TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tips Memberikan Obat Flu Sirop pada Anak yang Rewel

Ada dua cara yang bisa dilakukan orang tua

ilustrasi obat sirop kering (IDN Times/Rifki Wuda Sudirman)

Dalam menjalani peran sebagai orang tua, salah satu tantangan utama yang sering dihadapi adalah ketika anak terserang flu. Tak hanya mengganggu kenyamanan si kecil, itu juga membuat kekhawatiran tersendiri bagi orang tua. 

Terlebih lagi, kasus gagal ginjal akut yang disebabkan oleh etilen glikol dan dietilen glikol tahun 2022 menambah kekhawatiran akan konsumsi obat sirop anak. Ini menjadi latar belakang PT Tempo Scan Pacific meluncurkan Bodrexin Flu & Batuk PE Dry Syrup. 

Dalam acara peluncurannya pada Senin (22/4/2024), dr. Melia Yunita, M.Sc., SpA, dokter spesialis anak, turut memberikan sejumlah tips dalam memberikan obat flu pada anak. 

1. Kasus ISPA yang meningkat menjadi kekhawatiran orang tua

ilustrasi anak sakit (pexels.com/MART PRODUCTION)

Dokter Melia menjelaskan bahwa salah satu yang menjadi kekhawatiran para orang tua saat ini adalah tingginya tren kasus infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) di Indonesia.

Bahkan, dalam kurun waktu Januari hingga September 2023, kasus ISPA mencapai sekitar 1,5–1,8 juta kasus secara nasional.

Menurut penjelasan dr. Melia, sistem kekebalan tubuh pada anak masih belum maksimal, sehingga orang tua disarankan untuk lebih hati-hati dalam menjaga kesehatan anak. Selain itu, infeksi yang menyerang anak berpotensi menjadi lebih parah. 

"Tak dapat dimungkiri, faktanya sistem imunitas anak pada usia tumbuh kembang memang belum terbentuk sempurna seperti orang dewasa. Akibatnya, ini membuat virus dan kuman penyebab penyakit menjadi lebih mudah menyerang dan mengakibatkan anak sakit," jelas dr. Melia. 

2. Obat sirop kering tidak mengandung pelarut kimia

ilustrasi obat sirop kering (unsplash.com/Indivar Kaushik)

Ada berbagai bentuk obat yang tersedia untuk membantu meredakan sakit pada anak, seperti tablet, sirop, dan dry syrup atau sirop kering.

Menurut pemaparan dr. Melia, inovasi obat dalam bentuk sirop kering awalnya dibuat untuk menyiasati bahan-bahan yang tidak stabil terhadap air dalam jangka waktu lama.

Sirop kering tersedia dalam bentuk bubuk dan dilarutkan menggunakan air matang untuk diminum. Dry syrup kini menjadi salah satu alternatif bagi orang tua yang ingin menghindari obat sirop cair. 

"Selain mudah dalam proses melarutkannya, dry syrup juga sudah terbukti aman karena tidak mengandung pelarut propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, dan/atau gliserin gliseroldan," tambah dr. Melia.

Baca Juga: Studi: Orang yang Berpendidikan Tinggi Hidup Lebih Lama

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya