TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Studi: 8 Minggu Berolahraga Tingkatkan Sensitivitas Insulin

Dapat meningkatkan metabolisme dan mengurangi lemak perut

ilustrasi gaya hidup sehat (unsplash.com/Dylan Gillis)

Resistansi insulin terjadi ketika tubuh tidak mampu merespon insulin, hormon yang diproduksi oleh pankreas. Alih-alih mengubah gula menjadi energi, sel tidak bereaksi, yang menyebabkan gula berlebihan dalam darah. 

Ketidakmampuan otak untuk merespons insulin dapat berdampak negatif pada metabolisme dan kebiasaan makan.

Penelitian baru yang dipublikasikan di jurnal JCI Insight menemukan bahwa olahraga selama 8 minggu meningkatkan sensitivitas insulin di otak pada orang dewasa dengan obesitas

1. Melibatkan 21 partisipan berusia antara 21 dan 59 tahun

ilustrasi olahraga (unsplash.com/ Anupam Mahapatra)

Untuk penelitian tersebut, peneliti mengamati 14 perempuan dan 7 laki-laki yang berusia antara 21 dan 59 tahun dengan indeks massa tubuh (IMT) 27,5–45,5 kg/m2 selama periode 8 minggu. Latihan selama 8 minggu ini termasuk latihan aerobik selama 1 jam, 3 kali seminggu.

Intensitas latihan pada partisipan didasarkan pada kebugaran individu. Mereka menggunakan MRI untuk mengukur sensitivitas insulin di otak sebelum dan sesudah latihan ketahanan. 

Metode ini juga dikombinasikan dengan pemberian insulin intranasal, sebelum dan sesudah intervensi. 

Baca Juga: Studi: Madu Murni Mengurangi Kolesterol dan Gula Darah

2. Olahraga tingkatkan sensitivitas insulin di otak

ilustrasi kadar gula darah (rush.edu)

Kelebihan lemak perut (jaringan adiposa viseral) merupakan salah satu faktor risiko utama terjadinya resistansi insulin.

Pada akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa program latihan tersebut dapat mengembalikan aktivitas insulin di bagian otak yang terhubung dengan rasa lapar dan kenyang. 

Dilaporkan bahwa latihan tersebut mengembalikan rasa lapar ke tingkat yang sama dengan seseorang yang memiliki IMT yang sehat. Selain itu, peningkatan sensitivitas insulin di otak meningkatkan metabolisme, mengurangi rasa lapar, dan mengurangi lemak perut. 

Baca Juga: Olahraga 150–600 Menit Seminggu Cegah Kematian Dini

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya