TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa yang Terjadi jika Laki-Laki Minum Susu Ibu Hamil?

Ternyata, ada risikonya, lho!

ilustrasi meminum susu. (freepik.com/katemangostar)

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi, ibu hamil disarankan untuk minum susu khusus ibu hamil. Pasalnya, susu khusus kehamilan mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu dan calon bayi yang berada di dalam kandungan. Vitamin dan mineral tersebut di antaranya asam folat, zat besi, vitamin D, dan lain sebagainya.

Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya, apa yang terjadi jika susu ibu hamil diminum oleh laki-laki? Meski terdengar tak masuk akal, pertanyaan tersebut sukses mengundang rasa penasaran. Oleh sebab itu, untuk menjawabnya, yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Mengenal nutrisi yang terkandung di dalam susu ibu hamil

ilustrasi meminum susu. (freepik.com/KamranAydinov)

Susu mengambil peran penting untuk mendukung masa kehamilan. Saat ini, banyak merek susu ibu hamil di pasaran. Meski berbeda merek, nutrisi yang terkandung di dalam susu ibu hamil kebanyakan hampir sama.

Mengutip dari laman Hermina Hospitals, kalsium dan protein yang terkandung di dalam susu merupakan nutrisi yang paling penting untuk ibu hamil. Kalsium adalah mineral penting yang dibutuhkan selama kehamilan karena berkontribusi pada pembentukan tulang dan gigi serta menjaga kesehatan tulang ibu. Kemudian, protein juga berperan penting dalam perkembangan janin dan pertumbuhan jaringan tubuh.

Selain kalsium dan protein, beberapa nutrisi penting yang terkandung di dalam susu ibu hamil di antaranya:

  • Asam folat
  • Vitamin D
  • Zat besi
  • DHA (salah satu jenis asam lemak omega-3)

Nutrisi-nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mendukung masa kehamilan. Kebutuhan harian vitamin serta mineral di atas bisa dipenuhi dengan meminum satu gelas susu khusus ibu hamil. Selain dapat membantu tumbuh kembang janin, susu ibu hamil juga bisa menjaga daya tahan ibu selama masa kehamilan.

2. Perbedaan susu ibu hamil dan susu biasa

ilustrasi susu (freepik.com/Freepik)

Pada dasarnya, perbedaan susu ibu hamil dan susu biasa bisa dilihat dari jumlah nutrisi yang terkandung di dalamnya. Susu ibu hamil cenderung memiliki jumlah vitamin dan mineral yang lebih besar dibandingkan susu biasa. Ini karena susu tersebut secara khusus diperuntukkan kepada ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan.

Selain itu, kandungan lemak dan kolesterol pada susu ibu hamil cenderung lebih sedikit dibandingkan susu biasa. Ini lantaran, sebagaimana yang dilansir The College of William & Mary, susu susu rendah lemak merupakan pilihan yang lebih sehat untuk ibu hamil. Jadi, perempuan yang tengah mengandung lebih dianjurkan untuk mengonsumsi susu ibu hamil dibandingkan susu biasa.

Baca Juga: Apa Itu Susu Ikan dan Manfaatnya untuk Kesehatan? Ini Kata Ahli Gizi

Verified Writer

Mutiara Ananda

From the sea who love everything in the sky.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya