TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Siapa Shisui Uchiha dalam Anime Naruto?

Lebih kuat dari Itachi?

Shisui Uchiha (dok. Pierrot/Naruto: Shippuden)

Ketika bicara tentang klan Uchiha, ada satu nama yang jarang disebut, yaitu Shisui Uchiha. Bisa dibilang bahwa Shisui adalah salah satu Uchiha terkuat. Dirinya tidak begitu dikenal karena Shisui mati sebelum seri dimulai.

Untuk mengenal lebih dalam lagi tentangnya, berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang Shisui dalam anime Naruto. Simak ulasan berikut.

1. Keturunan Kagami Uchiha

Kagami Uchiha (dok. Pierrot/Naruto: Shippuden)

Tobirama Senju telah dikenal karena kebenciannya yang besar kepada klan Uchiha. Namun, satu fakta yang terlupakan adalah bahwa Tobirama memiliki seorang Uchiha dalam timnya dalam Perang Shinobi Pertama. Orang tersebut adalah Kagami Uchiha.

Kagami merupakan ninja yang berbakat dan dirinya berteman baik dengan Hiruzen serta Danzo. Sayangnya, Kagami meninggal pada usianya yang masih 25 tahun. Sebagai keturunannya, bisa dibilang bahwa Shisui mewarisi Kehendak Api Kagami.

Baca Juga: 10 Karakter Anime Populer yang Diperankan Takehito Koyasu

2. Membangkitkan Mangekyo Sharingan pada usia muda

Shisui Uchiha (dok. Pierrot/Naruto: Shippuden)

Bagi klan Uchiha, Mangekyo Sharingan adalah tingkat lanjut dari Sharingan biasa. Mata ini jarang dimiliki karena cara membangkitkannya yang mengerikan. Mangekyo Sharingan biasanya bangkit ketika seseorang menyaksikan kematian orang tercintanya di hadapan mata mereka.

Sementara kekuatan ini jarang dimiliki, Shisui sudah memilikinya sejak usia belasan tahun. Hanya 1 tahun setelah Perang Shinobi Ketiga berakhir, teman Shisui mati ketika mereka menjalani misi. Melihat hal tersebut, Shisui membangkitkan Mangekyo Sharingan karena merasa bertanggung jawab atas kematian temannya.

3. Hampir menghentikan kudeta klan Uchiha

Danzo mencuri salah satu mata Shisui. (dok. Crunchyroll/Naruto: Shippuden)

Seperti yang kita tahu, pembantaian klan Uchiha dimulai dari rencana kudeta Fugaku Uchiha. Semua itu sebenarnya bisa dicegah oleh Shisui. Shisui memiliki jurus Genjutsu yang sangat kuat, yaitu Kotoamatsukami.

Jurus ini memungkinkan Shisui untuk memberikan ingatan palsu kepada targetnya. Dengan begitu, Shisui bisa mengendalikan tindakan targetnya bahkan tanpa disadari oleh targetnya. Target Shisui akan bertindak sesuai kendali Shisui seolah itu adalah kehendaknya.

Sayangnya, Shisui dihalangi oleh Danzo Shimura. Shisui dianggap dapat mengacaukan rencana Danzo untuk melindungi Konoha, yang padahal hanya untuk kepentingan pribadinya. Jika Danzo tidak menghalangi Shisui, kudeta dan pembantaian klan Uchiha tidak akan pernah ada.

4. Pengaruh Shisui kepada Itachi

Shisui memberikan matanya kepada Itachi. (dok. Pierrot/Naruto: Shippuden)

Sebagai sahabat Itachi, Shisui bisa dibilang sebagai orang yang berpengaruh bagi Itachi. Semasa hidupnya, Shisui mengajarkan Itachi tentang pengorbanan untuk melindungi desa. Hal tersebut yang mungkin memotivasi Itachi untuk membunuh klannya sendiri.

Setelah kematian Shisui, Itachi menyadari bahwa tidak ada orang yang dapat mencegah perang saudara karena kudeta Uchiha. Oleh karena itu, dirinya memantapkan niatnya untuk membunuh klannya sendiri. Hal tersebut ia lakukan demi melindungi desa dan adiknya, Sasuke Uchiha.

Baca Juga: 5 Karakter Guru yang Berujung Tragis dalam Anime

Verified Writer

Arya Nenggala

karyakarsa.com/aryanenggala

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya