TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Malam Hari

Pernapasan lega, tidur pun nyenyak

ilustrasi hidung tersumbat (freepik.com/Freepik)

Intinya Sih...

  • Hidung tersumbat di malam hari dapat mengganggu tidur.
  • Pemicu alergen seperti serbuk sari, bulu hewan, debu, dan asap rokok bisa menyebabkan hidung tersumbat pada malam hari.
  • Menjaga posisi tidur tegak, melakukan pembilasan hidung dengan air garam, menggunakan nasal strip, atau menyalakan humidifier dapat membantu meredakan hidung tersumbat.

Ketika lapisan hidung membengkak karena alergi atau penyakit, kamu mungkin mengalami hidung berair atau tersumbat yang dapat membatasi jumlah udara yang mengalir melalui lubang hidung.

Penyumbatan hidung biasanya memburuk saat berbaring, sehingga bisa mengganggu tidur dan meningkatkan risiko mendengkur serta gangguan pernapasan terkait tidur, seperti obstructive sleep apnea (OSA).

Tahu cara mengobati hidung tersumbat di malam hari bisa membantu kamu bernapas lebih lega dan tidur pun lebih nyenyak.

1. Hindari pemicu alergi

ilustrasi hidung tersumbat (pexel.com/Andrea Piacquadio)

Beberapa orang sensitif terhadap alergen dan pemicu lingkungan lainnya yang dapat menyebabkan gejala pernapasan seperti hidung tersumbat atau meler. Menghindari pemicunya dapat mencegah hidung tersumbat pada malam hari.

Contoh pemicunya antara lain:

  • Serbuk sari.
  • Bulu hewan peliharaan.
  • Debu.
  • Jamur.
  • Asap dari rokok atau kompor.
  • Produk pembersih.
  • Knalpot mobil.
  • Produk beraroma.

Pemicu alergen dapat ditemukan di seprai, di bawah tempat tidur, di dalam dan di bawah meja rias, di tirai, dan di karpet, di antara berbagai tempat lainnya.

Lendir di hidung akan menjebak alergen. Jika saluran hidung teriritasi, jaringannya akan meradang dan menghasilkan lebih banyak lendir dari biasanya.

Lendir berlebih mungkin mengalir ke bagian depan hidung, bukan ke bagian belakang tenggorokan. Hidung bengkak dan lendir berlebih yang menumpuk di saluran hidung akan menyebabkan hidung tersumbat.

2. Atur posisi kepala saat berbaring

Apa pun penyebab hidung tersumbat, menjaga posisi tegak dapat membantu. Saat kamu berbaring pada malam hari, ada lebih banyak darah yang mengalir ke kepala, menyebabkan peningkatan sumbatan pada lapisan hidung.

Ketika saluran hidung meradang dan sinus tidak mengalir dengan baik, kamu akan kesulitan bernapas melalui hidung.

Menopang kepala di atas bantal yang tinggi dapat membantu menjaga sinus lebih terbuka. Atau, kamu dapat mencoba tidur di kursi malas atau di tempat tidur yang dapat disesuaikan dengan kepala disangga lebih tinggi. Idenya adalah untuk menjaga darah mengalir keluar dari sinus.

Baca Juga: Hidung Tersumbat Saat Bangun Pagi, Ini 5 Kemungkinan Penyebabnya!

3. Pembilasan hidung

ilustrasi irigasi hidung (vecteezy.com/Petr Tkachenko)

Ada bukti bahwa pembilasan dengan larutan saline (air garam), kadang-kadang dikenal sebagai irigasi hidung, dapat memperbaiki hidung tersumbat dan gejala terkait.

Neti pot adalah wadah kecil yang berisi larutan air garam untuk membilas lendir dari hidung dan sinus. Pembilasan garam lainnya menggunakan alat suntik, botol pemeras, atau perangkat yang dioperasikan dengan baterai yang mengalirkan air melalui hidung.

Saat melakukan pembilasan hidung dengan air garam, pastikan hanya menggunakan air suling. Kamu juga bisa merebus air dan membiarkannya dingin hingga mencapar suhu ruangan. Selalu ikuti instruksi produk.

4. Memakai nasal strip

Nasal strip adalah sejenis dilator hidung, alat yang digunakan untuk membuka lubang hidung atau saluran hidung untuk meningkatkan aliran udara melalui hidung.

Diterapkan pada bagian luar hidung, nasal strip bekerja dengan cara menarik lubang hidung dan sisi hidung hingga terbuka. Ini dapat membantu memudahkan pernapasan melalui hidung dan mengurangi dengkuran.

Menurut penelitian, alat ini bekerja paling baik jika kamu tidak memiliki kondisi lain yang memengaruhi pernapasan saat tidur, seperti OSA.

5. Menyalakan humidifier

ilustrasi humidifier (pexels.com/cottonbro studio)

Hidung kering bisa terasa perih dan lebih sensitif terhadap lendir. Humidifier melembapkan udara, mencegah kekeringan berlebihan dan mengurangi rasa sakit saat bernapas ketika hidung tersumbat.

Beberapa orang suka menambahkan minyak esensial, seperti peppermint atau eucalyptus, ke dalam humidifier.

Penting untuk membersihkan humidifier secara teratur, karena kelembapan dapat mendorong pertumbuhan bakteri dan jamur. Baca petunjuk mesin tentang pembersihan dan disinfeksi.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya