TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil dan Biodata Rahmania Astrini, Special Guest di Konser Coldplay

Selamat untuk Rahmania Astrini!

Rahmania Astrini (instagram.com/Rahmaniaastrini)

Akhirnya, special guest star pada konser Coldplay di Jakarta 15 November 2023 telah diumumkan. Sang promotor konser, Third Eye Management mengumumkan hal ini pada Senin, 12 Juni 2023 melalui akun instagramnya @temgmt.

Penyanyi Rahmania Astrini terpilih dari jajaran nama yang diusulkan, yaitu Sheila on 7, JKT48, Nyoman Paul Fernando Aro, Tiara Andini, Lyodra, Nasida Ria, Salma, Agnezmo, dan Ariel Noah.

Bagi kamu yang belum mengenal sosok penyanyi Rahmania Astrini, berikut profil dan biodatanya. Check this out!

1. Biodata Rahmania Astrini

Rahmania Astrini (instagram.com/Rahmaniaastrini)

Nama: Rahmania Astrini (Astri)
Tanggal lahir: 4 Juli 2001
Tempat lahir: Northampton, Massachusetts, Amerika Serikat. 
Kewarganegaraan: Indonesia
Agama: Islam
Orang tua: Purwono dan Nyanya
Saudara: Raden Otto Ajiputra Purwono (kakak laki-laki) dan Rr. Putri Amaristya Purwono (kakak perempuan)
Pendidikan: Universitas Bina Nusantara (2019-sekarang)

Baca Juga: Profil dan Biodata Coldplay, Dirumorkan Konser di Indonesia!

2. Profil

Tulus dan Rahmania Astrini (instagram.com/rahmanisastrini)

Rahmania Astrini atau biasa disapa Astri merupakan seorang penyanyi berbakat Indonesia yang berasal dari Bandung. Ia tergabung bersama label rekaman Warner Music Indonesia.

Musik Astri bergenre R&B dan Soul. Ia juga bisa memainkan alat musik seperti piano dan gitar. Saat ini, Astri memiliki satu album yang bertajuk "Adolescent".

3. Perjalanan karier 

Rahmania Astrini (instagram.com/Rahmaniaastrini)

Karier bermusik Astri diawali dengan membuat cover lagu di platform Instagram dan YouTube. Adapun cover lagunya yang terkenal adalah “Aku Cinta Dia” (2018) yang aslinya lagu Chrisye dan “Untitled” (2022) yang merupakan lagu asli Maliq & D’Essentials.

Bakat menyanyi Astri ternyata sudah terlihat sejak kecil. Dulu, ia sering mengikuti lomba-lomba menyanyi saat duduk di bangku sekolah. Ia juga mahir dalam bermain alat musik seperti piano dan gitar. 

Di tahun 2017, ia bergabung dengan perusahaan rekaman Warner Music Indonesia dan merilis singel pertama berjudul "Menua Bersama" pada 24 November 2017. Setelahnya, Astri mulai merilis single yang lebih menunjukkan identitas musiknya melalui lagu bergenre alternatif R&B/Soul yaitu ''It’s Amazing''. 

Di tahun 2020, Astri juga mengikuti Song Writing Camp di Swedia selama 3 hari. Di camp tersebut ia berhasil menciptakan tiga lagu, salah satunya "Runaway", yang berhasil dirilis pada 25 September 2020. Penciptaan lagu ''Runaway'' dilakukan oleh Astri bersama produser asal Swedia, yakni Mr Fantastic atau Bj'rn Djupstr'm.

4. Penghargaan

Rahmania Astrini (instagram.com/Rahmaniaastrini)
  • Anugerah Planet Muzik (2018): Nominasi kategori Artis Baru Wanita Terbaik dengan singlenya "Menua Bersama"
  • Anugerah Musik Indonesia (2018): Nominasi kategori Karya Produksi Aransemen Ulang Terbaik dengan singlenya "Aku Cinta Dia"
  • Anugerah Musik Indonesia (2019): Menang penghargaan kategori Artis Solo Pria/Wanita Soul/R&B Terbaik dengan singlenya "It's Amazing"
  • Anugerah Musik Indonesia (2021): Menang penghargaan kategori Artis Solo Pria/Wanita Soul/R&B Terbaik dengan lagu "Runway"
  • Anugerah Musik Indonesia (2021): Nominasi kategori Duo/Grup/Grup Vokal/Kolaborasi Soul/R&B Terbaik dengan lagu "Pretty Like You" (bersama Monica Karina)
  • Anugerah Musik Indonesia (2022): Nominasi pada kategori Artis Solo Pria/Wanita Soul/R&B Terbaik dengan lagu "Butterfly"

5. Album Adolescent (2021)

Rahmania Astrini (instagram.com/Rahmaniaastrini)

Setelah banyak mengeluarkan single, Astri merilis debut album mini bertajuk Adolescent pada 12 Februari 2021. Adolescent berisikan enam lagu bahasa Inggris bergenre R&B di antaranya "Finally Found You", "Runaway", "Shush", "Baby", "Pretty Like You", dan "Take Me Home".

Album Adolescent ini bercerita tentang perjalanan seorang remaja yang tumbuh menjadi dewasa. Tema cerita cinta pun mendominasi dalam albumnya. Adapun penggunaan Bahasa Inggris dalam Adolescent bertujuan agar musiknya diterima oleh pasar Asia dan internasional

Dalam album ini, Astri juga turut mengajak dua musisi muda, yaitu untuk lagu "Baby" dengan Leanne & Naara asal Filipina, dan Monica Karina untuk lagu "Pretty Like You". Selain itu, ia juga pernah berkolaborasi dengan Wafia dari Australia dengan single“Pick Me” (2021), Pink Sweat$ dari Amerika Serikat dengan single “I Feel Good” (2022).

6. Lagu dan kolaborasi terbaru

Rahmania Astrini (instagram.com/Rahmaniaastrini)

Setelah sibuk dengan albumnya, Astri semakin produktif dengan merilis dua lagu terbaru sekaligus yaitu ‘Ground Zero’ dan ‘Goodnight Kiss’ pada 27 Januari 2023.

Hanya berselang satu bulan dari rilisnya dua lagu tersebut, ia mengeluarkan single original terbarunya berjudul ‘Space’ (2023) dengan menggandeng penyanyi Teddy Adhitya sebagai pencipta lagu. Lagu ini bercerita seputar jarak yang ada dalam sebuah hubungan karena salah satu pihak tidak membuka dirinya.

Baca Juga: Rahmania Astrini Jadi Special Guest di Konser Coldplay Jakarta

Verified Writer

Aliya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya