TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Berapa Jam Jeda Waktu setelah Makan Boleh Tidur?

Tunggu sampai isi perut bergerak ke usus halus

ilustrasi makan bareng (pexels.com/cottonbro studio)

Intinya Sih...

  • Tunggu beberapa jam setelah makan sebelum tidur agar pencernaan berjalan optimal.
  • Makan terlalu dekat dengan waktu tidur dapat menyebabkan tekanan di lambung meningkat, kurang tidur, dan bahkan penambahan berat badan.

Perut kenyang setelah makan kadang memicu rasa kantuk. Akibatnya, banyak orang memilih untuk rebahan atau tidur setelah makan.

Padahal, langsung tidur setelah makan tidak disarankan karena dapat berdampak negatif bagi tubuh. Kamu disarankan untuk menunggu beberapa jam setelah makan jika ingin tidur. Berapa jam jarak setelah makan boleh tidur? 

Waktu terbaik untuk tidur setelah makan

Aturan umumnya, kamu disarankan untuk menunggu sekitar tiga jam untuk tidur setelah makan.

Contohnya, kalau kamu makan pada jam 7 malam, cobalah untuk menunggu sampai jam 10 malam untuk tidur. Jeda waktu ini memungkinkan terjadinya proses pencernaan dan memberi waktu bagi isi perut untuk bergerak ke usus halus.

Sistem sirkadian tubuh (ritme tidur-bangun), mempersiapkan tubuh agar lebih efisien dalam mencerna, menyerap, dan memetabolisme makanan pada awal hari. Oleh karena itu, sebaiknya makan makanan yang lebih banyak pada paruh pertama hari, lalu makan makanan bergizi yang lebih sedikit pada malam hari, beberapa jam sebelum tidur.

Baca Juga: Perlukah Minum Segelas Air Putih sebelum Tidur?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya