TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polusi Berdampak Buruk pada Kesehatan Kulit, Ini Saran Dokter

Sunscreen jangan sampai lupa dipakai!

ilustrasi wajah berjerawat (vecteezy.com/Phanithi Siriwong)

Kualitas udara yang buruk di beberapa kota di Indonesia telah menyebabkan kekhawatiran bagi banyak orang. Polusi udara tentunya bisa memberikan dampak yang beragam untuk kesehatan, mulai dari sistem pernapasan hingga memicu radang di kulit. 

Menanggapi hal ini, IDN Times menghadirkan dr. Listya Paramita, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin dalam program Health Talk yang disiarkan langsung di Instagram @idntimes pada Kamis (7/9/2023).

1. Polusi bercampur dengan paparan sinar matahari

ilustrasi polusi udara (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Polusi udara akan sangat berdampak pada kulit, terlebih jika polusi diperparah dengan paparan sinar matahari yang bisa merusak kulit, seperti sinar ultraviolet (UV) A dan UVB.

"Polusi itu bukan cuma polusi doang ya, ada juga paparan sinar matahari. Kalau kita di luar rumah itu udah nyampur semuanya. Jadinya double kill itu ke kulit," jelas dr. Listya.  

Dokter Listya menjelaskan bahwa polusi udara bisa berasal dari berbagai macam sumber. Tidak hanya dari aktivitas pabrik dan kendaraan, tetapi polusi udara juga bisa berasal dari aktivitas manusia seperti membakar sampah atau memasak menggunakan kayu. Jenis polusi tersebut juga bisa memicu masalah kulit

Baca Juga: Dokter Sarankan Skrining Kesiapan sebelum Olahraga, Ini Alasannya

2. Dampak polusi udara bagi kesehatan kulit

ilustrasi masalah kulit (freepik.com/freepik)

Polusi memiliki banyak dampak terhadap kesehatan kulit. Untuk orang memiliki kulit sensitif, polusi udara bisa memicu reaksi alergi. Beberapa masalah kulit yang bisa disebabkan oleh polusi udara termasuk jerawat, eksem, kulit kering, dan masalah skin barrier

"Polusi itu juga memiliki ukuran yang beragam ya. Ini diukur dengan particulate matter (PM). Kalau partikel polusinya makin kecil, jadi lebih mudah untuk masuk ke kulit," jelas dr. Listya. 

Jerawat menjadi masalah kulit yang paling banyak terjadi akibat polusi udara. Ini khususnya banyak terjadi bagi orang-orang lama yang bekerja di luar ruangan. 

Baca Juga: Cara Olahraga yang Tepat saat Udara Berpolusi, Ini Saran Dokter

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya