TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Biodata dan Profil Tulus, Bakal Tampil di Pestapora 2024

Tulus jadi salah satu pengisi Pestapora 2024

Biodata Tulus (Instagram.com/tulusm)

Pestapora 2024 akan segera digelar pada 20-22 September 2024. Sejumlah line up yang akan menjadi penampilnya pun telah diumumkan sejak satu bulan lalu. 

Salah satu diantaranya ialah Tulus. Tulus akan jadi salah satu penampil Pestapora 2024 bersama Nadin Amizah, Afgan, Ari Lasso, Hingga Dewa 19.

Sebelum menonton penampilan Tulus di festival musik ini, yuk simak biodata dan profilnya di bawah!

1. Biodata singkat Tulus

Biodata Tulus (Instagram.com/tulusm)
  • Nama Lengkap: Muhammad Tulus Rusydi
  • Nama Panggung : Tulus
  • Tempat Lahir : Bukittinggi
  • Tanggal Lahir : 20 Agustus 1987
  • Usia :37 tahun
  • Pendidikan: Universitas Katolik Parahyangan, Jurusan Arsitektur
  • Profesi : Penyanyi
  • Label: TulusCompany
  • Akun Instagram: @tulusm
  • Akun YouTube: @musiktulus

Baca Juga: Biodata dan Profil Nadin Amizah, Siap Tampil di Pestapora 2024

2. Perjalanan karir

Biodata Tulus (Instagram.com/tulusm)

Sejak tahun 2009, Tulus memulai karirnya secara serius dengan membuat demo dan mengajukannya ke beberapa perusahaan rekaman besar. Namun akhirnya, ia memilih jalur independen dengan mendirikan label rekaman sendiri bersama kakaknya, Riri Muktamar selaku produser eksekutif dan Ari Renaldi sebagai produser musiknya.

Hingga di tahun 2011, lahirlah album pertama Tulus bertajuk “Tulus” yang rilis pada 28 September. Di tahun yang sama, Tulus juga menggelar konser perdananya dengan tema “Tulus: An Introduction" di Auditorium Centre Culturel Francais (sekarang IFI) Bandung. Di konser tersebut, CD "Tulus" pun berhasil terjual 1.000 keping.

Sukses dengan album perdananya, Tulus kembali merilis album kedua pada tahun 2014. Album "Gajah" berhasil terjual lebih dari 60.000 keping selama dua bulan perilisannya. Ini juga menjadikan album "Gajah" satu-satunya album musik berbahasa Indonesia yang masuk ke dalam Top 10 album musik best-selling di iTunes Asia.

Dalam perayaan 10 tahun berkarya, tepatnya 2022, Tulus merilis album studio keempatnya bertajuk "Manusia". Rilis pada 3 Maret 2022, album ini kembali mendapatkan sambutan positif dan menjadi album yang paling sering didengarkan di Spotify Indonesia sepanjang tahun 2022.

Selain itu, Tulus menjadi musisi Indonesia pertama yang meraih 1 juta pengikut di Spotify pada tahun 2019 dan kini memiliki 13,5 juta pengikut di platform tersebut.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya