TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Penuh Konflik, 5 Rekomendasi Film tentang Perjuangan Jurnalis Perang!

Ada yang diangkat dari kisah asli!

cuplikan dari film Civil War (2024) (dok. A24/Civil War)

Intinya Sih...

  • Film-film ini menggambarkan perjuangan jurnalis perang dalam mencari kebenaran di tengah situasi konflik yang penuh bahaya.

  • One Step on a Mine, It's All Over menceritakan kisah fotografer perang di Kamboja. Under Fire mengikuti kisah fotografer perang di Nikaragua. Civil War berkisah tentang jurnalis perang di Amerika Serikat.

  • A Private War dan Camille menceritakan keberanian jurnalis perang melaporkan konflik di Suriah dan Afrika Tengah, serta risiko besar yang mereka ambil untuk menyampaikan kisah-kisah yang sering diabaikan oleh dunia luar.

Perang sering kali membawa kisah-kisah yang penuh ketegangan dan bahaya. Di balik garis depan, jurnalis perang berjuang untuk menyampaikan kebenaran kepada dunia. Mereka menghadapi risiko besar demi melaporkan peristiwa penting yang terjadi di zona konflik.

Nah dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang lima rekomendasi film yang menggambarkan perjuangan para jurnalis perang. Film-film ini menunjukkan keberanian dan dedikasi mereka dalam mencari berita di tengah situasi yang penuh konflik.

1. One Step on a Mine, It's All Over (1999)

cuplikan dari film One Step on a Mine, It's All Over (1999) (dok. Cinequanon/One Step on a Mine, It's All Over)

Berlatar di Kamboja tahun 1972 yang dilanda perang, One Step on a Mine, It's All Over mengisahkan perjalanan Taizo Ichinose, seorang fotografer perang asal Jepang yang  berjibaku untuk mengabadikan realita pahit peperangan dan penderitaan rakyat Kamboja. Taizo yang awalnya hanya meliput perang untuk mendapatkan sebuah penggahargaan, kini dihadapkan dengan keputusan yang sulit pilihan antara keselamatannya dan tanggung jawabnya untuk mengabarkan kebenaran. One Step on a Mine, It's All Over adalah film yang penuh dengan drama, aksi, dan refleksi tentang realitas pahit perang dan peran jurnalis dalam menyampaikan kebenaran.

3. Under Fire (1983)

cuplikan dari film Under Fire (1983) (dok. Orion Pictures/Under Fire)

Under Fire mengikuti kisah Russell Price, seorang fotografer perang yang terjebak dalam pergolakan revolusi di Nikaragua. Saat berusaha menangkap gambar-gambar paling mencolok dari konflik tersebut, Russell dihadapkan pada dilema moral antara melaporkan kebenaran dan menjaga keselamatan orang-orang di sekitarnya. Ketegangan meningkat saat ia mendapati dirinya semakin terlibat dengan para pejuang revolusi dan pemerintah yang korup.

Di tengah kekacauan, Russell membentuk ikatan kuat dengan dua jurnalis lainnya, Claire dan Alex, yang juga terjebak dalam konflik ini. Hubungan mereka diuji oleh bahaya dan pengkhianatan, sementara mereka berjuang untuk mengungkap kenyataan yang sebenarnya terjadi di lapangan.

2. Civil War (2024)

cuplikan dari film Civil War (2024) (dok. A24/Civil War)

Berlatarkan negara Amerika Serikat yang sedang terjadi perang saudara, film Civil War ini mengikuti perjalanan dari Lee Smith, seorang jurnalis perang ternama yang nekat melakukan perjalanan berbahaya melintasi negara bagian menuju Washington D.C. Bersama dua rekannya, Joel dan Sammy, serta seorang jurnalis muda bernama Jessie Cullen, mereka bertekad untuk menuju Washington D.C. dan mewawancarai Presiden AS sebelum pemberontak berhasil merebut kekuasaan. Namun perjalanan menuju Washington D.C., bukanlah perjalanan yang mudah, karena selama perjalanan, mereka terus dihantui oleh pertempuran sengit dan ancaman dari berbagai pihak di tengah perang yang semakin bergejolak.

Baca Juga: 10 Film Perang dengan Tokoh Utama Perempuan yang Tangguh dan Berani

4. A Private War (2018)

cuplikan dari film A Private War (2018) (dok. Aviron Pictures/A Private War)

A Private War merupakan sebuah film biografi yang menceritakan kehidupan jurnalis perang legendaris, Marie Colvin, yang berani meliput konflik di berbagai belahan dunia. Didorong oleh komitmennya untuk mengungkap kebenaran, Marie sering kali mempertaruhkan nyawanya di medan perang paling berbahaya. Film A Private War ini mengungkap perjalanan emosional dan fisik Marie saat ia berjuang melawan trauma pribadi sambil tetap fokus pada misinya.

Bersama fotografer Paul Conroy, Marie melaporkan kengerian yang terjadi di Suriah, mengungkap penderitaan warga sipil di tengah konflik brutal. Persahabatan mereka diuji oleh bahaya dan tekanan dari tugas berisiko tinggi ini. A Private War menghadirkan potret mendalam tentang keberanian, pengorbanan, dan dedikasi seorang jurnalis yang tak gentar menghadapi kengerian perang selagi berjuang melawan trauma-trauma yang dimilikinya.

Verified Writer

Abiyan Pasya Pamungkas

Masih Belajar Nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya