TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Inilah 6 Manfaat Echinacea, Lawan Flu hingga Antikanker

Beberapa tahun belakangan banyak orang yang mengonsumsinya

pixabay.com/RitaE

Echinacea atau coneflower adalah salah satu jenis bunga dari keluarga daisy yang banyak tumbuh di Amerika dan Kanada. Bunga ini mempunyai berbagai manfaat baik bagi kesehatan tubuh. 

Echinacea juga sudah lama dikenal dalam pengobatan tradisional. Dari sembilan spesies yang ada, hanya tiga yang dipakai sebagai pengobatan herbal, yaitu Echinacea purpurea, Echinacea angustifolia, dan Echinacea pallida. Tanaman ini biasanya dikonsumsi dalam bentuk teh. Namun, ramuan bunga ini sekarang juga banyak tersedia dalam bentuk suplemen dan ekstrak cair.

Apa saja, sih, manfaat kesehatan echinacea? Berikut ini daftarnya!

1. Membantu melawan flu

freepik.com/katemangostar

Mengonsumsi echinacea dapat membantu melawan flu. Merujuk pada satu penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal The Lancet Infectious Diseases tahun 2007, tim peneliti menyimpulkan bahwa konsumsi echinacea dapat mengurangi risiko terkena flu sekitar 58 persen dan mempersingkat durasi pilek hingga 1,4 hari.

Meski demikian, ada pula penelitian dengan hasil berbeda, yaitu yang diterbitkan dalam jurnal American College of Physicians tahun 2010. Disebutkan bahwa echinacea tidak berdampak signifikan pada flu biasa dan hanya mengurangi durasi gejala paling banyak setengah hari.

Baca Juga: Daripada Obat Tidur, Coba 6 Zat Alami pada Makanan dan Minuman Ini!

2. Mengurangi kecemasan

freepik.com/yanalya

Kecemasan adalah masalah umum yang sering terjadi pada banyak orang. Tidak hanya dapat membantu melawan flu, ternyata echinacea juga punya potensi untuk mengatasi kecemasan.

Suatu studi yang dipublikasikan dalam jurnal Phytotherapy Research tahun 2010 menemukan bahwa echinacea mengandung berbagai senyawa (alkamida, asam rosmarinic, dan asam caffeic) yang dapat mengurangi perasaan cemas.

3. Menurunkan kadar gula darah

freepik.com/xb100

Seperti yang telah kita tahu, kadar gula darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan beberapa penyakit kronis lainnya.

Tanaman echinacea dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Berdasarkan laporan penelitian dalam Journal of Medicinal Food tahun 2017, ekstrak Echinacea purpurea terbukti menekan enzim yang mencerna karbohidrat, sehingga membantu mengurangi jumlah gula yang masuk ke darah.

Ada pula studi lainnya dalam Journal of Natural Products tahun 2009 yang melaporkan bahwa bunga Echinacea purpurea mengandung senyawa yang berpotensi mengelola resistansi insulin dan diabetes tipe 2.

4. Membantu mengatasi masalah kulit

freepik.com/wayhomestudio

Selain dapat menurunkan kadar gula darah, echinacea juga dapat membantu mengobati masalah kulit yang umum. 

Sebuah studi dalam International Journal of Cosmetic Science tahun 2010 menunjukkan bahwa banyak kandungan dalam echinachea yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari stres oksidatif dan meningkatkan hidrasi kulit.

Penelitian lainnya yang dimuat dalam jurnal Phytotherapy Research tahun 2011 menemukan bahwa Echinacea purpurea memiliki sifat antivirus, antiinflamasi, dan antibakteri yang diketahui dapat menjadi pengobatan alternatif yang berguna dalam pengendalian penyakit. Salah satunya dapat menekan pertumbuhan Propionibacterium acnes, bakteri penyebab umum jerawat.

5. Sifat antiinflamasi

freepik.com/jcomp

Antiinflamasi adalah sifat yang mengurangi peradangan (inflamasi). Peradangan adalah cara alami tubuh untuk mempercepat penyembuhan dan pertahanan diri. Nah, echinachea bisa membantu proses ini.

Dalam sebuah studi 30 hari yang dipublikasikan jurnal Natural Product Research tahun 2017, orang dewasa dengan osteoartritis diberikan suplemen yang mengandung ekstrak echinacea. Hasilnya, mereka melaporkan pengurangan peradangan, nyeri kronis, dan pembengkakan secara signifikan.

Baca Juga: Haid Tidak Teratur, Sudah Coba 7 Pelancar Haid Alami Ini?

Verified Writer

هني چاندرا كيرانا

Don't give up

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya