TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenapa Bartholomew Kuma Bisa Menjadi Shichibukai?

Pasukan Revolusioner kok jadi Shichibukai?

Bartholomew Kuma (dok. Toei Animation/One Piece)

Ketika pertama kali diperkenalkan, Kuma sudah diperkenalkan sebagai salah satu Shichibukai. Hal ini sebenarnya cukup aneh mengingat identitas Kuma. Kuma memang dikenal sebagai bajak laut, tetapi dirinya juga merupakan seorang anggota Pasukan Revolusioner. Bagaimana bisa seseorang yang melawan Pemerintah Dunia justru menjadi aliansi Pemerintah Dunia?

Hingga chapter 1.100, seri akhirnya mengungkapkan alasan kenapa Bartholomew Kuma bisa menjadi Shichibukai. Mau tahu seperti apa penjelasannya? Simak ulasan berikut.

 

1. Pertama kali diperkenalkan pada Thriller Bark Arc

Bartholomew Kuma (dok. Toei Animation/One Piece)

Kuma pertama kali muncul pada Thriller Bark Arc. Saat itu, dirinya diperintahkan untuk menangkap Topi Jerami. Tentu saja Kuma diperkenalkan sebagai antagonis awalnya. Namun, sejak awal, Kuma memang tidak terlihat seperti kebanyakan antagonis lainnya.

Di Thriller Bark, dirinya sebenarnya bisa menangkap Topi Jerami dengan mudah. Pasalnya, Topi Jerami sudah sangat kelelahan karena bertarung dengan Gecko Moria. Namun, Kuma justru melepas Topi Jerami begitu saja setelah melihat pengorbanan Zoro yang luar biasa.

Kuma kembali mengambil peran pada Sabaody Archipelago Arc. Saat itu, dirinya terlihat mengalahkan Topi Jerami dengan memisahkan mereka ke jarak yang jauh. Momen tersebut menjadi salah satu momen paling tragis bagi Topi Jerami, karena kru tersebut dihancurkan begitu saja oleh seorang Shichibukai.

Namun, Kuma justru sebenarnya menyelamatkan Topi Jerami. Kuma membantu Topi Jerami melarikan diri dari Kizaru. Kuma mengirim kru Topi Jerami ke tempat mereka bisa berlatih agar lebih siap untuk menghadapi Dunia Baru. Ketika Topi Jerami berlatih selama 2 tahun, Kuma bahkan menjaga Thousand Sunny.

Baca Juga: 5 Ras Terkuat dalam Anime One Piece, Mink hingga Lunarian!

2. Kenapa Kuma bekerja sama dengan Pemerintah Dunia

Kuma setuju dijadikan Pacifista. (dok. Shueisha/One Piece)

Kuma dilahirkan sebagai seorang Buccaneer dan sudah menjadi budak sejak dirinya berusia 4 tahun. Hingga pada Insiden God Valley 38 tahun yang lalu, Kuma, Ginny, dan Ivankov berhasil melarikan diri. Sementara Ivankov berlayar dan membangun Pasukan Revolusioner bersama Dragon, Kuma dan Ginny tinggal bersama di Kerajaan Sorbet.

Namun, setelah mereka dewasa, Ginny diculik oleh Bangsawan Dunia dan dipaksa untuk menjadi istri Bangsawan Dunia. Ginny kemudian memiliki anak yang bernama Jewelry Bonney. Namun, mereka menderita penyakit Sisik Safir sehingga keduanya diusir dari Mary Geoise.

Karena cinta Kuma yang besar kepada Ginny, Kuma memutuskan untuk membesarkan Bonney seperti anaknya sendiri. Karena Bonney menderita penyakit yang sama dengan Ginny, Kuma berlayar menjadi bajak laut untuk mencari obat untuk Ginny. Sayangnya, tidak ada seorang pun yang tahu obat untuk penyakit tersebut.

Pada akhirnya, Kuma kembali ke Pasukan Revolusioner. Di titik ini, Kuma diperkenalkan dengan Dr. Vegapunk. Setelah bertemu dengan Vegapunk, ilmuwan tersebut ternyata memang memiliki cara untuk mengobati penyakit Bonney. Namun, sebagai gantinya, Kuma harus mau dijadikan bahan eksperimen untuk menciptakan senjata Pemerintah Dunia.

 

Verified Writer

Arya Nenggala

https://www.youtube.com/@animelore666

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya