TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Film Horor Indonesia Tayang Oktober 2024, Ada Kuasa Gelap!

Siap bikin kamu merinding di sepanjang cerita

kumpulan poster film horor lokal Oktober 2024 (instagram.com/kuasagelap.id | instagram.com/kemahterlarangfilm | instagram.com/filmdosamusyrik)

Perfilman Indonesia selama Oktober 2024 akan dimeriahkan film horor. Berbagai film horor hadir dengan alur cerita penuh misteri hingga efek visual mencekam. Setiap filmnya menawarkan pengalaman seram yang berbeda.

Beberapa film horor yang dinanti selama Oktober 2024 adalah Kuasa Gelap dan Dosa Musyrik. Kuasa Gelap mengisahkan kekuatan jahat yang merasuki remaja, sedangkan Dosa Musyrik mengeksplorasi konsekuensi tragis dari kesesatan spiritual.

Dengan cerita yang menggugah rasa penasaran, deretan film horor Indonesia ini siap tayang Oktober 2024. Siapkan nyalimu, karena bakal bikin merinding di sepanjang film!

Baca Juga: 4 Film Karya Bobby Prasetyo 2024, Thaghut hingga Kuasa Gelap

1. Kuasa Gelap

cuplikan film Kuasa Gelap (dok. Paragon Pictures/Kuasa Gelap)

Tayang 3 Oktober 2024, Kuasa Gelap yang disutradarai Bobby Prasetyo ini jadi salah satu film paling dinantikan. Film ini membahas tema yang jarang diangkat, yaitu eksorsisme, dengan latar belakang agama Katolik. Film ini terinspirasi dari kisah nyata di Jawa Tengah.

Kuasa Gelap mengikuti Romo Thomas (Jerome Kurnia) yang berencana mengundurkan diri sebagai pastor setelah kehilangan keluarganya. Dalam tugas terakhirnya, ia harus membantu Romo Rendra (Lukman Sardi) melakukan ritual pengusiran setan terhadap remaja perempuan yang juga merupakan sahabat mendiang adiknya.

Proses eksorsisme ini tidak hanya menghadirkan ketegangan supranatural, tetapi juga membuka masa lalu Romo Thomas dan memicu konflik batinnya. Tanpa diketahui, hal itu berpotensi mengganggu keberhasilan ritual tersebut.

2. Kutukan Calon Arang

cuplikan film Kutukan Calon Arang (dok. Lingkar Pictures/Kutukan Calon Arang)

Berbarengan dengan Kuasa Gelap, Kutukan Calon Arang juga tayang di bioskop pada 3 Oktober 2024. Film ini terinspirasi dari legenda yang berkembang di Jawa dan Bali tentang Calon Arang, seorang perempuan sakti dengan ilmu hitam yang dikenal suka meneror masyarakat dengan wabah.

Kutukan Calon Arang mengisahkan Maya (Fergie Brittany) dan Rama (Justin Adiwinata) beserta teman-teman mereka yang mendatangi desa terpencil di Banyuwangi untuk menyegarkan pikiran. Namun, secara tidak sengaja, salah satu dari mereka mengaktifkan kutukan kuno yang berkaitan dengan legenda Calon Arang.

Setelah itu, Maya mulai menunjukkan tanda-tanda kerasukan. Mereka terjebak dalam lingkaran teror dan harus berjuang mengakhiri kutukan sebelum nyawa mereka menjadi korban berikutnya.

3. Kemah Terlarang: Kesurupan Massal

cuplikan film Kemah Terlarang: Kesurupan Massal (dok. Rapi Films/Kemah Terlarang: Kesurupan Massal)

Kemah Terlarang: Kesurupan Massal mengisahkan kisah nyata yang terjadi di Yogyakarta pada 2016. Ditulis oleh Ginanti Rona dan Lele Laila, film ini menceritakan sekelompok siswa SMA yang berkemah di hutan Wana Alus.

Puncak masalah mulai terlihat ketika malam pementasan drama, di mana Rini (Callista Arum) memerankan tokoh Roro Putri, tokoh yang telah meninggal ratusan tahun lalu. Tiba-tiba, Rini kesurupan arwah Roro Putri. Kejadian ini memicu kesurupan massal di antara peserta lainnya.

Berbagai bentuk kesurupan pun terjadi, ada yang berteriak, menari hingga meminta untuk dikafani. Serem banget, ya? Kemah Terlarang: Kesurupan Massal tayang pada 10 Oktober 2024.

4. Pulau Hantu

cuplikan film Pulau Hantu (dok. MVP Pictures ID/Pulau Hantu)

Pulau Hantu adalah produksi MVP Pictures, reboot dari trilogi sebelumnya. Film ini mengisahkan sekelompok remaja yang mengadakan pesta perpisahan di sebuah pulau terpencil. Namun, liburan yang seharusnya menyenangkan berubah menjadi mimpi buruk ketika mereka terjebak di pulau tersebut dan mengalami berbagai kejadian mistis.

Kisah berfokus pada Dara (Taskya Namya), remaja yang mengabaikan peringatan ibunya untuk pergi ke pulau itu. Bersama teman-temannya, mereka malah terdampar di pulau misterius dan harus mencari jalan keluar dari pulau angker tersebut. Pulau Hantu dijadwalkan akan tayang pada 10 Oktober mendatang.

Baca Juga: 5 Film Horor Indonesia Minim Jumpscare yang Terbaik

5. Tebusan Dosa

cuplikan film Tebusan Dosa (dok. Palari Films/Tebusan Dosa)

Film selanjutnya yang gak kalah menarik adalah Tebusan Dosa, karya dari Palari Films yang berkolaborasi dengan Putri Marino setelah kesuksesan Kabut Berduri (2024). Diproduksi oleh tim yang sama dengan produser film horor Korea fenomenal, Exhuma (2024), Tebusan Dosa semakin meningkatkan ekspektasi penonton.

Tebusan Dosa menyuguhkan kisah perjuangan Wening (Happy Salma), seorang ibu yang berusaha menemukan putrinya yang hilang secara misterius. Setelah pencarian yang dilakukan oleh tim SAR tidak membuahkan hasil, Wening semakin putus asa.

Wening bersama kreator siniar misteri bernama Tirta (Putri Marino), Ragus (Bhisma Mulia), dan peneliti dari Jepang, Tetsuya (Shogen), bersama-sama berusaha memecahkan misteri ini. Film horor misteri ini akan tayang pada 17 Oktober 2024.

6. Perewangan

cuplikan film Perewangan (dok. MD Pictures/Perewangan)

Perewangan diadaptasi dari thread viral di X oleh Jeropoint dan disutradarai oleh Awi Suryadi. Istilah "perewangan'" berasal dari bahasa Jawa yang berarti "makhluk yang membantu," menggambarkan teror yang dialami sebuah keluarga akibat perjanjian dengan jin penglaris.

Kisah ini mengikuti Maya (Davina Karamoy), gadis muda yang keluarganya diterpa berbagai kejadian aneh dan mengerikan, mulai dari penyakit misterius yang menyerang ibunya hingga kematian ayahnya yang tragis.

Maya menemukan bahwa keluarganya terlibat dalam persekutuan dengan jin untuk membangun usaha. Melalui ritual menumbuk lesung kosong setiap pagi dan menggunakan cermin pengilon, warisan dari ayahnya.

7. Dosa Musyrik

cuplikan film Dosa Musyrik (dok. MVP Pictures ID/Dosa Musyrik)

Di waktu yang sama, MVP Pictures juga menjadwalkan produksi film horor lainnya yang akan tayang pada 31 Oktober 2024. Berjudul Dosa Musyrik, film ini disutradarai Hadrah Daeng Ratu. Meskipun belum banyak informasi yang terungkap tentang isi film horor religi ini, tema yang diangkat dalam film ini sangat menarik.

Dosa Musyrik mengisahkan akibat dari perbuatan syirik atau menyekutukan Tuhan, yang akan membawa penonton pada perjalanan yang mendebarkan. Trailernya menampilkan berbagai praktik mistis yang semakin meningkatkan rasa penasaran penonton. Dosa Musyrik akan diperankan oleh sejumlah artis, seperti Marthino Lio, Delia Husein, Pritt Timothy, dan Yati Surachman.

Dari berbagai film horor Indonesia yang akan tayang dalam waktu dekat, banyak cerita menarik yang siap menghibur. Kita dukung karya-karya sinematik lokal ini dengan menontonnya di layar lebar di bioskop, ya! Kamu mau nonton yang mana saja, nih?

Baca Juga: 10 Film Horor Terbaik 2024 versi Rotten Tomatoes, Ada The Substance 

Verified Writer

Davrean Dita

a zen writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya