TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Lapek Pisang Khas Minang, Cara Buatnya Mudah Banget!

Bisa memanfaatkan pisang yang terlalu matang

aneka jajanan lapek (instagram.com/olha_chayo)

Lapek adalah makanan khas Minang berupa jajanan manis yang dibungkus daun pisang. Lapek juga mempunyai banyak jenis, salah satunya yaitu lapek pisang. Ibu-ibu Minang biasanya membuat kue ini dengan memanfaatkan pisang yang 'nganggur' karena terlalu matang. Nah, penasaran, kan, bagaimana cara membuatnya? Mari intip resep kue lapek pisang berikut ini!

1. Siapkan bahan-bahannya

pisang kepok (instagram.com/rusmadewi07)
  • daun pisang secukupnya untuk membungkus
  • 1 sisir pisang kepok
  • 1/2 gelas tepung beras
  • 1/4 butir kelapa parut
  • 2 ruas gula merah, boleh diganti gula pasir
  • 1 sachet kecil vanili
  • 1/2 sendok teh garam

2. Buat adonan

adonan pisang (instagram.com/sukakalimasak)

Pertama-tama, sisir tipis gula merah agar mudah mencair dalam adonan. Kupas semua pisang dan masukkan ke dalam baskom. Dengan menggunakan sarung tangan plastik atau garpu, hancurkan pisang sampai cukup halus.

Selanjutnya tambahkan tepung beras, kelapa parut, garam, vanili, dan gula merah. Aduk-aduk kembali adonan hingga semua bahan tercampur rata. Tidak lupa juga koreksi rasa, jika ada yang dirasa kurang bisa ditambahkan kembali.

Baca Juga: Resep Kue Satru Khas Rembang, Kue Kering yang Manis dan Lezat

3. Bungkus adonan dengan daun pisang

Membungkus adonan lapek (instagram.com/sarwinda_purnama)

Selanjutnya ambil daun pisang, kemudian bagi-bagi menjadi kira-kira lebih satu jengkal. Jika daun terlalu kaku dan gampang sobek, boleh gunakan dua lapis agar adonan tidak tumpah.

Setelah daun pisang siap, letakkan kira-kira dua sampai tiga sendok makan adonan ke atas daun pisang. Selanjutnya dengan hati-hati, gulung daun pisang hingga adonan tertutup. Kemudian lipat ke arah bawah kedua sisi ujung daun agar adonan tidak tumpah. Lakukan hal yang sama sampai semua adonan habis.

4. Kukus adonan hingga matang

mengukus adonan lapek pisang (instagram.com/tungku_mamabie)

Terakhir, setelah adonan selesai dibungkus, taruh ke dalam dandang atau panci kukusan. Selanjutnya kukus adonan sampai matang kurang lebih dua puluh menit, tergantung besar kecilnya api kompor.

Setelah dirasa adonan sudah matang, angkat dan dinginkan sejenak. Lapek pisang siap dihidangkan dengan secangkir kopi atau teh sebagai temannya. 

Verified Writer

Yeliza Umami

Suka menulis, memasak & melukis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya