TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kandungan Kulit Manggis dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Apakah bagus untuk tubuh?

ilustrasi manggis dan kulitnya (freepik.com/jcomp)

Buah manggis merupakan salah satu buah khas Asia Tenggara. Selain dikonsumsi bagian dagingnya, kulit buah manggis pun kerap dimanfaatkan. Dahulu bahkan pernah populer dengan produk ekstrak kulit manggis karena dianggap menyehatkan bagi tubuh.

Dari banyak penelitian, kandungan kulit manggis pun dikatakan kaya akan nutrisi. Konsumsi olahan kulit manggis dikatakan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa benar?

Kandungan kulit manggis

ilustrasi manggis (pixabay.com/4537668)

Jika kamu mengonsumsi manggis, ada baiknya tidak membuang kulitnya begitu saja. Pasalnya, kulit buah dengan nama latin Garcinia mangostana ini dikatakan memiliki sejumlah kandungan yang bernutrisi untuk tubuh.

Studi dalam Journal of Food Science and Technology menyebutkan bahwa kulit manggis merupakan sumber antioksidan fenolik alami. Kandungan di dalamnya termasuk asam fenolik dan flavonoid yang bersifat sebagai antioksidan. 

Selain itu, ekstrak dari kulit manggis diketahui mengandung epikatekin dan tanin, melansir studi dalam jurnal Cosmetics. Penelitian phytocemical juga menemukan kandungan saponin dan xanthone dalam ekstrak kulit manggis. Keseluruhannya dikatakan memiliki efek baik bagi tubuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil, Makan Rutin yuk!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya