TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Senam Kegel: Penjelasan, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Coba dan rasakan sendiri manfaat jangka panjangnya

ilustrasi latihan Kegel (pexels.com/Anna Shvets)

Bagi sebagian orang, senam Kegel mungkin masih terdengar asing. Namun, sebenarnya ini populer dalam dunia persalinan, yang mana ini direkomendasikan oleh dokter kandungan. Senam kegel bermanfaat untuk menguatkan otot-otot dasar panggul ibu hamil sekaligus membantu pemulihan ibu pascapersalinan.

Tidak terbatas di situ saja, senam Kegel juga memberikan manfaat untuk laki-laki dan perempuan pada umumnya. Gerak tubuh yang melatih otot-otot dasar panggul dapat mendukung kesehatan organ reproduksi. Terutama di kalangan perempuan, senam Kegel yang sederhana dipercaya mampu merapatkan Miss V.

Mempelajari senam ini sangat mudah. Sekali kamu memahami teknik-tekniknya, maka kamu bisa melakukannya kapan pun dan di mana pun. Berikut ini ulasan cara mendapat manfaat senam Kegel yang telah dirangkum dari laman Healthline dan Mayo Clinic.

1. Mengenal senam Kegel

Penamaan "Kegel" berasal dari ginekolog Amerika Serikat yang mengembangkan latihan ini pertama kalinya. Gerakannya diciptakan dari perpaduan latihan mengepalkan dan melepaskan area panggul, yang akan membuat otot-otot dasar panggul lebih kuat.

Area dasar panggul terdiri dari rangkaian otot dan jaringan yang membentuk penopang di bagian bawah panggul. Seiring pertambahan usia dan beberapa kondisi khusus, kekuatan otot-otot dasar panggul bisa melemah.

Keadaan yang memicu pelemahan tersebut di antaranya kehamilan, persalinan, operasi, mengejan saat sembelit, batuk kronis, dan kelebihan berat badan. Mempraktikkan gerakan senam Kegel terbukti bisa membantu penguatan tubuh bagian bawah.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kondom yang Tersangkut di Dalam Vagina

2. Mengapa penting untuk melakukan senam Kegel

ilustrasi sembelit (freepik.com/gpointstudio)

Area tubuh bagian bawah yang menjadi perhatian senam Kegel memiliki fungsi vital bagi tubuh. Saat kamu memiliki dasar panggul yang lemah, ini dapat menyebabkan masalah dalam ketidakmampuan mengontrol usus atau kandung kemih. 

Berkurangnya kemampuan tubuh dalam mengontrol usus dan kandung kemih dapat membawa implikasi serius, seperti mengalami gejala-gejala ini:

  • Keluarnya urine saat bersin, tertawa, atau batuk (inkontinensia stres).
  • Kebocoran urine saat akan buang air kecil (inkontinensia mendesak).
  • Keluarnya tinja secara tiba-tiba (inkontinensia tinja).

Latihan Kegel secara rutin bisa membantu mengurangi keluhan-keluhan di atas.

3. Hal-hal yang harus diperhatikan

Sebelum melakukan senam Kegel, hal pertama yang harus dilakukan adalah menemukan otot dasar panggul. Ini bisa sedikit rumit. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menaruh jari yang sudah bersih ke dalam vagina dan coba hentikan aliran urine. Saat terasa kontraksinya, itu tandanya kamu telah menemukan otot panggul.

Jika merasa terlalu berisiko melakukannya sendirian, kamu bisa mencoba pelatihan biofeedback. Dalam prosedurnya, dokter akan memasukkan probe kecil ke dalam vagina atau memasang elektroda perekat di bagian luar vagina atau anus. Kemudian, kamu akan diminta untuk melakukan Kegel yang dipantau lewat monitor untuk mengetahui apakah kamu telah mengontraksikan otot yang tepat dan berapa lama kamu kamu bisa menahan kontraksi.

4. Cara melakukan senam Kegel untuk merapatkan Miss V

ilustrasi bersiap senam Kegel (pexels.com/cottonbro)

Agar bisa maksimal dalam mempraktikkan gerakan senam Kegel, inilah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Buang air kecil dahulu sebelum melakukan senam Kegel.
  • Cari tempat privat yang tenang sehingga akan membuatmu nyaman.
  • Langkah pertama, regangkan otot dasar panggul selama tiga hitungan. Kemudian rilekskan selama tiga hitungan juga. 
  • Ulangi gerakan tersebut selama 10 kali.
  • Praktikkan selama beberapa hari berikutnya sampai kamu bisa menahan otot panggul selama 10 hitungan.
  • Jika sudah terbiasa, kamu bisa lakukan senam Kegel tiga set dengan 10 pengulangan setiap sesinya.

Baca Juga: 7 Manfaat Senam Irama bagi Tubuh, Bikin Sehat dan Bahagia!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya