TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan, Buah yang Sering Dibuat Kolak

Si kuning kaya manfaat

hellosehat.com

Labu kuning hadir menyemarakkan Ramadan lewat sajian kolak. Ditemani kolang kaling atau pisang, kolak labu kuning selalu laris manis saat dijadikan takjil. Meski tak hanya muncul saat Ramadan, nyatanya menu kolak labu tidak pernah membosankan. Bukan hanya enak saat jadi menu takjil favorit, ternyata labu kuning juga kaya manfaat. Berikut ini beberapa manfaat labu kuning untuk kesehatan tubuh kita.

1. Memelihara sistem pencernaan

pixabay.com/silviarita

Tak banyak yang tahu kalau labu kuning merupakan buah yang bisa mencegah sembelit. Hal ini dikarenakan kandungan serat dalam labu kuning cukup tinggi hingga mampu menjaga kerja sistem pencernaan kita. Selain itu, labu kuning juga mengandung antioksidan yang bukan hanya dapat memelihara sistem pencernaan tapi juga dapat menangkal radikal bebas. 

2. Menjaga kesehatan jantung

hellosehat.com

Kandungan kalium dalam labu kuning dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, labu kuning juga mengandung serat dan vitamin C sebagai suplai nutrisi pemelihara kesehatan jantung. Serat dapat mencegah kolesterol jahat yang mungkin saja menumpuk akibat pola makan yang tidak sehat. Sedangkan vitamin C merupakan salah satu sumber antioksidan yang mampu memcegah kerusakan sel.

Baca Juga: 6 Manfaat Labu Kuning, Sajian Lezat Saat Buka Puasa 

3. Membantu menurunkan berat badan

pexels.com/Public Domain Pictures

Bagi yang ingin tetap menjalani diet sehat selama Ramadan, ada baiknya rutin mengonsumsi labu kuning. Hal ini dikarenakan labu kuning akan lama diserap oleh pencernaan hingga dapat memberi efek kenyang yang lebih lama. Bukan hanya itu, labu kuning ternyata juga rendah kalori hingga memang cocok dijadikan menu diet sehat demi menurunkan berat badan.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

pijarpsikologi.org

Saat sistem imun melemah, kita akan mudah terserang berbagai penyakit. Salah satu solusi sehat adalah dengan rutin mengonsumsi labu kuning. Kandungan vitamin A dalam labu kuning ternyata dapat membantu tubuh melawan infeksi, virus, dan penyakit menular yang datang akibat lemahnya imunitas. Selain itu, labu kuning kaya akan vitamin C yang dapat membantu kita pulih dari pilek lebih cepat. 

Baca Juga: 5 Olahan Labu Kuning untuk Hidangan Buka Puasa, Praktis!

Verified Writer

T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya