TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Aktor yang Berperan Sebagai Doctor Doom, Ada Robert Downey Jr.

Robert Downey Jr. akan tampil di Avengers: Doomsday

Robert Downey Jr. di San Diego Comic Con (instagram.com/marvelstudios)

Dalam acara San Diego Comic Con beberapa waktu lalu, aktor Robert Downey Jr. mengejutkan penggemar dengan tampil dalam kostum Doctor Doom. Momen tersebut sekaligus mengungkapkan bahwa sang aktor akan tampil dalam 2 film Marvel mendatang, Avengers: Doomsday dan Avenger: Secret Wars.

Doctor Doom merupakan karakter Marvel yang pertama kali tampil dalam komik Fantastic Four #5 (1962) dengan nama asli Victor Van Doom. Ia adalah villain yang kuat serta berbahaya di jagat Marvel.

Setelah komik Marvel diadaptasi menjadi film, beberapa aktor pernah berperan sebagai karakter ini. Siapa saja mereka? Yuk, simak ulasannya.

Baca Juga: 4 Superhero Musuh Doctor Doom, Ada Deadpool

1. Robert Downey Jr.

foto Robert Downey Jr. (instagram.com/robertdowneyjr)

Penetapan Robert Downey Jr. sebagai Doctor Doom menimbulkan beragam reaksi. Sebagian fans Marvel senang karena sang Iron Man (Robert Downey Jr.) kembali dalam jagat Marvel. Di sisi lain ada kelompok yang menyayangkan karakter favorit mereka justru hadir sebagai villain, nih.

Robert Downey Jr. sendiri sebelymnya telah memenangkan piala Oscar untuk Best Performance by an Actor in a Supporting Role dengan film Oppenheimer (2023). Ia juga mendapatkan piala lain untuk perannya sebagai Lewis Strauss (Robert Downey Jr.), yaitu dalam BAFTA Awards, Critics Choice Awards, Dallas-Fort Worth Film Critics Association Awards serta Golden Globes Awards.

2. Joseph Culp

foto Joseph Culp (instagram.com/josephculpactor)

Aktor pertama yang berperan sebagai Doctor Doom adalah Joseph Culp dalam film The Fantastic Four (1994). Namun sayang, 3 minggu sebelum pemutaran perdananya yang dijadwalkan di Mall of America, Minneapolis, The Fantastic Four gagal ditayangkan. Ada kisah unik di balik film tersebut, nih. 

Perusahaan Neue Constantin Film yang dimiliki oleh Bernd Eichinger merupakan pihak yang memiliki izin produksi komik Fantastic Four menjadi live action saat itu. Film tersebut sudah direncanakan akan diproduksi sejak tahun 1992 dan harus selesai sebelum 31 Desember 1992. Jika tidak, Bernd Eichinger akan kehilangan hak produksinya.

Demi mengejar target ini, Bernd Eichinger memerintahkan produser Eiger Corman untuk membuat film itu dan memotong budget produksi dari 30 juta dolar Amerika (489 miliar rupiah) menjadi hanya 1 juta dolar (16 miliar rupiah) saja. Proses produksi juga terburu-buru dan dimulai lima hari sebelum tenggat waktu yang ditentukan. Tak disangka, Eiger Corman berhasil dan Bernd Eichinger masih memiliki hak produksi. Namun sayang, film tersebut batal ditayangkan.

Selanjutnya Bernd Eichinger memiliki waktu hanya 90 hari untuk menjual kembali hak produksi tersebut. Sebuah misi yang menantang. Namun sekali lagi, ia berhasil!

20th Century Fox membeli Fantastic Four senilai 60 juta dolar (977 miliar rupiah). Bernd Eichinger pun mendapatkan keuntungan yang fantastis. Meski gak pernah ditayangkan, beberapa potongan adegan film The Fantastic Four masih bisa kamu temukan di YouTube, lho.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Doctor Doom Lebih Hebat dari Iron Man

3. Julian McMahon

foto Julian McMahon (instagram.com/julianmcmahonofficial)

Selanjutnya hak distribusi film Fantastic Four dipegang oleh 20th Century Fox. Julian McMahon dipilih sebagai aktor yang berperan dalam 2 film yang menampilkan Doctor Doom, yaitu Fantastic Four (2005) dan Fantastic Four: Rise of The Silver Surfer (2007).

Bisa dibilang Doctor Doom yang diperankan oleh Julian McMahon adalah yang paling sukses dan membekas di hati penggemar, nih. Julian McMahon mampu menampilkan sisi manusiawi Doctor Doom yang memiliki ego tinggi serta sombong. Penonton menikmati karya ini dan memberikan banyak pujian pada sang aktor.

Verified Writer

Anita Hadi Saputri

Freelance Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya