TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Manfaat Jalan Kaki 5.000 Langkah per Hari

Bisa membantu menjaga kesehatan jantung

ilustrasi jalan kaki (unsplash.com/Sincerely Media)

Intinya Sih...

  • Jalan kaki 5.000 langkah setiap hari mungkin terlihat sederhana, tetapi manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan pikiran sangat besar, apalagi jika dilakukan secara rutin.
  • Berjalan kaki 5.000 langkah setiap hari dapat meningkatkan kesehatan jantung.
  • Manfaat lainnya termasuk pengendalian berat badan dan peningkatan kesehatan mental.

Jalan kaki merupakan aktivitas fisik sederhana yang bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Meskipun terlihat sederhana, tetapi jalan kaki memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan pikiran.

Tidak ada anjuran khusus untuk angka ideal jumlah jalan kaki per hari. Namun, kamu bisa menentukan goal langkah harian pada angka 5.000. Setelah itu, kamu bisa meningkatkan jumlah langkah harian secara bertahap. Berikut manfaat jalan kaki 5.000 langkah setiap hari. 

1. Meningkatkan kesehatan jantung

ilustrasi kesehatan jantung (freepik.com/freepik)

Berjalan kaki sebanyak 5.000 langkah setiap hari bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Aktivitas fisik ini bisa memperbaiki sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Menurut penelitian, orang yang rutin berjalan kaki memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan mereka yang kurang aktif.

Selain itu, berjalan kaki juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (high-density lipoprotein/HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (low-density lipoprotein/LDL) dalam darah.

2. Membantu mengontrol berat badan

Salah satu manfaat utama dari berjalan kaki adalah membantu mengontrol berat badan. Dengan berjalan kaki sebanyak 5.000 langkah sehari, tubuh bisa membakar kalori yang cukup signifikan. Ini bisa membantu dalam proses penurunan atau pemeliharaan berat badan.

Selain itu, berjalan kaki juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kalori yang terbakar akan lebih efektif. Kebiasaan ini juga bisa menjadi alternatif yang lebih ringan dan mudah dilakukan dibandingkan olahraga intens lainnya.

Baca Juga: Penyebab Kram Kaki setelah Latihan Squat

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya