TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tips Mengatasi Perut Kembung saat Menstruasi, Atur Makan yang Utama

Atasi perut kembung saat menstruasi dengan tips mudah

Ilustrasi perempuan sakit perut kembung (pexels.com/@olly)

Menstruasi bukan hanya tentang kram dan perubahan suasana hati. Bagi banyak perempuan, perut kembung adalah gejala yang sangat umum dan mengganggu. Biasanya, hal ini terjadi akibat perubahan hormon selama siklus menstruasi yang memengaruhi sistem pencernaan dan menyebabkan retensi cairan serta penumpukan gas.

Untungnya, ada berbagai cara yang bisa membantu kamu mengatasi perut kembung agar tetap nyaman selama menstruasi. Apa saja yang harus dilakukan? Yuk, simak enam tips jitu untuk membantu mengurangi perut kembung saat menstruasi!

1. Mengurangi asupan garam

Ilustrasi garam dapur (pexels.com/@lorena-martinez)

Mengonsumsi garam berlebih dapat menyebabkan tubuh menahan lebih banyak air, yang pada akhirnya memicu perut kembung. Saat menstruasi, tubuh cenderung lebih sensitif terhadap makanan asin karena perubahan hormon estrogen dan progesteron. Akibatnya, kamu bisa merasa lebih kembung dan tidak nyaman karena retensi cairan yang meningkat.

Untuk mengurangi kembung, penting untuk memperhatikan asupan garam harian. Healthline merekomendasikan untuk mengganti makanan tinggi garam dengan makanan kaya potasium seperti pisang, alpukat, dan kentang. Potasium membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh, sehingga mengurangi retensi air dan rasa kembung yang mengganggu.

2. Banyak minum air

Ilustrasi perempuan minum air (pexels.com/@olly)

Kamu mungkin berpikir bahwa minum lebih banyak air justru akan membuat kembung semakin parah, tapi kenyataannya sebaliknya. Minum air yang cukup justru membantu tubuh melepaskan cairan berlebih dan mencegah retensi air. Saat tubuh terhidrasi dengan baik, ginjal berfungsi lebih optimal dan membuang kelebihan cairan yang bisa menyebabkan kembung.

Minum air juga membantu melancarkan pencernaan, sehingga bisa mencegah sembelit yang sering menjadi penyebab perut terasa penuh. Disarankan untuk minum setidaknya delapan gelas air per hari. Kamu juga bisa menambahkan irisan lemon atau mint ke dalam air untuk memberikan rasa yang menyegarkan sekaligus membantu proses detoksifikasi tubuh.

3. Hindari makanan yang menyebabkan gas

Ilustrasi ibu dan anak mengonsumsi roti gandum (pexels.com/@alex-green)

Beberapa makanan dapat memperburuk gejala kembung dengan cara memicu produksi gas dalam sistem pencernaan. Makanan seperti kacang-kacangan, brokoli, kubis, dan minuman bersoda dikenal sebagai makanan penghasil gas. Meskipun makanan tersebut memiliki banyak manfaat kesehatan, mereka bisa membuat perut terasa lebih kembung selama menstruasi.

Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang lebih ramah terhadap pencernaan seperti nasi, roti gandum, dan buah-buahan yang kaya serat. Menghindari pemanis buatan seperti sorbitol dan manitol juga bisa membantu, karena pemanis ini sering memperparah rasa kembung pada beberapa orang. Jadi, lebih baik hindari atau batasi makanan tersebut setidaknya selama periode menstruasi.

Baca Juga: 12 Pose Yoga untuk Meredakan Perut Kembung dan Begah, yuk Coba!

4. Berolahraga ringan

Ilustrasi perempuan sedang yoga (pexels.com/@elly-fairytale)

Meskipun rasanya berat untuk bergerak saat sedang menstruasi, melakukan olahraga ringan bisa sangat membantu mengurangi perut kembung. Aktivitas fisik dapat merangsang gerakan usus dan membantu melepaskan gas yang terperangkap di dalam perut. Selain itu, olahraga juga meningkatkan sirkulasi darah, yang membantu tubuh mengeluarkan kelebihan cairan melalui keringat.

Dilansir Medical News Today, aktivitas fisik juga mengurangi produksi hormon kortisol yang bisa memengaruhi pencernaan. Kamu bisa mencoba olahraga ringan seperti berjalan kaki, yoga, atau berenang selama 20--30 menit per hari. Aktivitas fisik ini bisa membuat tubuh terasa lebih ringan dan nyaman meskipun sedang menstruasi.

5. Konsumsi teh herbal

Ilustrasi perempuan minum teh herbal (pexels.com/@olly)

Teh herbal adalah salah satu solusi alami yang dapat membantu meredakan perut kembung selama menstruasi. Teh peppermint, misalnya, mengandung mentol yang bisa merelaksasi otot-otot di saluran pencernaan, sehingga mengurangi ketegangan dan gas yang menyebabkan perut terasa kembung. Peppermint juga memiliki sifat anti-spasmodik yang bermanfaat untuk mengurangi kram perut.

Selain itu, studi menyebutkan bahwa teh chamomile juga dapat membantu meredakan perut kembung karena memiliki sifat anti-inflamasi. Chamomile dapat menenangkan sistem pencernaan dan meredakan ketidaknyamanan selama menstruasi. Minum teh herbal hangat 2 hingga 3 kali sehari bisa menjadi cara yang menenangkan untuk mengatasi gejala menstruasi.

Verified Writer

Tiara Merdika

Freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya