperti Your Name (2016) dan Weathering with You  (2019), Suzume punya 2D yang tak kalah memukau. Suzume menceritakan kisah seorang siswi SMA bernama Suzume yang tidak sengaja melepaskan roh jahat ke dunia.

Apabila dibiarkan, dunia akan terus-menerus diserang makhluk-makhluk jahat yang berwujud bencana alam. Oleh karena itu, Suzume harus mencari cara untuk segera menyegel roh tersebut.

6. The Boy And The Heron (2023)

Film terbaru studio ghibli (dok. Studio Ghibli/The Boy and the Heron)

Film animasi 2D yang sangat menyedot perhatian di tahun 2023, The Boy and the Heron adalah film besutan Hayao Miyazaki dari Studio Ghibli. Film ini merupakan pemenang Best Animation Oscar 2024 dan ajang film internasional lainnya.

The Boy and the Heron mengisahkan Makoto yang kehilangan ibunya selama Perang Dunia II. Makoto lalu pindah ke area pedesaan untuk memulai hidup baru namun malah bertemu makhluk-makhluk aneh yang mengatakan jika ibunya sebenarnya masih hidup dan sedang terjebak di dunia roh.

Makoto melakukan perjalanan untuk membuktikkan hal tersebut. Apakah Makoto akan kembali bertemu ibunya?

Verified Writer

Ciams

Mahasiswa dan suka menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya