TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenapa Luffy Adalah Kapten Bajak Laut Terbaik di One Piece?

Meski ceroboh, Luffy tahu cara menjadi kapten yang baik

Bajak Laut Topi Jerami (dok. Toei Animation/One Piece)

Intinya Sih...

  • Luffy menganggap krunya sebagai harta berharga dan siap melindungi mereka dari siapa pun, termasuk Pemerintah Dunia dan Yonko.
  • Luffy selalu percaya pada kemampuan teman-temannya dan membantu mereka berkembang.
  • Dengan keberanian besar, Luffy berhasil memenangkan pertarungan melawan musuh-musuh yang lebih kuat dan memiliki mimpi besar yang mungkin tidak terpikirkan oleh orang lain.

Monkey D Luffy, Kapten Bajak Laut Topi Jerami, mungkin dikenal sebagai sosok yang bodoh dan kekanak-kanakan. Luffy memiliki kesulitan dalam memahami hal yang rumit dan sering melakukan tindakan ceroboh. Bahkan, tak jarang keputusan Luffy membahayakan krunya sendiri.

Namun, di balik itu semua, Luffy sebenarnya adalah kapten yang baik. Terlepas dari kebodohannya, Luffy memiliki beberapa hal yang membuatnya berbeda dengan kapten lain. Nah, berikut ini adalah lima alasan kenapa Luffy adalah kapten bajak laut terbaik dalam One Piece. Simak ulasan berikut.

1. Luffy akan melakukan apa saja untuk melindungi temannya

Luffy berjanji pada Nami akan mengalahkan Arlong. (dok. Toei Animation/One Piece)

Bagi Luffy, krunya adalah segalanya. Luffy menganggap bahwa temannya adalah harta berharga yang tidak ternilai harganya. Karena itu, Luffy akan melakukan apa saja demi melindungi temannya.

Hampir semua kru Topi Jerami pernah diselamatkan oleh Luffy. Demi melindungi temannya, Luffy tidak peduli dengan siapa musuhnya. Entah itu Pemerintah Dunia ataupun seorang Yonko, Luffy akan melawan siapa saja demi menyelamatkan temannya.

2. Luffy percaya pada kemampuan teman-temannya

Usopp (dok. Toei Animation/One Piece)

Jika kamu ingat-ingat lagi, hampir setiap kru Topi Jerami adalah seorang pecundang yang tidak memiliki harapan. Usopp, contohnya, adalah seorang penakut yang selalu panik terhadap semua hal. Selain Usopp, Nami juga hanyalah seorang pencuri yang diperbudak oleh Arlong.

Meski begitu, Luffy selalu percaya pada kemampuan teman-temannya. Luffy dapat melihat potensi setiap krunya. Rasa percaya Luffy tersebutlah yang membantu teman-temannya untuk berkembang.

Sebagai bukti, Zoro mungkin tidak akan sekuat sekarang jika dirinya tidak bertemu dengan Luffy. Zoro menyadari bahwa Luffy percaya kepadanya dan Luffy membutuhkan kekuatannya. Karena itu, Zoro akan melakukan apa saja untuk menjadi lebih kuat, bahkan jika dirinya harus bersujud kepada orang yang sangat ingin ia kalahkan.

Baca Juga: 5 Karakter Hidup yang Tahu Rahasia Abad Kekosongan One Piece

3. Dihormati oleh banyak orang

Topi Jerami Grand Fleet (dok. Toei Animation/One Piece)

Apa yang dikatakan oleh Mihawk mungkin memang benar. Mihawk pernah berkata bahwa Luffy memiliki kekuatan untuk membuat orang lain mau membantunya. Di sisi lain, Luffy juga mau membantu siapa saja yang sedang kesulitan. Karena hal tersebut, Luffy dihormati oleh banyak orang.

Kita tahu bahwa Jinbe memiliki pengalaman yang lebih lama dari Luffy. Sebagai Shichibukai dan salah satu aliansi Whitebeard, reputasi Jinbe sudah tidak diragukan lagi. Meski begitu, dirinya sangat menghormati Luffy sebagai kaptennya. Jinbe bahkan lebih menghormati Luffy ketimbang Big Mom yang saat itu adalah seorang Yonko.

Di Dressrosa, Luffy juga mendapatkan kehormatan dari banyak bajak laut terkenal. Luffy sangat dihormati oleh orang-orang yang sebelumnya bekerja sama dengannya untuk mengalahkan Bajak Laut Donquixote. Mereka bahkan sampai mendedikasikan hidup mereka untuk mendukung Luffy hingga membentuk kru Topi Jerami Grand Fleet.

4. Luffy memiliki keberanian yang besar

Luffy mendeklarasikan perang terhadap Pemerintah Dunia. (dok. Toei Animation/One Piece)

Sebagai pemilik Hito Hito no Mi, Model: Nika yang menguasai ketiga jenis Haki, Luffy mungkin memang orang yang terpilih. Meski begitu, kekuatan saja tidak cukup jika tidak diikuti oleh keberanian yang besar. Luffy berhasil menjadi bajak laut yang besar karena dirinya tidak pernah takut terhadap siapa pun.

Di Enies Lobby, Luffy mendeklarasikan perang terhadap Pemerintah Dunia hanya untuk menyelamatkan Robin. Di Sabaody, Luffy memukul Bangsawan Dunia demi membela Hachi. Di Pulau Whole Cake dan Wano, Luffy menantang dua Yonko sekaligus demi melindungi teman-temannya. Yang terbaru, di Egghead, Luffy bahkan tidak gentar berhadapan dengan Gorosei demi melindungi Dr. Vegapunk.

Keberanian ini tentunya tidak dimiliki oleh semua orang. Ketika Luffy harus melindungi temannya, dirinya tidak pernah peduli dengan siapa musuhnya. Sepanjang perjalanannya, Luffy selalu bertarung melawan musuh yang lebih kuat darinya. Namun, berkat keberaniannya, Luffy selalu berhasil memenangkan pertarungan.

Verified Writer

Arya Nenggala

https://www.youtube.com/@animelore666

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya