TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Molen Mini Keju sebagai Ide Camilan Praktis

Mudah banget bikinnya

Ilustrasi molen mini keju (pixabay.com/mufidpwt)

Molen mini keju merupakan salah satu camilan yang praktis dan lezat, sehingga cocok untuk dinikmati bersama keluarga saat bersantai. Terbuat dari bahan-bahan sederhana, molen ini menjadi camilan favorit.

Pasalnya, rasanya yang manis dan gurih berpadu jadi satu, ditambah dengan isian keju yang lumer di mulut. Tak hanya untuk keluarga, molen mini keju juga cocok dijadikan sebagai sajian untuk tamu atau ide jualan.

Selain praktis, proses pembuatannya pun relatif mudah dan tidak memerlukan banyak waktu, kok. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, kamu bisa menghasilkan molen mini keju yang renyah di luar dan lembut di dalam. Berikut resepnya untukmu.

Bahan Molen Mini Keju

Ilustrasi tepung terigu (pixabay.com/Hans)
  1. 200 gram tepung terigu
  2. 50 gram margarin
  3. 1 sendok makan gula pasir
  4. ½ sendok teh garam
  5. 100 ml air dingin
  6. 100 gram keju cheddar, potong memanjang
  7. minyak untuk menggoreng

Cara Membuat

Ilustrasi membuat adonan (pixabay.com/webandi)
  1. Siapkan wadah besar. Masukkan tepung terigu, gula pasir, dan garam. Aduk rata dengan sendok atau tangan hingga semua bahan kering tercampur sempurna.
  2. Masukkan margarin ke dalam campuran tepung. Kemudian, aduk menggunakan ujung jari sampai menjadi adonan berbutir seperti pasir. Proses ini akan membantu membuat kulit molen lebih renyah.
  3. Tuang air dingin secara bertahap ke dalam adonan sambil, lalu diuleni hingga adonan kalis dan bisa dibentuk. Jangan terlalu banyak menambahkan air, agar adonan tidak terlalu lembek.
  4. Setelah adonan kalis, gilas dengan rolling pin hingga adonan menjadi tipis. Potong-potong adonan menjadi persegi panjang atau sesuai selera.
  5. Ambil satu potongan keju cheddar. Letakkan di atas adonan yang sudah dipotong. Gulung adonan hingga keju tertutup rapat. Pastikan ujung adonan ditekan, agar tidak terbuka saat digoreng.
  6. Panaskan minyak di dalam wajan dengan api sedang. Tunggu hingga minyak benar-benar panas sebelum memasukkan molen, agar hasilnya renyah dan matang merata.
  7. Goreng molen keju dalam minyak panas hingga berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan molen di atas tisu dapur untuk mengurangi kelebihan minyak.

Baca Juga: Resep Molen Mini Cokelat yang Renyah di Luar Lumer di Dalam

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya