TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Mudah Deteksi Dini Gangguan pada Mata

Bisa dengan tes hitung jari

ilustrasi pemeriksaan mata (pexels.com/Ksenia Chernaya)

Intinya Sih...

  • Deteksi dini masalah mata sangat penting untuk mencegah komplikasi yang lebih serius, yaitu dengan tes hitung jari dengan jarak tertentu.
  • Namun, perlu diingat bahwa ini bukanlah pengganti pemeriksaan oleh dokter mata. Pemeriksaan mata menyeluruh oleh dokter mata jauh lebih akurat daripada tes di rumah, dan bahkan dapat mendeteksi masalah kesehatan yang mendasari di bagian tubuh lain.

Menjaga kesehatan mata dan penglihatan sangat penting karena gangguan penglihatan dapat dialami oleh siapa pun. Deteksi dini masalah mata sangat penting untuk mencegah komplikasi yang lebih serius. 

Ada beberapa cara untuk mendeteksi dini gangguan pada mata. Namun, perlu diingat bahwa ini bukanlah pengganti pemeriksaan oleh dokter mata. Pemeriksaan mata menyeluruh oleh dokter mata jauh lebih akurat daripada tes di rumah, dan bahkan dapat mendeteksi masalah kesehatan yang mendasari di bagian tubuh lain.

Kamu bisa mencoba langkah-langkah pemeriksaan sederhana deteksi gangguan penglihatan rekomendasi Kementerian Kesehatan RI berikut ini:

1. Pemeriksaan dengan jarak

Langkah 1 - Pemeriksaan Dengan Jarak (ayosehat.kemkes.go.id)

Mengambil jarak 6 meter atau setara dengan 20 langkah normal orang dewasa dari orang yang akan diperiksa. Pastikan pemeriksa dan yang diperiksa berhadapan, dan langkah kaki yang diambil adalah langkah biasa, tidak berlari atau melompat.

2. Hitung jari

Langkah 2 - Hitung Jari (ayosehat.kemkes.go.id)

Lakukan hitung jari dimulai dari mata kanan sambil menutup mata kiri dengan telapak tangan. Lanjutkan pemeriksaan yang sama pada mata kiri. Pastikan bahwa jari pemeriksa dan mata yang diperiksa sejajar, tidak lebih tinggi atau lebih rendah. 

Mata yang tidak diperiksa harus ditutup dengan telapak tangan, jangan menekan bola mata, dan jari tangan pemeriksa saat melakukan pemeriksaan hitung jari tidak boleh berurutan.

Baca Juga: Seberapa Sering Harus Periksa Mata?

3. Hitung jawaban benar

Langkah 3 - Hitung Jawaban Benar (ayosehat.kemkes.go.id)

Hitung berapa kali orang yang diperiksa bisa menjawab dengan benar, yaitu menghitung jari yang kamu tunjukkan pada masing-masing mata secara berturut-turut.

Jika orang yang diperiksa dapat menjawab dengan benar 3 kali berturut-turut pada kedua mata, maka tidak ada gangguan penglihatan yang mencurigakan.

4. Antar segera

Antar segera jika dalam pemeriksaan tersebut terdapat kesalahan, dicurigai ada gangguan penglihatan. Nantinya, dokter mata akan melakukan pemeriksaan kembali untuk memastikan apakah ada gangguan penglihatan yang perlu diidentifikasi.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya