TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rekomendasi Susu untuk Pasien Penyakit Asam Lambung

Pilihlah susu rendah lemak

ilustrasi minum susu (pexels.com/cottonbro studio)

Intinya Sih...

  • Susu rendah lemak dapat meredakan gejala heartburn karena tidak mengandung lemak yang dapat memperburuk refluks asam.
  • Pengganti susu hewani seperti susu kedelai, almond, beras, gandum, atau mete juga bisa menjadi pilihan alternatif.
  • Bukti ilmiah menunjukkan bahwa susu bukanlah solusi jangka panjang untuk mencegah atau meredakan heartburn yang berulang.

Susu sering dianggap dapat meredakan nyeri ulu hati atau heartburn. Namun, kamu harus tahu bahwa susu tersedia dalam berbagai jenis, seperti susu murni dengan jumlah lemak tinggi, susu dengan kandungan lemak 2 persen dan susu skim, atau susu tanpa lemak.

Lemak dalam susu dapat memperburuk refluks asam. Jadi, susu tanpa lemak dapat bertindak sebagai penyangga sementara antara lapisan lambung dan isi lambung yang asam serta memberikan kelegaan dari gejala heartburn.

Baca Juga: Perbedaan Susu Evaporasi dan Kental Manis

Alternatif susu murni

Produk susu menjadi pemicu umum gejala asam lambung. Banyak orang mengecualikan produk susu, terutama produk berlemak dari menu makanan mereka untuk menghilangkan gejala tersebut.

Susu juga dapat memperparah heartburn jika dikonsumsi dalam keadaan perut kenyang. Perut yang terlalu penuh memberikan tekanan yang tidak semestinya pada lower esophageal sphincter (LES) sfingter esofagus bagian bawah, yaitu katup otot yang menjaga asam di lambung.

Ketika LES tidak berfungsi, asam lambung dapat mengalir kembali ke kerongkongan, menyebabkan rasa tidak nyaman yang berhubungan dengan heartburn. Oleh karena itu, konsumsi produk susu saat perut kenyang kemungkinan besar tidak akan meredakan sakit, malah bisa saja memperburuk gejala.

Jadi, jika merasakan heartburn setelah mengonsumsi produk susu, mungkin dapat meredakannya melalui pengganti susu. Beberapa pengganti susu hewani yang lebih umum meliputi:

  • Susu kedelai.
  • Susu almond.
  • Susu beras.
  • Susu gandum.
  • Susu mete.

Semua produk susu alternatif di atas mengandung magnesium, mineral penting lainnya dalam produk susu.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya