TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal Menarik dari Serial Pay Later, Bertahan di Top 10 Netflix

Ringan, penuh komedi, namun juga sarat makna

Pay Later (dok. Scovi Films/Pay Later)

Sejak resmi tayang di Netflix pada 16 September 2024 lalu, serial Pay Later langsung melesat menduduki puncak jajaran top 10 serial Netflix yang paling banyak ditonton di Indonesia. Dibintangi olej Amanda Manopo, harus diakui jika serial ini memang benar-benar menarik perhatian, baik dari segi judul, cast, maupun jalan cerita dan premis yang ditampilkan.

Mengusung genre drama komedi, serial Pay Later memuat 8 episode dengan masing-masing durasi tayang selama 40 menit. Dikemas dengan kisah yang unik, segar dan juga penuh komedi, berikut sederet hal menarik terkait serial Pay Later yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memutuskan pilihan untuk menonton serial ini. Yuk, simak!

1. Masih bertahan di daftar Top 10 serial Netflix

serial Pay Later masih menempati urutan nomor 1 dalam daftar Top 10 serial Netflix per hari Selasa, 24 September 2024 (dok. Netflix/Pay Later)

Diadaptasi dari novel Pay Sooner or Later karya Adrindia Ryandisza, serial yang disutradarai Ardy Octaviand dan rumah produksi Scovi Films ini semula sudah ditayangkan secara bertahap sejak 29 Maret 2024 di platform streaming Vision+. Sukses memikat penonton hingga menjadi serial nomer 1 di Vision+, Pay Later kemudian turut ditayangkan oleh Netflix pada hari Senin, 16 September 2024 lalu. Tak perlu menunggu lama, serial Pay Later langsung menembus jajaran top 10 serial Netflix yang paling banyak ditonton di Indonesia.

Bahkan, setelah memasuki satu minggu penayangannya di Netflix, tercatat per hari Selasa, 24 September 2024, serial ini masih bertahan di peringkat pertama. Mengusung genre drama komedi yang dilengkapi bumbu romansa, serial ini dibintangi aktris muda kenamaan Indonesia, Amanda Manopo yang sudah santer dikenal usai dirinya sukses membintangi serial TV Ikatan Cinta yang begitu fenomenal sejak pertama kali tayang di tahun 2020. Gak heran, jika banyak sekali penonton yang menantikan karya Amanda Manopo lainnya, baik dalam web series maupun film layar lebar. 

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Anna Jobling, Pemeran Sosok Hantu di Film Lembayung

2. Mengangkat fenomena pay later dan pinjaman online

Pay Later (dok. Scovi Films/Pay Later)

Salah satu daya tarik serial Pay Later ialah kesederhanaan kisah serta keterkaitan antara jalan cerita premis yang disuguhkan dengan kebiasaan anak muda saat ini. Memasuki era digital yang sudah disuguhkan beragam pilihan dan kemudahan bertransaksi seperti penggunaan metode pay later (beli sekarang, bayar nanti) hingga berutang melalui pinjaman online (pinjol) yang semakin marak. Hal ini ternyata juga dialami oleh TIka (Amanda Manopo), seorang influencer yang terlilit utang, namun justru menjadi dilematis ketika ia bekerja di perusahaan pinjaman online.

Tika bekerja di posisi desk collection yang bertugas menagih utang via telepon setiap harinya. Bahkan, ada salah satu momen mengejutkan ketika Tika dan rekannya diperbolehkan menagih utang dengan cara turun langsung. Meski begitu, Tika tetaplah penagih utang yang penuh dilema, ia harus menghadapi amukan dari para peminjam dan tuntutan target perusahaan, tetapi di sisi lain, ia juga kerap dihubungi penagih utang karena tak kunjung melunasi tunggakannya. Puncaknya ketika seorang debt collector datang ke rumah Tika yang kemudian mengundang petaka baru bagi perjalanan kariernya.

3. Diwarnai drama karier dan juga kisah romansa yang relatable

Pay Later (dok. Scovi Films/Pay Later)

Selain terlilit utang, Tika juga dihadapkan berbagai drama kehidupan lainnya dalam dunia kerja seperti perbedaan instruksi dari atasan, rekan kerja yang gemar "cari muka" hingga penghianatan dari sahabatnya sendiri saat di kantor lama. Untungnya, Tika menemukan teman yang begitu menghibur di kantor baru bernama Didi (Musdalifah Basri). Tika juga sempat menghadapi perasaan bimbang ketika dirinya didekati oleh dua pria secara bersamaan yang merupakan teman baiknya sendiri. 

Di samping itu, kehidupan Didi juga gak kalah pelik dengan Tika. Ia harus bekerja keras untuk membayar utang  Uminya (Cici Tegal) yang juga terlilit utang begitu besar hingga kantor mereka sempat didatangi debt collector. Didi yang berasal dari keluarga religius juga kerap menjadi bahan omongan karena membuat postingan sedang berjoget ria di sebuah acara live music bersama idolanya. Bahkan, ketika acaranya baru selesai dini hari, Didi tak berani pulang ke rumah dan memilih tidur di kantor.

Selain itu, ada Rizal (Dito Darmawan), rekan kerja yang dikategorikan Tika dan Didi sebagai pria bucin (budak cinta) hingga disebut sudah mencapai tahap 'bulol' karena terus-menerus terjebak dalam toxic relationship bersama kekasihnya, Siska (Aliyah Faizah). Kebiasaan Siska yang kerap berfoya-foya dan bergaya hedon membuat Rizal terbebani karena harus menanggung semua utang dan tagihan Siska dengan ancaman putus hingga batal menikah.

4. Turut dibintangi aktor lawas hingga pendatang baru

Pay Later (dok. Scovi Films/Pay Later)

Selain Amanda Manopo, serial ini juga menghadirkan dua aktor lawas eks pemain Extravaganza yakni Aming Sugandhi yang berperan sebagai atasan Tika dan Indra Birowo yang menjadi Ayah Tika. Selain itu, aktris senior Rowiena Umboh yang pernah membintangi serial TV legendaris Warkop DKI juga turut andil dalam serial ini sebagai Ibu Tika. Kemudian, ada Nazyra C. Noer, anak dari aktris legendaris Jajang C. Noer juga turut andil berperan sebagai Bu Cynthia, pemilik perusahaan pinjol tempat Tika bekerja. 

Tak hanya itu, serial ini juga dimeriahkan dengan kehadiran Yoshi Sudarso, aktor yang mengawali kiprahnya sebagai stunt di sejumlah film dunia seperti Alita: Battle of Angel hingga The Maza Runner. Selain itu, ad ajuga Adinda Cresheilla, Puteri Indonesia Pariwisata 2022 sebagai Yuli, teman Tika di kantor lama dan aktor muda Dito Darmawan, pemeran Rizal yang juga membintangi film Ancika: Dia yang Bersamaku 1995.

Kemudian, ada dua pemain yang turut mewarnai sepanjang episode dengan tingkah kocak seperti komika Musdalifah Basri yang memerankan karakter Didi hingga Fajar Sadboy yang berperan sebagai Umar, adik Tika yang merupakan anak warnet dengan perilaku super nyeleneh. Komplit!

5. Hadirkan pelajaran kehidupan yang sarat makna

Pay Later (dok. Scovi Films/Pay Later)

Tak hanya menyuguhkan drama kehidupan Tika dan karakter lainnya, serial ini juga menghadirkan pesan mendalam terkait memaknai kehidupan dari hal-hal yang sederhana, seperti cara mengontrol pikiran dan menyadari napas. Hal ini diajarkan oleh Dion (Yoshi Sudarso), seorang holistic therapyst sekaligus teman kecil Tika yang diminta orang tua Tika untuk mengajarkan putrinya cara mengendalikan diri dari sifat impulsif.

Meski awalnya, Tika tampak enggan, namun Dion bisa memberikan insight baru dengan cara dan pendekatan yang begitu sabar. Selain mengajarkan Tika untuk mengendalikan diri, Dion juga memberitahu cara membentuk pikiran yang membahagiakan dan mengajarkan merunut skala prioritas yang harus dilakukan.

Di sisi lain, pergolakan batin dan keinginan Tika yang tak mau mengecewakan keluarganya serta berusaha keras membahagiakan kedua orang tuanya juga disuguhkan dengan apik dan sederhana. Character development yang diperlihatkan oleh Tika dari awal hingga akhir episode juga ditampilkan dengan baik, lengkap dengan solusi dan pelajaran kehidupan terkait gaya hidup, dinamika karier, polemik keluarga dan pilihan hidup yang dijalani Tika. 

Disajikan dengan komedi yang segar dan natural, serial ini bisa membuat penonton terhibur dengan kisahnya yang ringan, modern dan relatable. Bagi yang belum menonton, sederet hal menarik dari serial Pay Later ini boleh jadi akan membantumu memutuskan pilihan. Selamat menonton, ya!

Baca Juga: 3 Film dan Serial Amanda Manopo di Netflix, Terbaru Pay Later

Verified Writer

Anjani Nur Permatasari

Living a blessed life between peoples, books, research paper, script, coffee and camera

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya