TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tempat Tes DNA di Jakarta serta Kisaran Biayanya

Kalau penasaran dengan genetikmu bisa cek di sini

ilustrasi tes DNA (unsplash.com/National Cancer Institute)

Pengujian genetik atau yang kerap disebut sebagai tes DNA kerap dilakukan untuk mengetahui garis keturunan. Meski demikian, fungsi tes tersebut sebenarnya lebih dari itu. Dengan tes DNA, tim medis bisa mengidentifikasi perubahan gen, kromosom, atau protein yang mengonfirmasi atau menyingkirkan adanya kondisi genetik tertentu.

Berniat melakukannya? Kalau berada di Jakarta, tempat tes DNA di Jakarta berikut bisa jadi pilihan. Cek lokasi, besaran biaya, dan layanan yang disediakan dalam artikel berikut. 

Tes DNA di Jakarta

Pada dasarnya tes DNA dilakukan dengan mengamati gen, kromosom, hingga protein. Penyedia layanan akan mengambil sampel darah, rambut, kulit, jaringan, hingga cairan ketuban jika ibu hamil.

Nantinya, sampel tersebut akan dikirim ke laboratorium sebelum hasilnya dikirim dan dijelaskan oleh dokter. Jika kamu berlokasi di Jakarta dan berniat melakukan tes DNA, bisa coba datang ke tempat berikut. 

1. RS Mitra Keluarga Kemayoran

ilustrasi DNA (pixabay.com/Mirerek8)

Jaringan Rumah Sakit Mitra Keluarga menyediakan layanan tes DNA. Salah satunya di cabang Kemayoran. Kamu bisa mengecek jadwal ketersediaan pelaksanaan tes DNA melalui aplikasi konsultasi dokter virtual atau aplikasi RS Mitra Keluarga. Besaran biaya tes DNA di RS Mitra Keluarga Kemayoran mulai Rp11 jutaan, ya.

Lokasi: Jl. HBR Motik, RT.13/RW.6, Kb. Kosong, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Jakarta

2. RS Mitra Keluarga Kelapa Gading

Masih dari jaringan RS Mitra Keluarga, kamu juga bisa mendapatkan layanan tes DNA melalui cabang Kelapa Gading. Nantinya, tes DNA ini akan memeriksa DNA 16 lokus dengan biaya mulai dari Rp18 jutaan. 

Lokasi: Jl. Raya Gading Kirana No.Kav.2, RT.18/RW.8, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Jakarta 14

Baca Juga: Kisaran Biaya Tes DNA di Puskesmas, Lengkap dengan Fungsinya

3. RS Mitra Keluarga Kalideres

Tes DNA di Jakarta juga bisa dilaksanakan di RS Mitra Keluarga cabang Kalideres. Lebih spesifik, tes DNA dilakukan dengan menguji DNA 16 lokus untuk mendapatkan informasi terkait garis keturunan atau ada tidaknya potensi masalah kesehatan karena kelainan genetik. Biaya tes DNA di RS Mitra Keluarga Kalideres mulai Rp13 jutaan.

Lokasi: Jl. Peta Selatan No.1, RT.7/RW.11, Kalideres, Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat, Jakarta

4. Klinik Global Doctor Indonesia

ilustrasi DNA (pixabay.com/AstralEmber)

Global Doctor Indonesia merupakan bagian dari jaringan klinik medis di Asia yang menyediakan berbagai layanan kesehatan termasuk tes DNA. Klinik ini menyediakan berbagai jenis tes DNA, termasuk paternity test, maternity tes, NIPT, full siblings study dan half siblingship study. Biayanya pun bervariasi mulai Rp9,6 juta sampai Rp42,3 juta. 

Lokasi: Mampang Business Park, Jl. Tutty Alawiyah No.301 Blok B.37, RT.7/RW.2, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Jakarta 

5. Klinik Moegni

Terakhir, kamu bisa melakukan tes DNA di Jakarta di Klinik Moegni. Dibanding penyedia layanan lain, klinik ini menghadirkan penawaran dengan harga lebih terjangkau, mulai Rp3 juta sampai Rp8 juta. Kamu bisa melakukan reservasi melalui aplikasi penyedia layanan dokter virtual juga, lho.

Lokasi: Jl. Teuku Cik Ditiro No.45A, RT.10/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Jakarta

Informasi seputar tes DNA di Jakarta yang dijelaskan di atas merupakan perkiraan, ya. Detail lebih lengkapnya mungkin berubah sesuai ketentuan masing-masing penyedia layanan. Untuk keterangan lebih lanjut bisa bertanya via media sosial atau teleponnya, ya. 

Baca Juga: Apakah Imunisasi Merusak Sel dan DNA? Ini Jawabannya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya