TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Artis Indonesia-Hollywod Kecam Israel lewat Aksi All Eyes on Rafah

Artis-artis Indonesia-Hollywood yang serukan #AllEyesonRafah

ALL EYES ON RAFAH (Instagram.com/auroraamanda95 | Instagram.com/zaskiadyamecca | Instagram.com/zaskiasungkar15)

Tagar #AllEyesonRafah menjadi trending topic di Twitter sejak beberapa hari yang lalu. Masyarakat dunia ramai mengecam aksi genosida yang dilakukan Israel di Rafah, Palestina, pada Minggu (26/5/2024).

Deretan artis Indonesia dan internasional ikut menyuarakan kecaman tersebut. Siapa saja yang mengutuk aksi Israel tersebut?

1. Artis Indonesia yang mengecam genosida di Rafah

ALL EYES ON RAFAH (Instagram.com/auroraamanda95 | Instagram.com/zaskiadyamecca | Instagram.com/zaskiasungkar15)

Foto AI bertuliskan "All Eyes on Rafah" sudah dipakai di Instagram hingga 30 juta kali oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia, sejak serangan Israel akhir pekan kemarin. Sejumlah artis Indonesia tak ketinggalan menyuarakan kecaman. Mulai dari Acha Septriasa, Rizky Nazar, Novia Bachmid, Arbani Yasiz, hingga Abidzar Al-Ghifari.

Hingga artikel ini dibuat pada Rabu (29/5/2024), masih banyak artis yang mengunggah gambar serupa di Instastory-nya. Di antaranya adalah Aurora Amanda, Renald Ramadhan, Kevin Kambey, Putri Tanjung, Dewi Yull, Lucky Hakim, Abimana Aryasatya, Fadhlan Muhammad, juga Endy Arfian.

Sementara itu, Kevin Ardilova dan Cemal Faruk membagikan unggahan yang berisi kecaman pada Benjamin Netanyahu, Perdana Menteri Israel. Zaskia Adya Mecca dan Zaskia Sungkar juga membagikan beberapa unggahan di Instagram masing-masing.

"Apakah kamu akan tetap diam? Atau bergabung dengan perlawanan bersama-sama?" tulis Zaskia Adya Mecca.

"#alleyesonrafah kalau postingan kita ada yang di take down, إِنْ شَاءَ ٱللَّٰهُ doa kita gak akan ada yang bisa hapus," seru Zaskia Sungkar.

Baca Juga: Sedang Ramai di Media Sosial, Apa Arti All Eyes on Rafah?

2. Artis Hollywood yang mengecam genosida di Rafah

ALL EYES ON RAFAH (Instagram.com/gigihadid | Instagram.com/dualipa | Instagram.com/simoneashley)

Deretan nama beken Hollywood juga tidak ketinggalan menyuarakan keprihatinan mereka. Dilansir Ynet News, Gigi Hadid, Bella Hadid, Mark Rufallo, Jenna Ortega, Melissa Barreta, Giacomo Gianniotti, Rosie O'Donnell, dan Kehlani membagikan foto serupa, "All Eyes on Rafah."

Nicola Coughlan, pemeran Penelope dalam serial Bridgerton, selalu memakai pin merah untuk mendukung Palestina selama mempromosikan karya terbarunya. Pun Simone Ashley, pemeran Kate di Bridgerton, juga membagikan ulang unggahan Nicola tentang penggalangan dana untuk anak-anak Palestina.

Sementara itu, Ariana Grande, Jesse Williams, Marcia Cross, Cynthia Erivo, dan Mindy Kaling menyampaikan keprihatianan mereka dengan tagar ALL EYES ON RAFAH. Dua Lipa bahkan menuliskan kecaman terhadap Israel, sekaligus ajakan solidaritas untuk Gaza.

"Membakar anak-anak dalam keadaan hidup-hidup tidak bisa dibenarkan. Semua bagian dunia harus mulai menghentikan genosida Israel. Tolong tunjukkan solidaritas kalian untuk Gaza," bunyi unggahan yang dibagikan Dua Lipa.

Baca Juga: Info Konser Dua Lipa di Jakarta, Tiket Mulai Dijual 10 Juni

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya