TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apakah Bubuk Kopi Bisa Menghilangkan Karang Gigi?

Cuma dokter gigi yang bisa membersihkan karang gigi

ilustrasi scaling gigi (pexels.com/Anna Shvets)

Intinya Sih...

  • Karang gigi hanya bisa dibersihkan oleh dokter gigi, bukan dengan bubuk kopi atau bahan alami lainnya.
  • Karang gigi terbentuk dari plak yang mengeras dan tidak bisa dihilangkan dengan menyikat gigi atau membersihkannya dengan benang gigi.
  • Mengikis karang gigi sendiri di rumah berisiko merusak email gigi dan menyebabkan infeksi, sebaiknya jadwalkan janji temu dengan dokter gigi.

Banyak orang mencoba membersihkan karang gigi sendiri di rumah. Misalnya dengan menggunakan baking soda, cuka putih, atau kulit jeruk. Lantas, bagaimana dengan bubuk kopi, apakah ini bisa menghilangkan karang gigi?

Plak dan karang gigi

ilustrasi bubuk kopi (pexels.com/Peter)

Kalau membicarakan karang gigi, kamu perlu memahami plak gigi terlebih dulu. Plak adalah lapisan lengket bakteri yang terbentuk pada gigi, baik di atas maupun di bawah garis gusi. Jika saat mengusap gigi dengan lidah dan gigi terasa berbulu, yang kamu rasakan itu adalah lapisan plak.

Di mulut kita ada bakteri, dan ini dibutuhkan untuk membantu mencerna dan menyerap makanan. Saat makan, bakteri di mulut memulai proses pencernaan dengan memecah gula dan karbohidrat. Karbohidrat yang sebagian terurai ini membentuk bagian utama dari lapisan lengket dan asam yang membentuk plak.

Kalau tidak dibersihkan, plak bisa mengeras dan menyebabkan gigi berlubang, penyakit gusi, dan masalah lain pada gigi dan gusi. Kabar baiknya, plak bisa disingkirkan dengan membersihkan dan menyikat gigi setiap hari dan pembersihan gigi profesional dengan dokter gigi.

Karang gigi atau kalkulus gigi adalah plak yang mengeras. Plak apa pun yang tidak kamu singkirkan dengan membersihkan dan menyikat gigi akan mengeras seiring waktu menjadi karang gigi.

Karang gigi terbentuk dari bakteri mati dan ludah yang telah mengalami mineralisasi menjadi kalsium fosfat, kalsium karbonat, dan magnesium fosfat. Karang gigi tidak dapat dihilangkan dengan menyikat gigi dan membersihkannya dengan benang gigi. Karang gigi hanya bisa dibersihkan oleh dokter gigi dengan peralatan khusus.

Karang gigi dapat terlihat seperti noda kuning, cokelat, atau hitam pada gigi, terutama di sekitar garis gusi.

Baca Juga: Karang Gigi Lepas Sendiri, kok Bisa?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya