TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Paha Ayam Krispi Air Fryer, Tetap Empuk dan Nikmat

Praktis banget bikinnya!

ilustrasi paha ayam krispi (pixabay.com/phuonghoangthuy)

Ingin menikmati paha ayam krispi yang empuk tanpa harus menggoreng dengan minyak berlebihan? Coba gunakan air fryer untuk hasil yang lebih sehat, tapi tetap nikmat. Selain lebih praktis, memasak menggunakan air fryer juga membuat tekstur ayam tetap renyah di luar dan lembut di dalam.

Resep ini cocok untuk kamu yang ingin mengurangi penggunaan minyak tanpa mengurangi cita rasa dan kelezatannya. Dengan beberapa bahan sederhana, kamu bisa menikmati paha ayam krispi yang lezat dalam waktu singkat menggunakan air fryer. Yuk, coba resepnya di bawah ini!

Baca Juga: Resep Paha Ayam Saus Pedas untuk Menu Makan Malam yang Simpel

Bahan Paha Ayam Krispi Air Fryer

ilustrasi paha ayam (pixabay.com/RitaE)
  1. 6 potong paha ayam (paha bawah)
  2. 200 gram tepung terigu serbaguna
  3. 50 gram tepung maizena
  4. 1 butir telur
  5. 1 sendok teh bawang putih bubuk
  6. 1 sendok teh paprika bubuk
  7. 1 sendok teh merica bubuk
  8. 1 sendok teh garam
  9. 1 sendok makan minyak zaitun untuk melapisi ayam

Cara Membuat Paha Ayam Krispi Air Fryer

Ilustrasi membuat adonan tepung (pixabay.com/katetsib)
  1. Bersihkan paha ayam dan keringkan menggunakan tisu dapur. Dalam wadah terpisah, campurkan bawang putih bubuk, paprika bubuk, merica, dan garam. Lumuri paha ayam dengan campuran bumbu tersebut secara merata. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap sempurna ke dalam daging ayam.
  2. Campurkan tepung terigu dan tepung maizena dalam satu wadah. Kocok lepas telur di wadah terpisah. Siapkan paha ayam yang sudah dimarinasi. Kemudian celupkan ayam ke dalam telur hingga rata. Selanjutnya gulingkan di campuran tepung. Pastikan seluruh permukaan paha ayam terlapisi tepung dengan baik.
  3. Setelah dilapisi tepung, olesi setiap bagian paha ayam dengan minyak zaitun. Tak perlu banyak-banyak, cukup sedikit saja. Tujuannya untuk membantu ayam menjadi lebih renyah saat dimasak di air fryer tanpa perlu banyak minyak.
  4. Panaskan air fryer pada suhu 180 derajat Celsius selama 5 menit. Susun ayam di keranjang air fryer secara merata. Hindari menumpuk paha ayam agar tingkat kematangannya sempurna. Masak selama 20-25 menit. Balikkan paha ayam di pertengahan waktu agar matang merata. Periksa apakah ayam sudah berwarna keemasan dan krispi sebelum diangkat.
  5. Setelah matang, angkat paha ayam dari air fryer dan tiriskan sejenak. Ayam krispi siap disajikan dengan saus favorit atau sebagai lauk dalam nasi hangat.

Tips Membuat Paha Ayam Krispi Air Fryer

ilustrasi marinasi paha ayam (pixabay.com/jereskok)
  1. Gunakan campuran tepung yang tepat. Tepung maizena membantu memberikan tekstur renyah pada ayam. Jadi jangan lewatkan bahan ini, ya.
  2. Marinasi paha ayam lebih lama untuk cita rasa yang maksimal. Jika waktu memungkinkan, marinasi ayam semalaman di dalam kulkas agar bumbu lebih meresap.
  3. Membalik ayam di tengah waktu memasak membantu agar ayam matang merata dan tetap renyah di semua sisi.

Verified Writer

Sinta Listiyana

Instagram @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya