TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Lagu Tentang Kemanusiaan yang Bangkitkan Kesadaran

Utamakan peace and love, ya

ilustrasi peduli (pexels.com/Liza Summer)

Lagu tak melulu tentang cinta pada kekasih. Lebih dari itu, lagu bisa jadi menyimpan pesan penting bagi seluruh manusia agar saling mengasihi dan menghormati. Sehingga, tidak ada lagi yang namanya kekerasan dan diskriminasi di dunia.

Selain enak didengarkan, lagu tentang kemanusiaan seperti itu bisa jadi pengingat yang membangkitkan kesadaran. Setiap manusia memiliki hak untuk hidup bahagia. 

Nah, berikut daftar lagu tentang kemanusiaan yang harus kamu tahu. Liriknya sangat menyentuh.

1. Working Class Hero - Green Day

Sesuai dengan judulnya, lagu tentang kemanusiaan ini berkaitan dengan kelas pekerja atau buruh. Working Class Hero menyuarakan perjuangan para pekerja. Mereka sering kali menjadi masyarakat kelas yang rentan dieksploitasi.

Lagu ini terdengar heroik. Lirik dan melodinya cocok jadi pembangkit semangat agar para buruh saling menggenggam tangan dan membangun kekuatan. 

2. Palestine Tomorrow Will Be Free - Maher Zain

Kalau sedang membahas lagu tentang kemanusiaan, tentu saja lagu tentang Palestina tidak boleh dilewatkan. Salah satunya adalah lagu Palestine Tomorrow Will Be Free yang dibawakan oleh Maher Zain.

Lirik lagu Palestine Tomorrow Will Be Free tentang harapan pada warga Palestina agar terbebas dari penjajahan Israel suatu hari nanti. Lagu ini masih relevan sampai sekarang, sebab Palestina dan Israel masih terus berkonflik.

3. Revolution - The Beatles

Lewat lagu Revolution, John Lennon menyuarakan pendapatnya tentang anti perang. Ia mengecam perang yang terjadi, khususnya perang antara Amerika Serikat dan Vietnam beberapa tahun silam. Perang itu menuai kecaman dari berbagai belahan dunia.

Baca Juga: 10 Lagu Tentang Keluarga yang Heartwarming dan Menyentuh

4. Where is The Love - Black Eyed Peas ft. The World

Lagu tentang kemanusiaan ini memiliki pesan mendalam sekaligus reflektif. Lagunya mengkritik banyaknya kekerasan yang dilakukan manusia.

Apakah manusia sudah tak memiliki cinta lagi, hingga akhirnya muncul pertanyaan, "Di manakah cinta?"

5. Heal The World - Michael Jackson

Kamu pasti tahu lagu Heal The World yang dinyanyikan Michael Jackson. Ini lagu yang sering diputar ketika ada momen-momen tentang kemanusiaan.

Lagu Heal The World membuat kita membayangkan betapa indah dunia jika diisi dengan cinta dan kasih, bukan kekerasan.

6. Treat People with Kindness - Harry Styles

Sering kali manusia lupa caranya memanusiakan manusia. Inilah yang disinggung dalam lagu Treat People with Kindness - Harry Styles. Lagu ini mengingatkan pendengarnya tentang arti penerimaan.

Orang yang bisa menerima dirinya sendiri dengan sepenuh hati akan lebih mudah bahagia. Kebahagiaan itu lebih gampang juga ditularkan ke orang lain. Caranya dengan selalu berbuat baik pada sesama tak peduli dengan adanya perbedaan.

7. Light of Love - Florence and the Machine

Makna lagu Light of Love tak kalah menyentuh nurani. Liriknya tentang harapan dan kepedulian pada sesama. Lagu ini diciptakan secara khusus untuk masyarakat dan para petugas medis di tengah pandemi.

8. PDLIF - Bon Iver

Lagu ini dirilis pada tahun 2020 saat pandemi melanda dunia. Tujuan perilisannya adalah untuk menggalang dana yang akan disalurkan ke para korban pandemi, termasuk para petugas medis yang berjuang di garda terdepan.

9. We Will Not Go Down - Michael Heart

Satu lagi lagu tentang kemanusiaan yang menggambarkan kepedulian pada warga Palestina. Michael Heart, sang penulis lagu ini, sengaja membuat lagu untuk memberikan dukungan pada warga Palestina dan menyuarakan tentang anti kekerasan dan perang.

10. Imagine - John Lennon

Last but not least, ada lagu Imagine yang dinyanyikan oleh John Lennon. Lagu ini mengajak manusia untuk bersatu. Jangan sampai terpecah belah gara-gara perbedaan bangsa dan agama. Perbedaan adalah kekuatan, bukan alasan untuk saling benci.

Itulah lagu tentang kemanusiaan yang memiliki pesan penting. Lagu-lagunya membuat kita makin sadar akan betapa berharganya hidup seseorang.

Baca Juga: 12 Lagu Tentang Persahabatan, Best Friend Forever!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya