TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Fakta tentang Pertunjukan Teater JKT48 dan Cara Menontonnya

Sudah pernah menyaksikan pertunjukan teater JKT48?

Member JKT48 (x.com/officialjkt48)

Pertunjukan teater menjadi aktivitas utama JKT48 sebagai sebuah grup idola. Teater menjadi tempat para member tumbuh berkembang menjadi performer yang semakin baik dengan dukungan penuh dari seluruh penggemarnya.

Selama ini, Teater JKT48 sudah menjadi rumah kedua bagi para member untuk menghabiskan masa muda mereka. Simak beberapa fakta mengenai pertunjukan teater JKT48 dan cara menontonnya, yuk!

Baca Juga: 3 Member JKT48 yang Ikut Audisi Bareng Kakak, Tapi Lolos Sendiri

1. Tentang Teater JKT48

Member JKT48 (x.com/officialjkt48)

Teater JKT48 didirikan di dalam Mall FX Sudirman lantai 4 dan resmi beroperasi sejak 8 September 2012. Setiap tahunnya, JKT48 juga akan selalu merayakan anniversary dari rumah kedua mereka dengan menampilkan lagu-lagu teater yang membuat fans nostalgia. Pada momen tersebut, ada perwakilan member JKT48 yang akan memasangkan plakat di dinding Teater JKT48 yang menandai sudah berapa lama teater tersebut berdiri.

Selain di FX Sudirman, JKT48 juga sempat membuka teater sementara di Taman Budaya Cak Durasim Surabaya pada tahun 2016. Di tahun 2024, JKT48 akan kembali membuka teater sementara di 2 kota, yaitu Surabaya dan Yogyakarta. Adanya teater sementara ini memberikan kesempatan bagi fans di luar Jakarta yang belum pernah merasakan pengalaman menonton pertunjukan teater dari JKT48.

2. Apa saja yang ditampilkan oleh member dalam pertunjukan teater?

Member JKT48 (instagram.com/jkt48)

Pertunjukan Teater JKT48 biasanya berlangsung selama kurang lebih 2 jam dengan formasi 16 member menampilkan 1 setlist berisi 14-16 lagu. JKT48 sejauh ini sudah membawakan 13 setlist dari 48 group Jepang, tetapi ada juga beberapa setlist yang dirancang khusus oleh JKT48 dengan sebutan waiting stage, special stage, dan produce stage ketika belum ada momen atau kesempatan yang tepat untuk menyadur setlist baru dari 48 group. Hampir semua setlist JKT48 biasanya dimulai dengan menampilkan 3-4 group song yang dibawakan oleh 16 member yang tampil dalam pertunjukan tersebut, kemudian dilanjutkan dengan sesi MC untuk mempersilakan member memperkenalkan diri dengan jikoshoukai mereka masing-masing sambil bercerita tentang satu topik yang telah ditentukan.

Selesai MC, pertunjukan dilanjutkan dengan penampilan unit song yang setiap lagunya bisa dibawakan oleh 1-7 member secara bergantian. Setelah semua unit song selesai ditampilkan, akan ada 8 member yang kembali ke panggung dengan kostum group song selanjutnya untuk melakukan sesi MC sembari menunggu member yang baru selesai tampil unit song berganti kostum yang sama. Di penghujung pertunjukan, para fans akan melantunkan encore yang berarti bahwa mereka masih ingin melihat penampilan dari member dan pertunjukan akan dilanjutkan dengan menampilkan beberapa lagu yang benar-benar terakhir.

Menjadi satu-satunya 48 group yang beberapa membernya menunaikan ibadah puasa, JKT48 setiap bulan Ramadan akan mengganti pertunjukan setlist dengan berbagai variety show seru di teater untuk menghibur para penggemar. Variety show yang wajib ada setiap tahunnya adalah JKT48 School dimana para trainee akan belajar banyak mengenai dunia idol lewat guru-guru yang bisa berasal dari member, eks member, maupun artis Indoensia lainnnya. Selain itu, ada juga variety show berupa sketsa, versus, maupun games yang tentunya menarik untuk diikuti selama bulan Ramadan.

Berikut adalah beberapa istilah penting seputar pertunjukan teater JKT48 yang wajib kamu ketahui.

  1. Kageana: Salam pembuka yang diucapkan oleh member sebelum pertunjukan dimulai.
  2. Shimeana: Salam penutup yang diucapkan oleh member setelah pertunjukan selesai.
  3. Overture: Musik yang dimainkan di awal pertunjukan setelah kageana.
  4. Shonichi: Pertunjukan pertama dari suatu setlist. Bisa juga mengacu pada pertunjukan pertama dari seorang member di suatu setlist.
  5. Senshuuraku: Pertunjukan terkahir dari suatu setlist
  6. Seitansai: Pertunjukan teater yang akan diakhiri dengan perayaan ulang tahun salah satu member.
  7. Last show: Pertunjukan terakhir dari seorang member sebelum resmi lulus dari JKT48.
  8. Jikoshoukai: Salam perkenalan dari setiap member yang mendeskripsikan kepribadian mereka.

Baca Juga: 4 Eks Member JKT48 yang Punya Nama Terpanjang, Ada Adhisty Zara!

3. Teater menjadi tempat perayaan momen bahagia dan pencapaian member JKT48

Member JKT48 (instagram.com/jkt48)

Member inti JKT48 akan diberikan perayaan khusus di teater setiap mereka ulang tahun dengan meniup lilin bersama penggemar dan nantinya akan ada member lain yang membacakan surat untuknya. Dalam momen ini, setiap fanbase juga akan memberikan project ulang tahun yang biasanya ditaruh di depan Teater JKT48 yang nantinya akan dikunjungi oleh member yang sedang berulang tahun setelah pertunjukan teater selesai.

Pembacaan surat dari member lain serta project dari fanbase juga berlaku dalam last show teater member yang lulus dari JKT48. Selain seitansai dan last show, fanbase dari member JKT48 juga rutin menghitung jumlah show oshi mereka dan setiap kelipatan 100 show akan ada project khusus untuk merayakan pencapaian tersebut. 

4. Setelah pertunjukan teater selesai, kamu bisa foto berdua dengan member yang sedang tampil

Member JKT48 (instagram.com/jkt48)

Sebelum adanya pandemik, setelah pertunjukan teater selesai akan ada sesi Hi-Touch dimana para penonton bisa melakukan high five bersama seluruh member yang tampil dalam pertunjukan teater. Meski kini interaksi antar manusia sudah tidak dibatasi seperti pada masa pandemik, kegiatan Hi-Touch tetap tidak dilakukan lagi oleh JKT48. Namun, penonton tetap bisa melakukan 2-shot roullete, yaitu foto berdua dengan member setelah pertunjukan teater selesai, tetapi membernya acak sesuai dengan undian yang didapat oleh fans.

Verified Writer

Acha

....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya