TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Siapa Doctor Doom, Karakter yang Diperanin Robert Downey Jr?

Doctor Doom adalah villain paling ikonik di Marvel Comics

siapa Doctor Doom (dok. Marvel Comics)

Pengumuman mengejutkan datang dari Marvel Studios. Pada panel di acara San Diego Comic Con 2024, mereka mengumumkan Robert Downey Jr kembali ke Marvel Cinematic Universe (MCU).

Kali ini, ia tidak memerankan karakter Iron Man yang sudah melekat dengan sosoknya. Melainkan, berperan sebagai salah satu villain paling ikonik di Marvel Comics bernama Doctor Doom. Siapa sebenarnya sosok villain yang diperankan Robert Downey Jr?

1. Asal usul Doctor Doom

siapa Doctor Doom (dok. Marvel Comics)

Doctor Doom memiliki nama asli Victor von Doom. Ia lahir di negara fiktif bernama Latveria yang terletak di Eropa Timur. Kehidupan awalnya bisa dibilang penuh dengan tragedi.

Ayah Doctor Doom merupakan seorang dokter yang dihormati. Sementara sang ibu adalah penyihir yang memiliki kekuatan sihir yang kuat. Setelah kematian kedua orangtuanya karena kecelakaan tragis, Victor von Doom bersumpah akan mendapatkan kekuatan demi membalaskan dendam orangtuanya dan juga ingin menguasai dunia.

Dalam Marvel Comics, karakter Doctor Doom debut di Fantastic Four #5 (1961). Dalam komik tersebut, Doom muncul di cover sedang menghadapi para member tim Fantastic Four.

Baca Juga: Robert Downey Jr. Kembali ke MCU sebagai Dr. Doom!

2. Perjalanan menjadi villain

siapa Doctor Doom (dok. Marvel Comics)

Perjalanan mengejar ambisi balas dendam dimulai, ketika Victor mendapatkan beasiswa untuk belajar di Amerika Serikat. Di sana, ia menunjukkan kecerdasan yang memukau khususnya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Setelah kembali ke Latveria, Victor yang dibantu oleh biksu di Tibet menciptakan sebuah armor demi menutupi sebagian tubuhnya yang cacat. Doom mendapat kekuatan sihir yang diturunkan oleh sang ibu. Ia kemudian mengembangkan ilmu tersebut, dengan berkeliling dunia bertemu dengan penyihir-penyihir kuat termasuk Dr. Strange.

Doom merupakan musuh ikonik bagi tim Fantastic Four di Marvel Comics. Perseteruannya dengan mereka dimulai dari pertemuan Victor dan Richard Reed di Amerika Serikat. Reed yang di Fantastic Four nantinya berubah menjadi Mr. Fantastic, tidak menyukai Victor karena kesombongan teman sekelasnya tersebut.

Victor kemudian menyalahkan Reed pada eksperimennya yang gagal. Reed sebelumnya telah memperingatkan atas bahaya dari eksperimen tersebut. Hal itu membuat mesin yang dibuat Victor meledak, lalu melukai wajah dan sebagian tubuhnya secara permanen.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya