TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sekotengs Syuting di 2 Rumah Sakit Semarang, Keluarga Sehat dan UNDIP

Sutradara ungkap proses syuting didampingi dokter spesialis

press conference serial Sekotengs di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2024) (dok. IDN Times/Rani Asnurida)

Jakarta, IDN Times - Razka Robby Ertanto kembali menggarap serial terbaru berjudul Sekotengs. Serial ini telah banyak dinanti oleh penggemar, karena diadaptasi dari webtoon berjudul sama karya Lifina.

Karena bertema kedokteran, Robby pun mengungkap bahwa proses syuting untuk serial garapannya kali ini dilakukan di dua rumah sakit di Semarang. Kendati demikian, mereka tetap mengikuti prosedur yang berlaku agar tidak mengganggu kenyamanan pasien.

1. Usung tema kedokteran, serial Sekotengs melalui proses produksi yang cukup panjang

press conference serial Sekotengs di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2024) (dok. IDN Times/Rani Asnurida)

Serial Sekotengs mengikuti lika-liku empat mahasiswa kedokteran saat menjalani koas di rumah sakit. Serial ini akan tayang perdana di Prime Video pada 26 September 2024 mendatang.

Razka menceritakan, sebelumnya mereka telah melalui proses produksi yang panjang, karena mengusung tema kedokteran yang sarat dengan adegan dan istilah medis. Oleh karena itu, agar ceritanya solid, mereka melibatkan para ahli di bidangnya sejak proses riset.

"Kita baca script-nya, kita riset, terus kita reading, dan kita tanyain ke beberapa dokter di Indonesia juga. Terus di proses reading bersama teman-teman, kita mengunjungi rumah sakit juga di Jakarta. Terus kita juga panggil dokter yang pernah koas untuk reading bersama secara detail," kata Razka Robby Ertanto dalam press conference serial Sekotengs di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2024).

2. Dokter spesialis asli ikut mendampingi selama proses syuting

press conference serial Sekotengs di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2024) (dok. IDN Times/Rani Asnurida)

Sang sutradara menegaskan, selama proses syuting, mereka juga didampingi oleh dokter spesialis asli untuk kepentingan pemakaian alat dan pengadeganan. Bahkan setelah syuting selesai, mereka juga memberikan preview kepada dokter ahli untuk memastikan lagi segala sesuatunya. Prosesnya matang banget, ya!

"Setelah syuting kita juga ditungguin langsung sama dokter spesialis untuk pemakaian alat, pengadeganan, dan lain-lain. Itu konsultasi terus. Setelah syutingnya jadi masuk post-production kita kembali ke rumah sakit lagi untuk memberikan preview kepada dokter-dokter ahli bahwa ini boleh gak? Akhirnya kita final."

Baca Juga: Jadi Dokter di Sekotengs, Giorgino Abraham Dipuji Abidzar dan Adipati

3. Syuting di dua rumah sakit Semarang hingga gantian gunakan ruangan dengan pasien

press conference serial Sekotengs di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2024) (dok. IDN Times/Rani Asnurida)

Sekotengs mengambil lokasi syuting di dua rumah sakit sekaligus yang berlokasi di Semarang, yaitu Rumah Sakit KS (Keluarga Sehat) dan Rumah Sakit UNDIP dengan menggunakan ruangan yang asli juga. Kendati demikian, agar tidak mengganggu kenyamanan pasien, mereka baru akan melakukan syuting saat ruangan kosong.

"Ruangan yang dipilih adalah ruangan real langsung. Jadi kadang-kadang, kita harus bergantian, misalnya kalau ada pasien, kita mengutamakan pasien dulu. Terus setelah kosong baru kita syuting lagi," lanjut sutradara serial Sekotengs.

Selain diangkat dari webtoon populer, Sekotengs juga banyak dinanti oleh penggemar, karena dibintangi sederet aktor ternama, mulai dari Arbani Yasiz, Abidzar Al-Ghifari, Giorgino Abraham, Adipati Dolken, hingga Zee eks JKT48. 

Baca Juga: Sinopsis Serial Sekotengs dan Jadwal Tayangnya di Prime Video

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya