TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sering Dibuang, Ternyata Daun Bit Memiliki 5 Manfaat Kesehatan Ini

Daun bit bisa dimakan mentah atau dimasak

ilustrasi daun bit (pixabay.com/couleur)

Bit merupakan umbi yang biasa dinikmati sebagai salad, smoothie, atau dimasak. Saat menikmati bit, biasanya kita hanya memakan umbinya, sementara bagian daunnya akan dibuang begitu saja.

Padahal, daun bit membawa berbagai nutrisi yang dapat mendukung kesehatan kita. Artinya, membuang daunnya sama saja kamu menyia-nyiakannya!

Lantas, apa saja manfaat dari daun bit? Supaya tidak makin penasaran, simak jawabannya di bawah ini.

1. Mencegah gangguan jantung

ilustrasi jantung sehat (pexels.com/Puwadon Sang-ngern)

Daun bit tinggi akan kalium yang mampu mengurangi retensi air dengan cara meningkatkan produksi urine dan mengurangi kadar natrium. Seratus gram daun bit yang dimasak memiliki kalium sebanyak 909 mg atau 19,34 persen dari kebutuhan kalium harian.

Selain itu, makan makanan kaya akan kalium juga dapat mencegah stroke. Faktanya, satu penelitian dalam British Medical Journal tahun 2013 menemukan bahwa individu yang mendapatkan banyak kalium dari makanan memiliki risiko stroke 24 persen lebih rendah daripada mereka yang hanya mendapatkan sedikit kalium.

Baca Juga: Walau Pahit, Ini 15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan

2. Memperkuat tulang 

ilustrasi daun bit (pixabay.com/_Alicja_)

Kalsium bersama dengan magnesium, vitamin D, dan vitamin K berperan penting untuk menjaga tulang tetap kuat. Daun bit kaya akan kalsium sehingga sangat bagus untuk memperkuat tulang dan melawan osteoporosis.

Vitamin K juga berperan penting untuk membangun tulang yang kuat. Vitamin K bersama dengan vitamin D bekerja bersama-sama memastikan bahwa kalsium menemukan jalannya ke tulang.

Kabar baiknya, makan satu cangkir daun bit sudah mampu memenuhi lebih dari 100 persen asupan vitamin K harian yang dibutuhkan. Brigham and Women's Hospital dan Harvard Medical School melaporkan bahwa perempuan yang mendapatkan vitamin K dalam jumlah yang cukup dari makanan cenderung tidak mengalami patah pinggul.

3. Meningkatkan kesehatan mental 

ilustrasi bahagia (pexels.com/Ava Motive)

Daun bit dikemas dengan vitamin B6 dalam jumlah tinggi. Vitamin B6 memiliki manfaat meningkatkan mood dan memperbaiki depresi.

Penelitian dalam Integrative Medicine Insights mengamati pengaruh nutrisi makanan untuk kesehatan mental. Peneliti menemukan adanya masalah iritabilitas dan suasana hati pada orang yang diketahui kekurangan vitamin B.

Selain itu, daun bit juga tinggi akan vitamin K, yang dapat mengurangi kerusakan neuron di otak. Artinya, konsumsi daun bit dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.

4. Meningkatkan kesehatan mata

ilustrasi mata sehat (pexels.com/Elizaveta Dushechkina)

Daun bit mengandung beta-karoten dan lutein yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Menariknya lagi, menyantap satu cangkir daun bit dapat memenuhi 100 persen kebutuhan vitamin A harian.

Penelitian yang dilakukan oleh Age-Related Eye Disease Study Research Group menunjukkan bahwa pemberian suplemen beta-karoten pada individu di atas usia 50 tahun dapat menurunkan risiko mengembangkan degenerasi makula terkait usia. Selain beta-katoten, lutein yang ada di dalam daun bit juga diketahui dapat mencegah penyakit degenerasi makula terkait usia.

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan Daun Seledri, Sering Dikira Cuma Hiasan!

Verified Writer

Eka Ami

https://mycollection.shop/allaboutshopee0101

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya