TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tablet Tambah Darah untuk Remaja, Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Konsumsinya sesuaikan dengan kebutuhan, ya

ilustrasi minum obat (freepik.com/freepik)

Beberapa waktu ini, di media sosial, terutama X, ramai membicarakan konsumsi tablet tambah darah. Konon, tablet tersebut bisa membantu meningkatkan kesehatan, terlebih pada remaja perempuan yang berisiko mengalami anemia saat menstruasi, melansir Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung. 

Nah, kalau kamu mencari rekomendasi produk, berikut beberapa tablet tambah darah untuk remaja yang bisa didapat secara bebas. Namun, tetap tanyakan kepada dokter atau baca aturan minum dalam kemasan sebelum menggunakannya. 

Tablet tambah darah untuk remaja

Apa manfaat tablet tambah darah? Suplemen ini dapat memberikan tambahan asupan untuk memenuhi kebutuhan zat besi. Zat besi adalah mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Secara menyeluruh, konsumsi suplemen tersebut bisa membantu mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah.

Manfaat tersebut tidak hanya didapat oleh remaja perempuan saja, lho. Tablet tambah darah juga bisa memberikan efek positif pada tumbuh kembang anak, baik laki-laki maupun perempuan.

Ingin mendapatkan seluruh manfaatnya? Bisa coba mulai konsumsi tablet tambah darah berikut, ya.

1. Sangobion

ilustrasi tablet Sangobion (dok. Sangobion)

Kamu pasti tidak asing dengan merek tablet tambah darah satu ini. Sangobion merupakan suplemen dengan kandungan ferrous gluconate yang bermanfaat untuk mengobati atau mencegah rendahnya kadar zat besi dalam tubuh. Selain itu, dalam suplemen ini juga terdapat vitamin C, asam folat, vitamin B12, dan berbagai vitamin mineral lainnya. 

Aturan minumnya pun tidak memberatkan. Cukup sekali sehari dan bisa dikonsumsi sebelum ataupun setelah makan. Namun, kamu perlu memperhatikan asupanan yang dikonsumsi, karena beberapa makanan dapat memengaruhi absorpsi zat besi.

2. Blackmores Bio Iron Advanced

ilustrasi Blackmores Bio-Iron (dok. Blackmores)

Salah satu rekomendasi tablet tambah darah untuk remaja yang sering disebutkan adalah Blackmores Bio Iron Advanced. Sesuai namanya, suplemen ini mengaundung formula zat besi yang dibutuhkan tubuh guna mengangkut oksigen. Dari situs resminya, produk ini dikatakan mudah diserap tubuh. 

Dengan sistem tersebut, suplemen klaimnya mampu mengurangi risiko efek samping seperti rasa mual, sembelit, dan dapat ditoleransi sistem pencernaan. Selain itu, komposisinya pun cocok untuk vegan maupun vegetarian. 

3. Maltofer Chewable Tablet

ilustrasi Maltofer Chewable Tablet (tokopedia.com/Combiphar Official Store)

Suka skip minum tablet tambah darah karena bentuknya kapsul atau pil besar? Jika demikian, bisa coba Maltofer Chewable Tablet ini. Sesuai namanya, obat ini bisa kamu kunyah atau ditelan dan tidak menimbulkan rasa pahit. Meski bentuknya berbeda, kandungannya suplemen tambah darah tetap sama, yakni zat besi Iron (III)-Hydroxide Polymaltose Complex 100 mg. 

Obat ini dapat kamu konsumsi segera setelah makan atau bersamaan dengan menu makan siangmu. Maltofer Chewable Tablet pun dikatakan bisa untuk anak-anak di atas 12 tahun alias remaja dan ibu hamil. Jangan lupa lihat aturan minum pada kemasan!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Asam Folat untuk Ibu Hamil, Bantu Penuhi Nutrisi

4. Ferospat Eff Tablet

ilustrasi tablet tambah darah (dok. Viva Apotek Official Shop)

Ferospat Eff Tablet bukan sembarang tablet tambah darah untuk remaja. Suplemen ini mengandung kombinasi zat besi, vitamin B12, vitamin C, folat, dan beberapa jenis mineral lainnya. Oleh karenanya, tablet tambah darah ini bisa membantu mengurangi risiko anemia pada remaja, terutama perempuan, ibu hamil dan menyusui, hingga lansia.

Komposisi per tabletnya ada Fe pyrophosphate mikroenkapsulasi 175 mg, manganese sulfate, cupric sulfate, dan vitamin lainnya. Untuk mengonsumsinya, cukup larutkan Ferospat Eff Tablet ke dalam segelas air, lalu minum setelah makan. 

5. Folavit

ilustrasi tablet tambah darah (dok. GoApotek)

Folavit merupakan suplemen dengan kandungan 400 mcg asam folat. Lantas, kenapa produk ini dimasukkan ke dalam daftar tablet tambah darah untuk remaja? Nah, senyawa asam folat ternyata juga diperlukan untuk memproduksi sel darah merah yang sehat. Kandungan tersebut sangat penting guna meningkatkan kadar darah dalam tubuh. 

Tablet Folavit sendiri merupakan jenis vitamin B yang dibutuhkan tubuh untuk mengatasi kekurangan asam folat dan jenis anemia tertentu. Kamu bisa mengonsumsinya sekitar 1-2 tablet sehari sebelum atau setelah makan.

6. Ferobion Tablet

ilustrasi tablet tambah darah (dok. PT Elimpex)

Rekomendasi tablet tambah darah untuk remaja berikutnya adalah Ferobion Tablet. Obat yang diproduksi oleh PT Elimpex klaimnya dapat mengatasi masalah anemia akibat kekurangan zat besi, anemia pasca trauma, anemia pertumbuhan dan usia lanjut, kehamilan, dan malnutrisi. 

Komposisi utamanya adalah Fe fumarate 250 mg, folid acid 1 mg, kombinasi berbagai vitamin B dan vitamin C, nicotinamide, Ca pantothenate, lysine, dan sorbitol. Untuk konsumsinya, disarankan 1-2 tablet per hari sesuai usia dan kebutuhan. Konsumsinya bisa setelah makan, ya. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya