TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Simpel Memilih Skincare bagi Penderita Eksim, Gak Boleh Asal!

Salah pilih produk bisa membuat kulit meradang

ilustrasi mengaplikasikan skincare (freepik.com/pressfoto)

Merawat kesehatan kulit itu memang tidak mudah. Khususnya bagi pemilik kulit yang sensitif atau memiliki penyakit, seperti eksim, psoriasis, atau rosacea. Jika kamu mengalami salah satunya maka penting sekali untuk lebih memperhatikan kandungan produk skincare. 

Sebab, jika salah memilih produk skincare ini akan membuat kulitmu menjadi meradang. Terutama bagi penderita eksim, yang mana nantinya dapat memperburuk kondisinya. Lalu, apa saja tips memilih skincare yang tepat?

1. Hindari produk yang menggunakan pewangi atau fragrance

ilustrasi skincare (freepik.com/jcomp)

Hampir setiap produk perawatan kulit mengandung pewangi atau fragrance. Biasanya campuran bahan kimia tersebut digunakan untuk memberikan aroma khas pada suatu produk. Sayangnya, wewangian inilah yang dapat menimbulkan alergi.

Laman American Academy of Dermatology Association (ADA) menerangkan bahwa bagi pemilik kulit sensitif atau penderita eksim harus memilih produk yang memiliki keterangan fragrance-free. Sebab, sebenarnya ada beberapa produk masih ada yang menggunakan bahan pewangi. 

Akan tetapi, wewangian tersebut tidak dapat terdeteksi hidung. Produk yang seperti ini biasanya memiliki label dengan istilah unscented (tidak beraroma). Jadi, perhatikan baik-baik istilah yang dimiliki oleh skincare-mu, ya.

Baca Juga: 5 Basic Skincare untuk Cowok yang Baru Mulai Pakai, Cobain! 

2. Pilih kandungan produk skincare yang aman bagi eksim

ilustrasi mengaplikasikan skincare (pexels.com/EKATERINA BOLOVSOVA)

Ketika memilih produk perawatan kulit memang harus cermat agar tidak menimbulkan iritasi. Apalagi, ada beberapa kandungan skincare yang tak cocok bagi penderita eksim. Hal ini jelas dapat memicu kekambuhan atau memperparah kondisinya.

Namun, jangan dulu khawatir karena masih ada beberapa kandungan perawatan kulit yang disarankan. Lalu, apa saja ya? Dilansir WebMD, shea butter, gliserin dan niacinamide mampu memberikan kelembapan ekstra pada kulit. 

Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of The American Academy of Dermatology tahun 2011 menemukan bahwa kombinasi antara asam hialuronat dengan ceramide. Ini mampu menenangkan atau mengatasi gejala eksim ringan hingga sedang.

3. Jangan gunakan produk skincare yang mengandung salicylic acid

ilustrasi mengaplikasikan skincare (pexels.com/Sora Shimazaki)

Ada begitu banyak produk perawatan kulit yang mengandung salicylic acid atau lebih akrab disebut asam salisilat. Zat yang satu ini memang dikenal mampu mengatasi jerawat hingga komedo. Sayangnya, bahan aktif tersebut tidak cocok bagi penderita eksim atau pemilik kulit sensitif.

Mengutip WebMD, asam salisilat dapat membuat kulit menjadi iritasi serta memperparah kondisi eksim. Selain itu, beberapa zat lainnya, seperti retinol, alfa hidroksi (AHA), atau paraben juga dapat memicu alergi.

4. Fokus dalam melembapkan kulit

ilustrasi skincare (pexels.com/Sora Shimazaki)

Menjaga kelembapan kulit sangat penting diperhatikan bagi penderita eksim. Sebab, kondisi kulit yang kering akan menimbulkan rasa gatal dan juga meradang. Dilansir Healthline, pelembap menjadi salah satu produk perawatan kulit yang harus diutamakan.

Meskipun bukan penyebab pasti, eksim sewaktu-waktu dapat kambuh apabila kondisi kulit kering. Salah satu cara mudah menjaga kelembapannya, adalah langsung menggunakan pelembap setelah mandi.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Skincare Gak Efektif, Harus Lebih Selektif

Verified Writer

I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh".

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya