TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Manfaat Vitamin B Complex untuk Perempuan, Bantu Cegah Anemia

Penuhi kebutuhan harian, ya

ilustrasi minum vitamin (freepik.com/jcomp)

Intinya Sih...

  • Vitamin B kompleks membantu mengurangi gejala PMS pada perempuan, seperti konsumsi suplemen gabungan B6 dan kalsium.
  • Konsumsi vitamin B12 dapat mengurangi risiko anemia pada perempuan, terutama saat menstruasi atau hamil.
  • Asupan vitamin B kompleks diperlukan untuk mengurangi migrain, depresi, meringankan gejala kecemasan, serta menurunkan risiko preeklamsia dan komplikasi kehamilan.

Tubuh memerlukan vitamin B kompleks untuk menjalankan fungsinya. Sayangnya, tubuh tidak memproduksinya sendiri. Oleh karenanya, kamu perlu mengonsumsi makanan atau tablet khusus yang kaya vitamin B kompleks.

Bagi perempuan, nutrisi dari vitamin B sangat dibutuhkan tubuh. Hal karena manfaat vitamin B complex untuk perempuan bisa memengaruhi kesehatan fisik dan mentalnya.

Manfaat vitamin B complex untuk perempuan

Vitamin B kompleks melambangkan delapan jenis vitamin yang larut pada air. Nah, masing-masing vitamin tersebut memiliki fungsinya sendiri. Kekurangan vitamin B dapat berdampak pada keberlangsungan sistem tubuh. Pada perempuan, asupan vitamin B kompleks dapat bermanfaat pada beberapa hal berikut. 

1. Mengurangi gejala PMS

ilustrasi nyeri haid (pexels.com/cottonbro studio)

Siapa di sini yang kalau mau haid rasanya pengin menghancurkan dunia alias campur aduk banget rasanya? Nah, beberapa bukti studi dalam jurnal Journal of Caring Sciences menyebutkan bahwa konsumsi suplemen gabungan B6 dan kalsium dapat membantu memperbaiki gejala PMS alias pre menstrual syndrome.

Studi lain, dalam jurnal tersebut juga dijelaskan bahwa vitamin B6 yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks bermanfaat dalam mengendalikan gejala PMS. Bahkan, tidak hanya tanda fisik, tetapi juga psikologis.

2. Mencegah anemia

Manfaat vitamin B complex untuk perempuan yang kedua adalah mengurangi risiko anemia. Vitamin B12 sangat dibutuhkan tubuh untuk membangun sel darah dan menjaga kesehatan sel saraf, melansir Everyday Health. Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan tubuh tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 

Pada perempuan, masalah anemia berpotensi terjadi ketika sedang menstruasi. Namun, ketika hamil bisa lebih berisiko. Oleh karena itu, mendapatkan asupan vitamin B12 yang cukup dapat membantu mengurangi risiko anemia dan kaitannya dengan masalah kesehatan perempuan lainnya. 

3. Penyembuhan luka kulit

ilustrasi wajah (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Sejatinya poin ini merupakan manfaat vitamin B untuk siapa saja. Akan tetapi, mungkin yang lebih mendapatkan perhatian perempuan karena berkaitan dengan kulit. Yap, vitamin B kompleks dapat membantu penyembuhan luka kulit secara keseluruhan.

Kamu bahkan bisa menjumpai jenis vitamin B pada produk skincare, lho. Misalnya saja vitamin B3 (niacin) yang membantu mengiurangi peradangan seperti jerawat, eksim, dan rosacea. Cleveland Clinic juga menyebutkan bahwa keluarga vitamin B dapat membantu membangun keratin yang bisa menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga: Kandungan Minyak Makan Merah, Benarkah Kaya Manfaat?

4. Mengatasi migrain

Migrain memang bisa terjadi pada siapa saja, terlepas dari jenis kelaminnya. Namun, tahukah kamu bahwa migrain terjadi tiga sampai empat kali lebih sering pada perempuan dibanding laki-laki? Banyak perempuan melaporkan bahwa mereka mengalami durasi migrain lebih lama, kekambuhan lebih sering, dan pemulihan lebih lama, melansir studi dalam Neurological Sciences.

Demi mengurangi hal tersebut, asupan vitamin B kompleks yang cukup sangat diperlukan. Nah, studi oleh The National Institute of Neurogical Disorders and Stroke mencantumkan riboflavin (yang mana adalah vitamin B2) sebagai pengobatan alami untuk migrain.

5. Mengurangi depresi dan kecemasan

ilustrasi depresi (pexels.com/Liza Summer)

Masih sama seperti migrain, perempuan hampir dua kali lebih mungkin didiagnosis menderita depresi dibanding laki-laki, melansir Mayo Clinic. Itu sebabnya kenapa lebih banyak perempuan yang mengalami kondisi kesehatan mental tersebut dibanding laki-laki. 

Studi dalam Journal of Biomedical and Clinical Research menyebutkan bahwa partisipan dengan depresi atau kecemasan memiliki tingkat B12 yang lebih rendah dibanding peserta kontrol. Meski tidak dapat menghilangkannya secara total, konsumsi vitamin B12 yang cukup dikatakan dapat membantu meringankan tingkat gejalanya.

6. Mengurangi risiko preeklamsia

ilustrasi ibu hamil (pexels.com/Nikita Korchagin)

Manfaat vitamin B complex untuk perempuan juga berlaku pada ibu hamil. Ibu yang mengandung bahkan disarankan mengonsumsi vitamin tambahan. Kecukupan kadar vitamin B2 dalam tubuh membantu menurunkan risiko terkena preeklamsia dan komplikasi kehamilan. 

Preeklamsia sendiri adalah kondisi tekanan darah serius yang terjadi selama masa kehamilan. Ibu hamil dengan riwayat tekanan darah tinggi dan kadar protein menjadi salah satu yang berisiko mengalaminya. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya