TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Penjelasan Tiga Kekuatan Besar dalam One Piece

Kekuatan yang menjaga perdamaian dunia!

Tiga Kekuatan Besar (dok. Toei Animation/One Piece)

Dalam semesta One Piece, ada istilah yang dikenal dengan Tiga Kekuatan Besar. Tiga Kekuatan Besar ini terdiri dari Angkatan Laut, Shichibukai, dan Yonko. Mereka dikatakan bertanggung jawab untuk menjaga perdamaian dunia.

Kali ini, penulis akan memberikan penjelasan tentang Tiga Kekuatan Besar dalam One Piece. Simak ulasan berikut.

Baca Juga: Siapa Shimotsuki Yasuie dalam One Piece?

1. Angkatan Laut

Laksamana (dok. Toei Animation/One Piece)

Angkatan Laut bisa dibilang sebagai penegak hukum yang resmi dalam semesta One Piece. Mereka bekerja di bawah Pemerintah Dunia. Ada tiga jabatan terbesar di Angkatan Laut, yakni Wakil Laksamana, Laksamana, dan Laksamana Armada.

Setiap jabatan memiliki wewenang dan tugas yang berbeda-beda. Wakil Laksamana tampaknya lebih bebas dari Laksamana ataupun Laksamana Armada. Pasalnya, mereka tidak terikat langsung atau menerima perintah dari Bangsawan Dunia. 

Sebelumnya, kursi Laksamana diduduki oleh Sakazuki, Kuzan, dan Kizaru. Namun, terjadi perubahan setelah Perang Marineford dan Laksamana Armada Sengoku mengundurkan diri. Sakazuki dipromosikan ke Laksamana Armada, sementara Kuzan mengundurkan diri dari Angkatan Laut. Posisi Sakazuki dan Kuzan kemudian digantikan oleh Fujitora dan Ryokugyu.

Angkatan Laut juga memiliki satuan khusus bernama SWORD. SWORD sendiri adalah Marinir yang telah menyerahkan surat pengunduran diri mereka. Sederhananya, mereka adalah Marinir yang tidak terikat dengan Angkatan Laut ataupun Pemerintah Dunia.

2. Shichibukai

Shichibukai (dok. Toei Animation/One Piece)

Sederhananya, Shichibukai adalah bajak laut yang diakui oleh Pemerintah Dunia. Mereka terdiri dari 7 bajak laut terkuat dan bekerja sama dengan Pemerintah Dunia. Karena mereka diakui oleh Pemerintah Dunia, Shichibukai dibebaskan untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan.

Mereka menjadi kebal terhadap hukum, bahkan bounty mereka juga dibekukan. Terjadi beberapa perubahan selama Shichibukai berdiri. Setelah Crocodile dikalahkan oleh Luffy, dirinya digantikan oleh Blackbeard. Ada juga beberapa anggota Shichibukai yang dikeluarkan, seperti Gecko Moria dan Donquixote Doflamingo.

Meskipun menjadi salah satu dari Tiga Kekuatan Besar, sistem Shichibukai telah dibubarkan. Ide ini pertama kali diusulkan oleh Fujitora pada Reverie kemarin. Fujitora mengusulkan pembubaran sistem Shichibukai karena banyak negara yang dirugikan oleh sistem tersebut, contohnya Alabasta dan Dressrosa.

Berikut ini adalah daftar mantan anggota Shichibukai:

  • Dracule Mihawk,
  • Bartholomew Kuma,
  • Boa Hancock,
  • Buggy,
  • Edward Weevil,
  • Crocodile,
  • Gecko Moria,
  • Trafalgar D Water Law,
  • Donquixote Doflamingo,
  • Jinbe, dan
  • Blackbeard.

Baca Juga: 5 Karakter yang Hampir Membunuh Zoro dalam One Piece

Verified Writer

Arya Nenggala

karyakarsa.com/aryanenggala

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya