TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Film yang Menceritakan Perjalanan Hidup Pelukis Terkenal

Film terbaik yang mengangkat biografi pelukis terkenal

film tentang pelukis terkenal (dok. The Weinstein Company)

Film yang mengangkat kisah hidup seseorang selalu menarik untuk diikuti. Apalagi jika hidup dari sosok seniman yang populer dan fenomenal pada masanya.

Banyak pelukis yang mencatatkan namanya dalam sejarah seni melalui karya terbaiknya. Film tentang pelukis terkenal ini akan menguak sisi kehidupan mereka yang jarang diketahui banyak orang.

1. Loving Vincent

film tentang pelukis terkenal (dok. BreakThru Films)

Armand Roulin ditugaskan untuk menyelidiki kematian pelukis terkenal, Vincent van Gogh. Perjalanan tersebut digambarkan melalui visual animasi, seperti gaya lukisan van Gogh yang tersohor.

2. Paula

film tentang pelukis terkenal (dok. Pandora Filmproduktion)

Film ini mengisahkan kehidupan pelukis asal Jerman yang terkenal, Paula Modersohn-Becker. Paula mengejar hasratnya dalam dunia seni pada abad ke-20. Ia juga harus menghadapi diskriminasi perempuan di dalam dunia seni.

3. Big Eyes

film tentang pelukis terkenal (dok. The Weinstein Company)

Big Eyes menceritakan kehidupan Margaret Keane yang terkenal berkat lukisan mata besar. Namun, masalah muncul ketika sang suami, Walter Keane, mengklaim lukisan-lukisan tersebut adalah karya pribadinya.

4. My Kid Could Paint That

film tentang pelukis terkenal (dok. Sony Pictures)

Film dokumenter ini mengisahkan tentang kontroversi Marla Olmstead. Ia bisa menghasilkan lukisan-lukisan luar biasa indah padahal baru berusia 4 tahun.

Sebagian orang memujinya, namun gak sedikit yang mempertanyakan lukisan-lukisan tersebut apa benar hasil karyanya.

Baca Juga: 10 Film Tentang Desain Grafis, Desainer Wajib Nonton

5. Hokusai

film tentang pelukis terkenal (dok. Stardust Pictures)

Film dokumenter ini mengisahkan tentang kehidupan dan warisan Hokusai, seorang seniman ukiyo-e terkenal di Jepang. Melalui karyanya yang ikonik, ia menjadi pionir seni rupa di Jepang yang turut memengaruhi seni di seluruh dunia.

6. At Eternity's Gate

film tentang pelukis terkenal (dok. Netflix)

Di At Eternity's Gate, Willem Dafoe bertindak sebagai Vincent van Gogh. Kehidupan seniman ini ternyata penuh ketidakstabilan mental, meski dengan bakatnya yang luar biasa.

7. Maudie

film tentang pelukis terkenal (dok. Sony Pictures)

Maud Lewis, seniman asal Kanada mengejar hasrat seninya dengan membuat lukisan khas pemandangan desa dan bunga-bunga. Di sisi lain, ia juga berjuang melawan penyakit arthritis yang ia idap.

8. Mr. Turner

film tentang pelukis terkenal (dok. Entertainment One)

Film ini mengikuti kehidupan seorang pelukis pemandangan terkenal, J.M.W. Turner. Selain soal kariernya sebagai pelukis, film ini juga mengeksplorasi hubungannya dengan keluarga dan evolusi karya lukisnya.

9. Renoir

film tentang pelukis terkenal (dok. Mars Distribution)

Mengisahkan kisah cinta antara pelukis Pierre-Auguste Renoir dengan modelnya, Andree Heuschling. Mereka juga turut jadi inspirasi bagi putranya, pelukis Jean Renoir yang juga merupakan pelukis terkenal.

Film ini mengeksplorasi keindahan seni dan cinta di dalam kehidupan Renoir.

Baca Juga: 10 Film dan Serial yang Mirip dengan Squid Game, Tantangan Menegangkan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya