TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Studi: Paparan Logam Tingkatkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Paparan yang rendah pun memengaruhi kesehatan kardiovaskular

ilustrasi jantung (freepik.com/freepik)

Intinya Sih...

  • Paparan logam akibat polusi lingkungan dikaitkan dengan peningkatan penumpukan kalsium di arteri koroner.
  • Hasil penelitian ini menyoroti pentingnya mempertimbangkan paparan logam sebagai faktor risiko signifikan untuk aterosklerosis dan penyakit kardiovaskular.

Paparan logam akibat polusi lingkungan dikaitkan dengan peningkatan penumpukan kalsium di arteri koroner pada tingkat yang sebanding dengan faktor risiko tradisional seperti merokok dan diabetes, menurut sebuah studi dari Columbia University Mailman School of Public Health.

Temuan ini menyoroti pentingnya mempertimbangkan paparan logam sebagai faktor risiko signifikan untuk aterosklerosis dan penyakit kardiovaskular. Dan, ini dapat mengarah pada strategi pencegahan dan pengobatan baru yang menargetkan paparan logam.

Temuan studi ini dipublikasikan dalam Journal of the American College of Cardiology pada 18 September 2024.

Paparan logam merupakan faktor risiko baru untuk penyakit kardiovaskular

Aterosklerosis adalah kondisi ketika arteri menyempit dan mengeras karena penumpukan plak, yang dapat membatasi aliran darah dan menyebabkan terbentuknya gumpalan. Kondisi ini merupakan penyebab utama serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri perifer, bentuk penyakit kardiovaskular yang paling umum.

Aterosklerosis menyebabkan kalsium arteri koroner (KAK), yang dapat diukur secara non invasif dari waktu ke waktu untuk memprediksi kejadian jantung di masa mendatang.

Paparan terhadap polutan lingkungan seperti logam merupakan faktor risiko yang baru diketahui untuk penyakit kardiovaskular, tetapi belum banyak penelitian tentang hubungannya dengan KAK.

Baca Juga: Studi: Paparan Logam Beracun Bisa Membahayakan Ovarium

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya