TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Selain Menyenangkan, Simak 5 Manfaat Bermain Trampolin Bagi Tubuh

Gunakan mini trampolin agar lebih mudah

Pixabay.com/Bruloos

Trampolin merupakan salah satu permainan yang menyenangkan. Bukan hanya anak kecil, orang dewasa pun dapat memainkan permainan ini. Kamu dapat bergerak bebas dengan melompat-lompat. Selain itu, bermain di trampolin dapat dijadikan olahraga rutin yang bermanfaat bagi tubuh.

Ternyata ada manfaat luar biasa yang kamu dapatkan jika sering bermain trampolin. Untuk kamu yang suka fitness, layak mencoba permainan menyenangkan ini.

Apa saja sih manfaat dari permainan trampolin? Simak yuk!

1. Membuang racun dalam tubuh

Pixabay.com/FotoRieth

Gerakan melompat di trampolin dapat membuang racun dalam tubuh. Sistem limfatik yang naik turun dapat terbebas dari zat-zat berbahaya. Jantung yang memompa darah bergerak secara efektif ketika kita melakukan gerakan melompat secara berulang. Gerakan tubuh itu pun berpengaruh pada cairan limfatik yang terdorong saat kamu melompat. Permainan ini sangat efektif dalam membuang racun pada sistem getah bening.

Baca Juga: 5 Kesalahan Olahraga Ini Harus Ditinggalkan, Bikin Sendi Bahaya!

2. Menguatkan struktur tulang dan sendi

Pixabay.com/Skittetphoto

Bermain trampolin dapat membantu memperkuat struktur tulang dan sendi. NASA melakukan latihan melompat bagi astronot yang telah bertugas di tempat bergravitasi rendah. Hal ini dibutuhkan untuk mengembalikan struktur tulang dan sendi pada astronot. Untuk itu, bermain trampolin dapat kamu coba menjadi latihan rutin yang dapat memperkuat susunan tulangmu. Permainan ini pun sangat mudah dilakukan dibandingkan olahraga berat lainnya.

3. Menjaga kesehatan jantung

Pixabay.com/4993578

Menjaga kesehatan kardiovaskuler sangat penting bagi manusia. Bermain trampolin dapat membantumu menjaga kesehatan jantung. Detak jantung lebih cepat ketika kamu melakukan gerakan lompat secara berulang. Hal ini membuat darah yang mengalir melalui jantung berjalan lancar. Jika darah lancar, maka resiko terkena penyakit stroke dan tekanan darah tinggi akan mudah diminimalisir.

4. Menurunkan berat badan

Pixabay.com/Arupert88

Gerakan melompat berulang-ulang dapat menurunkan berat badan. Saat bermain trampolin, lemak dalam tubuh akan dibuang lewat keringat. Olahraga ini cukup mudah untuk kamu yang mau memiliki berat badan ideal. Tidak hanya membuang lemak, latihan ini pun sangat menyenangkan.

Selain itu, ini dapat menjadi latihan yang lebih ringan daripada pergi ke gym. Menempatkan mini trampolin di rumah akan membantu dalam menurunkan berat badan.

Baca Juga: 6 Olahraga Ini Dapat Mengatasi Lemak Berlebih Akibat Menu Lebaran

Verified Writer

Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya