TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Bolu Mentega yang Dibuat dengan Takaran Gelas, Praktis!

Kamu tetap bisa bikin kue ini meski tak punya timbangan

bolu mentega (instagram.com/yeenrosima)

Bolu menjadi kue atau camilan yang paling banyak digemari karena bisa dikreasikan sesuai selera. Bahkan kamu bisa membuat bolu dengan bahan-bahan seadanya yang ada di dapur, lho. 

Di Indonesia, bolu tersedia dalam berbagai macam seperti bolu santan, bolu mentega, dan bolu pisang. Meskipun tak punya timbangan, kamu masih bisa membuat bolu mentega yang lembut dan legit dengan takaran gelas, lho.

Berikut ini resep membuat bolu mentega yang praktis dibuat karena bisa pakai takaran gelas. Selamat mencoba membuatnya sendiri di rumah!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

ilustrasi bahan-bahan kue (unsplash.com/chrishcush)

Bahan-bahan:

  • 1 gelas tepung terigu
  • 3/4 gelas mentega cair
  • 3/4 gelas gula pasir 
  • 4 butir telur
  • 1 sdt emulsifier
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1/4 sdt vanili
  • pasta cokelat secukupnya

Baca Juga: Resep Bolu Pisang Kukus Mekar yang Empuk, Begini Caranya!

2. Campurkan telur, gula pasir, dan emulsifier

ilustrasi saat mencampur telur, gula pasir, dan SP (youtube.com/kimam kitchen)

Pertama-tama, siapkan wadah untuk mencampur bahan-bahan. Kemudian masukkan telur satu per satu, gula pasir, dan emulsifier secukupnya sesuai takaran. Di tahap ini, kamu bisa mengaduk bahan menggunakan mikser atau balloon whisk.

Aduk tiga bahan tersebut dengan kecepatan tinggi sampai adonan benar-benar mengembang sempurna, teksturnya seperti busa, dan berwarna putih pucat. Jangan mengaduk terlalu lama supaya adonan tidak bantat saat dikukus.

3. Tambahkan tepung terigu, baking powder, dan mentega cair

ilustrasi menuang tepung terigu (unsplash.com/photographybysamee)

Saat membuat bolu mentega, pastikan kamu sudah memanaskan mentega terlebih dahulu dengan panci sampai mencair. Setelah itu masukkan tepung terigu, baking powder, dan mentega yang sudah dicairkan secara perlahan-lahan ke dalam adonan.

Selain itu, alangkah lebih baik kalau tepung terigu disaring atau diayak terlebih dahulu supaya tidak ada adonan yang menggumpal saat dicampur. Aduk dengan kecepatan rendah atau cukup menggunakan ballon whisk saja sampai tercampur rata.

4. Beri pasta cokelat pada adonan

ilustrasi adonan cokelat untuk bolu marmer (youtube.com/kimam kitchen)

Setelah adonan tercampur rata, tambahkan vanili bubuk atau cair yang ada di dapur. Kemudian aduk perlahan-lahan dengan spatula atau balloon whisk. Untuk membuat tampilan bolu mentega lebih menarik, kamu bisa menambahkan pasta cokelat.

Siapkan wadah atau mangkuk kecil, lalu ambil beberapa sendok adonan bolu mentega. Beri pasta cokelat secukupnya dan aduk sampai rata.

Baca Juga: 5 Resep Bolu Cokelat untuk Hari Valentine, Suasana Jadi Lebih Manis

Verified Writer

Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya