TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kalori yang Terbakar Saat Lari dan Faktor Pemengaruhnya

Penting diketahui buat yang sedang diet

ilustrasi berlari (pexels.com/Zakaria Boumliha)

Lari kerap dipilih sebagai latihan fisik saat sedang menjalani program penurunan berat badan. Dibanding exercise lainnya, olahraga ini dapat membakar lebih banyak kalori dalam 1 jamnya, melansir Healthline.

Secara spesifik, sebetulnya berapa kalori yang terbakar saat lari? Apakah setiap gerakannya akan membakar kalori dengan jumlah yang sama atau ada faktor yang memengaruhi lainnya?

Berapa jumlah kalori yang terbakar saat lari?

ilustrasi berlari (pexels.com/Mary Taylor)

Kalau kamu bertanya berapa jumlah kalori yang terbakar saat lari, maka jawabannya kira-kira sekitar 100 kalori per mil, melansir penjelasan Dr. Daniel V. Vigil, Profesor Klinis Ilmu Kesehatan di David Geffen School of Medicine di UCLA dalam Healthline. Jika dikonversikan ke kilometer, maka 1 mil setara dengan sekitar 1,6 km.

Angka tersebut bukanlah hitungan valid. Publikasi dalam jurnal American Council of Exercise menemukan bahwa seseorang dengan bobot tubuh 120 pon alias sekitar 54 kg dapat membakar 11,4 kalori per menit saat berlari. Sementara itu, jika berat badan 180 pon atau sekitar 81 kg, maka akan membakar 17 kalori per menit.

Meski demikian, tidak ada hitungan pasti terkait kecepatan pembakaran kalori. Jika ingin membakar kalori yang sama dengan durasi lebih lama, maka kamu dapat berlari lebih ringan atau lambat. Begitu juga sebaliknya.

Untuk menghitung angka pasti jumlah kalori yang terbakar, ada baiknya menggunakan alat bantu. Misalnya, kalkulator hitung yang tersedia di internet atau memakai smartwatch dengan kemampuan deteksi aktivitas dan pembakaran kalori.

Baca Juga: Studi: Manfaat Lari untuk Kesehatan Mental Mirip Antidepresan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya