TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cek Fakta: Benarkah Mencabut Rambut Putih Bikin Tambah Banyak?

Munculnya rambut putih bikin kepercayaan diri menurun

ilustrasi mencabut rambut putih (freepik.com/freepik)

Rambut merupakan bagian tubuh yang dijuluki sebagai "mahkota kepala" karena dapat menunjang penampilan serta meningkatkan kepercayaan diri. Idealnya, tanda rambut yang sehat akan tampak berkilau, lembut, tidak mengalami kerontokan yang parah, dan lembap. Oleh sebab itu, banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk merawat rambut mereka.

Bahkan, tak sedikit yang akan langsung mencabut rambut putih atau uban agar tak mengganggu penampilan. Padahal, terdapat kepercayaan yang beredar luas di masyarakat yang menyatakan bahwa mencabut rambut putih bisa membuatnya tumbuh bertambah banyak. Lalu, benarkah demikian? Yuk, simak lebih lanjut di bawah ini!

1. Banyak orang percaya bahwa mencabut rambut putih akan membuatnya makin bertambah

ilustrasi perempuan dengan rambut putih (freepik.com/benzoix)

Ketika mendapati adanya beberapa helaian rambut putih, kamu mungkin akan langsung mencabutnya. Yups, munculnya rambut putih sering dianggap dapat mengganggu penampilan. Tak heran, jika banyak orang yang memilih menghilangkannya demi meningkatkan kepercayaan diri. Sementara itu, beberapa enggan melakukannya karena khawatir akan membuat rambut putih bertambah banyak. Lantas, benarkah demikian?

Faktanya, kepercayaan itu hanyalah sekadar mitos belaka. Dilansir laman Kominfo, mencabut rambut putih tidak akan membuatnya bertambah banyak. Lebih jelasnya, setiap helaian rambut tumbuh melalui satu folikel yang berbeda di kepala. Jadi, jika kamu mencabut satu uban maka rambut putih tersebut hanya akan muncul di tempat yang sama. 

Pertumbuhan baru uban tersebut tidak akan mempengaruhi rambut lainnya. Meski begitu, mencabut rambut sebenarnya tidak disarankan karena berisiko bagi kesehatan kulit kepala.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Munculnya Rambut Putih, Penuhi Kebutuhan Mineral

2. Penyebab munculnya uban

ilustrasi pasangan lansia (pexels.com/ Tristan Le)

Munculnya rambut putih atau juga sering disebut uban kerap dihubungkan dengan orang usia lanjut. Ini karena munculnya rambut putih disebabkan oleh menurunnya produksi melanin seiring pertambahan usia.

Namun, faktor usia bukan satu-satunya penyebab munculnya rambut putih, lho. Dilansir laman Healthline, beberapa hal yang dapat menyebabkan tumbuhnya uban, antara lain:

  • Genetik merupakan penyebab paling umum munculnya rambut putih di usia muda. Faktor ini juga tak bisa dihindari, biasanya uban yang muncul karena genetik akan tumbuh di pertengahan usia 25 tahun.
  • Kekurangan vitamin. Seseorang yang mengalami defisiensi vitamin B9, B12, biotin serta vitamin D akan meningkat risiko munculnya rambut putih. Pasalnya, berbagai nutrisi tersebut berperan dalam produksi melanin.
  • Beberapa kondisi medis tertentu, seperti adanya gangguan tiroid, vitiligo serta alopecia areata yang dapat menyebabkan muncul uban di kepala. 
  • Stres memang tidak dapat menyebabkan secara langsung tumbuhnya rambut putih. Namun, stres dapat menyebabkan terjadi penipisan pada sel punca di folikel rambut sehingga memicu munculnya uban.

3. Lalu, adakah efek samping mencabut rambut putih?

ilustrasi rambut menipis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Meski terlihat sepele, mencabut rambut putih sebenarnya tidak disarankan, lho. Menurut para ahli, tindakan ini bisa menimbulkan risiko bagi kesehatan kulit dan kepala. Dirangkum dari WebMD dan Medical News Today, berikut ini efek sampingnya:

  • Kerusakan pada kulit kepala. Mencabut rambut putih secara berulang-ulang dapat merusak folikel rambut sehingga akan menimbulkan jaringan parut atau bahkan memicu infeksi.
  • Menghambat pertumbuhan rambut dan memicu kebotakan. Folikel rambut yang rusak akibat uban yang dicabut secara terus menerus akan menyebabkan gangguan pertumbuhan rambut. Hal inilah yang dapat memicu kebotakan di kemudian hari.

Verified Writer

I am Lavennia

Earth without Art is just Eh?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya