TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Sup Miso yang Lezat, Cita Rasanya Umami!

Sup miso cocok disajikan saat musim hujan tiba

ilustrasi sup miso (pexels.com/makafood)

Sup miso merupakan salah satu sub tradisional khas Jepang yang terbuat dari pasta miso sebagai bahan utamanya. Biasanya pasta miso tersebut akan dicampurkan dengan kaldu dashi atau kaldu rumput laut. Baru kemudian ditambahkan dengan berbagai macam bahan-bahan pelengkap.

Cita rasa sup miso memang terkenal dengan gurih dan lezat, apalagi jika disajikan pada saat masih hangat. Jika kamu berminat untuk membuat sup miso sendiri di rumah, maka perhatikan dulu lima tips berikut ini.

Baca Juga: Resep Tonjiru Umeboshi, Variasi Unik Sup Miso Jepang 

1. Menggunakan miso yang tepat

ilustrasi pasta miso (commons.wikimedia.org)

Tips pertama yang bisa kamu gunakan adalah dengan memilih miso yang tepat sebagai bahan utamanya. Memang ada beberapa jenis miso yang cenderung berbeda-beda, seperti misalnya miso putih, miso merah, miso kuning, dan lain sebagainya.

Masing-masing miso tersebut biasanya memiliki cita rasa yang cenderung berbeda-beda dan kamu bisa menyesuaikannya dengan preferensi masing-masing. Namun, biasanya miso putih lebih memiliki cita rasa yang ringan dan cenderung manis. Sementara, jika kau membeli miso merah justru tidak rasanya akan lebih tajam.

2. Jangan membiarkan miso mendidih

ilustrasi merebus air (unsplash.com/Michal B)

Proses pemasakan sup miso sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan, karena kamu harus benar-benar memperhatikan soal cara pembuatannya. Kamu harus memastikan bahwa miso yang dimasukkan ke dalam sup tersebut tidak sampai dalam kondisi yang mendidih.

Sebaiknya kamu dapat memanaskan supnya terlebih dahulu hingga hampir mendidih. Barulah kamu dapat memasukkan miso ke dalamnya, agar cita rasanya tidak sampai pahit. Selain itu, membiarkan miso mendidih justru akan membuat nutrisi yang ada di dalamnya berkurang.

3. Hati-hati dengan penambahan garam

ilustrasi garam himalaya (pixabay.com/monicore)

Pada saat membuat sup miso, mungkin kamu membutuhkan garam sebagai salah satu bumbu pelengkapnya. Hal ini karena memang penambahan garam mungkin bisa membuat cita rasa sajian sup tersebut semakin lezat dan menggugah selera.

Kamu perlu ingat, bahwa menambahkan garam semestinya harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Supaya tidak sampai menambahkan dalam jumlah yang terlalu banyak. Pada dasarnya miso sudah memberikan cita rasa yang asin, sehingga penambahan garam yang terlalu banyak justru akan membuat cita rasanya makin asin.

4. Tambahkan bahan-bahan pelengkap

ilustrasi tahu (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Kamu bisa menambahkan bahan-bahan pelengkap pada saat membuat sup miso di rumah. Tentunya penambahan bahan-bahan pelengkap ini akan memberikan cita rasa yang semakin lezat pada sup miso yang kamu buat di rumah.

Ada berbagai macam bahan-bahan yang bisa kamu tambahkan, misalnya, tahu, wakame, jamur, hingga berbagai sayuran hijau, seperti bayam atau pun kaleng. Bahan-bahan pelengkap dalam sajian sup miso tersebut akan menambah kelezatan masakan. Apalagi dinikmati ketika masih hangat.

Verified Writer

TM

Selamat membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya