TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Perbedaan Test Pack Kesuburan dan Kehamilan, Jangan Keliru!

Beda fungsi hingga waktu penggunaan

ilustrasi test pack (freepik.com/freepik)

Test pack lebih kerap dihubungkan dengan alat tes kehamilan. Padahal, selain itu, ada juga alat tes yang digunakan untuk mengetahui kapan ovulasi berlangsung. Bentuk keduanya sekilas mirip, begitu pula dengan cara menggunakannya. 

Akan tetapi, sebetulnya terdapat perbedaan test pack kesuburan dan kehamilan. Tak, hanya dari segi fungsi, tetapi juga anjuran penggunaan alatnya untuk mendapatkan hasil akurat.

Perbedaan test pack kesuburan dan kehamilan

Kalau kamu menyandingkan kedua alat ini tanpa ada keterangan jelas, sangat wajar jika tertukar. Pasalnya, bentuk test pack kesuburan dan kehamilan memang mirip. Meski demikian, kedua alat ini tidak bisa digunakan untuk penggunaan yang sama.

Perbedaan test pack kesuburan dan kehamilan lebih dari sekadar fungsi. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1. Hormon yang diukur

ilustrasi test pack (pexels.com/cottonbro)

Meski dari tampilannya mirip, kedua alat ini didesain untuk mengukur hormon yang berbeda. Alat tes ovulasi digunakan untuk mengetahui ada tidaknya hormon luteinizing dan estrogen, bisa salah satu atau keduanya, tergantung alat yang digunakan. 

Sementara itu, alat tes kehamilan mendeteksi adanya hCG alias Human Chorionic Gonadotropin. Hormon tersebut diproduksi oleh plasenta yang hanya muncul ketika kehamilan terdeteksi. 

2. Waktu penggunaan alat

Perbedaan test pack kesuburan dan kehamilan juga terlihat dari kapan alat digunakan. Kamu bisa menggunakan alat tes ovulasi pada waktu perkiraan ovulasi terjadi. Apabila rata-rata siklus menstruasi berlangsung 28—32 hari, tes bisa dilakukan 10—14 hari setelah hari pertama menstruasi dimulai. 

Pada pengujian kehamilan menggunakan test pack, disarankan untuk melakukan tes setelah menyadari menstruasi terlambat. Atau, bisa juga 21 hari setelah melakukan berhubungan seks tanpa kontrasepsi.  

Baca Juga: Bolehkah Test Pack Setelah Berhubungan Semalam? Ini Jawabannya

3. Jumlah kelengkapan alat

ilustrasi test pack positif (unsplash.com/Laura Ohlman)

Coba perhatikan kelengkapan alat yang dibeli. Poin ini bisa membantu menemukan perbedaan test pack kesuburan dan kehamilan. Tes ovulasi umumnya dilengkapi beberapa alat yang bisa digunakan selama beberapa hari. Biasanya perangkat tersebut terdiri dari beberapa batang alat tes dalam satu kemasan yang digunakan selama beberapa hari.

Sementara itu, test pack kehamilan tidak demikian. Paket tes kehamilan umumnya hanya menyertakan satu atau dua alat dalam kemasannya. Dengan demikian, kamu harus beli alat tes baru jika ingin menguji kehamilan beberapa hari kemudian.

Apakah tes ovulasi bisa mendeteksi awal kehamilan?

Setelah memahami perbedaan test pack kesuburan dan kehamilan, lantas apakah keduanya bisa saling menggantikan? Meski tidak selalu, dalam beberapa kasus tes ovulasi dikatakan dapat mendeteksi kehamilan. 

Kalau kamu melakukan tes ovulasi saat hamil, hasilnya mungkin positif, berarti positif palsu. Alasannya, hormon luluteinizing hormone memiliki struktur molekul yang mirip dengan hCG. Keduanya adalah glikoprotein alias protein yang terbentuk dengan gula yang menempel. 

Dr. Aaron Styer, anggota What to Expect Medical Review Board dan Wakil Direktur Medis CCRM Boston dalam What to Expect menyebutkan bahwa alat tes ovulasi mungkin tidak cukup sensitif untuk membedakan LH dan hCG. Artinya, alat tes ovulasi mungkin mendeteksi peningkatan kadar hCG alih-alih LH.

Hal ini sangat mungkin terjadi ketika tes ovulasi dilakukan ketika menstruasi tak kunjung datang. Meski demikian, hasil positif dari tes ovulasi mungkin menandakan kehamilan meski kamu melakukan tes beberapa hari setelah ovulasi. 

Mengingat perbedaan test pack kesuburan dan kehamilan, dari segi fungsi dan pendeteksian, akan lebih baik jika menggunakan alat ini sesuai tujuannya, ya. Kamu pun perlu memperhatikan kapan tes dilakukan dan gejala lain yang mungkin dirasakan.

Referensi:

"Can an Ovulation Test Detect Pregnancy? Here's Why It's Complicated". Baby Center. Diakses September 2024.
"Ovulation Tests vs Pregnancy Tests: Seven Differences You Should Know". Clearblue. Diakses September 2024.
"What is The Difference Between an Ovulation and Pregnancy Test". SneakPeek. Diakses September 2024.
"Can an Ovulation Test Detect Pregnancy?". What to Expect. Diakses September 2024.
"Human Chorionic Gonadotropin". Cleveland Clinic. Diakses September 2024.
"How to Use an Ovulation Test". WebMD. Diakses September 2024.
"Doing a pregnancy test". NHS. Diakses September 2024.

Baca Juga: Muncul Gejala Hamil tapi Test Pack Negatif, Apa Artinya?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya